Benarkah Wajah yang Mudah Berjerawat Biasanya Dialami pada Masa Puber

Wajah yang Mudah Berjerawat Biasanya Dialami pada Masa Remaja – Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling menjengkelkan. Pasalnya, jerawat dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, serta penampilannya cukup mencolok.

Permasalahan jerawat bahkan dapat memengaruhi rasa percaya diri bagi sebagian orang. Sebab saat wajah mengalami jerawat, penampilan wajah akan menjadi kurang menarik. Apalagi jika permasalahan jerawat, sudah meninggalkan bekas luka yang sulit untuk dihilangkan.

Lalu sebenarnya apa sih penyebab dari permasalahan jerawat? Adakah cara efektif untuk mencegah dan mengobatinya? Dan benarkah wajah yang mudah berjerawat biasanya dialami pada masa remaja? Untuk menjawab itu semua, mari simak penjelasan dokter berikut ini!

Penyebab Wajah Mudah Berjerawat

Pada dasarnya penyebab dari jerawat adalah karena terjadinya penyumbatan pada pori-pori. Penyumbatan ini dapat diakibatkan oleh debu, kotoran, minyak, sisa makeup, dan lain sebagainya. Saat pori-pori mengalami penyumbatan, maka akan memicu terjadinya peradangan.

Peradangan inilah yang menimbulkan munculnya benjolan-benjolan kecil, yang saat ini kita kenal dengan istilah jerawat. Selain karena adanya sumbatan kotoran pada pori-pori, jerawat juga dapat timbul karena produksi sebum berlebih pada kulit.

Menurut dr. Ratri Ramadianningtyas, selaku dokter kecantikan dari Beautylogica Clinic Jakarta, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat, yaitu:

  • Tumpukan sel kulit mati yang tidak dibersihkan.
  • Pertumbuhan bakteri Propionibacterium Acnes.
  • Faktor genetik atau keturunan.
  • Lalai dalam membersihkan wajah.
  • Fluktuasi hormon.
  • Faktor lingkungan.
  • Penggunaan produk skincare atau kosmetik yang tidak cocok.
  • Faktor gaya hidup yang bururk, seperti merokok, minum alkohol, begadang, stres, dll.

Baca juga:

Benarkah Wajah yang Mudah Berjerawat Biasanya Dialami pada Masa Remaja?

Benarkah Wajah yang Mudah Berjerawat Biasanya Dialami pada Masa Remaja

Benarkah wajah yang mudah berjerawat biasanya dialami pada masa remaja? Pertanyaan semacam ini sangat sering dilontarkan para pasien, ataupun orangtua anak yang telah memasuki usia remaja. Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah benar.

Menurut dr. Christy Adhistiani selaku dokter kecantikan dari Beautylogica, remaja sangat rentan mengalami permasalahan jerawat. Hal ini terjadi karena pada saat anak memasuki usia puber, maka hormon dalam tubuhnya akan mengalami perubahan dan menjadi tidak stabil.

Fluktuasi hormon ini akan mengakibatkan kelenjar sebacous atau kelenjar minyak pada pori-pori, menjadi bekerja lebih aktif. Alhasil, produksi minyak pada kulit pun akan menjadi lebih banyak daripada biasanya. Ketika produksi minyak menjadi berlebih, risiko penumpukan minyak dan sel kulit mati akan lebih tinggi. Hal inilah yang nantinya menimbulkan jerawat pada kulit wajah.

Meskipun begitu, jerawat bukan saja hanya dapat timbul pada wajah. Jerawat puber juga dapat muncul pada beberapa area tubuh lain. Misalnya seperti leher, bahu, dada, dan punggung. Kondisi seperti ini pun dapat dialami oleh siapa saja. Baik itu remaja putri maupun remaja putra.

Jadi buat kamu yang bertanya seputar benarkah wajah yang mudah berjerawat biasanya dialami pada masa remaja? Sudah ketemu kan jawabannya? Jadi jika kamu mengalami permasalahan ini, segeralah lakukan langkah penanganan, agar permasalahan jerawat dapat segera disembuhkan.

Cara Mencegah Wajah Berjerawat pada Remaja

Ketika memasuki usia puber, maka seseorang akan lebih rentan mengalami permasalahan jerawat. Oleh karena itu, pertanyaan seputar upaya pencegahan sangat sering dilontarkan oleh para pasien. Nah, untuk menjawab itu semua, berikut adalah cara mencegah wajah berjerawat pada remaja:

  • Rutin membersihkan wajah.
  • Gunakan produk jerawat.
  • Rutin menggunakan pelembap wajah.
  • Lindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari.
  • Kontrol produksi minyak pada wajah.
  • Konsultasi dengan dokter agar terhindar dari masalah jerawat.

Dengan mengetahui langkah pencegahan, tentu wajah yang mudah berjerawat biasanya dialami pada masa remaja tidak akan membuatmu khawatir lagi.

Baca juga:

Cara Mengobati Wajah yang Mudah Berjerawat

Untuk mengatasi masalah jerawat, sebenarnya ada begitu banyak cara yang bisa dilakukan. Namun cara-cara yang banyak beredar di internet, biasanya tidaklah efektif dan hanya menggunakan bahan alami saja.

Nah, pada kesempatan kali ini, Beautylogica Clinic akan memberikan cara yang berbeda, dan dijamin pasti lebih efektif untuk mengatasi jerawat. Ingin tahu bagaimana caranya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Laser Glowing Treatment

Laser Glowing Treatment adalah sebuah perawatan yang dilakukan dengan teknologi sinar laser. Alat yang digunakan dalam perawatan ini adalah Laser Q Switched Nd YAG. Cara kerja dari perawatan ini adalah dengan menghantarkan energi panas ke bawah permukaan kulit.

Sinar yang digunakan pun sesuai dengan jenis permasalahan kulit yang dialami. Oleh karena itu, sebelum melakukan perawatan ini, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang bersangkutan. Hal ini berguna agar perawatan yang dilakukan tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Untuk wajah yang mudah berjerawat biasanya dialami pada masa remaja, kamu juga wajib untuk berkonsultasi terlebih dahulu. Dengan berkonsultasi, dokter akan melakukan pengecekan fisik, untuk melihat jenis dan karakteristik kulit yang kamu miliki.

Derma Peeling

Selain dengan laser wajah, permasalahan jerawat juga dapat diatasi dengan perawatan peeling. Perawatan peeling dilakukan dengan larutan yang telah diformulasi khusus, agar dapat mengatasi permasalahan pada kulit wajah.

Cairan peeling yang digunakan, dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, serta mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Dengan begitu, risiko munculnya jerawat akan menjadi lebih kecil. Selain dapat mengatasi jerawat, Derma Peeling juga dapat berguna untuk mencerahkan kulit wajah.

Nah, buat kamu yang ingin mengatasi permasalahan jerawat dengan lebih efektif, segeralah lakukan perawatan tersebut. Bahkan, kedua perawatan tersebut pun direkomendasikan oleh para dokter kecantikan. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.