Benarkah Ukuran Payudara Mengikuti Umur? Simak Penjelasan Medisnya di Sini!

Benarkah Ukuran Payudara Mengikuti Umur? Simak Penjelasan Medisnya di Sini!

Ukuran Payudara Mengikuti Umur – Jika ada bagian tubuh wanita yang dianggap paling menarik, tentu saja salah satunya pasti adalah payudara. Bagi seorang wanita, payudara bukan hanya sekedar sebagai lambang feminin semata. Namun lebih jauh, payudara dianggap sebagai bagian tubuh yang memiliki daya tarik seksual bagi pribadi mereka.

Jika dilihat dari sisi fungsi, tentu payudara menjagi organ tubuh yang memiliki fungsi sangat penting. Pasalnya selain berisikan kelenjar lemak, payudara juga mengandung saluran susu, yang berguna untuk memberi asupan bagi para anak-anak mereka kelak.

Berbicara mengenai payudara, tentu tak luput dari pembahasan bentuk dan ukurannya. Kedua faktor ini selalu melekat sebagai topik utama, ketika berbicara mengenai payudara.  Sebab sebagai organ kewanitaan, daya tarik terbesar dari payudara adalah bentuk dan ukurannya.

Nah, pada artikel kali ini, Beautylogica Clinic akan coba membahas tentang benarkah ukuran payudara mengikuti umur? Tidak hanya sampai di situ, kami juga akan membahas tentang informasi seputar payudara lainnya. Untuk informasi yang lebih lengkap, mari simak pembahasannya berikut ini!

Gambaran Umum tentang Pertumbuhan Payudara

Pertumbuhan payudara anak perempuan, dimulai saat mereka memasuki masa pubertas. Namun perlu kalian ketahui, perkembangan payudara pada anak perempuan tidaklah selalu sama. Sebab, tumbuhnya payudara pada setiap anak, dimulai dari usia yang berbeda-beda.

Umumnya, pertumbuhan payudara dimulai sejak mereka berusia 8-13 tahun. Ketika memasuki usia tersebut, perkembangan payudara pun terjadi dengan begitu beragam. Ada yang mengalaminya dengan cepat, normal, dan juga ada  yang lebih lambat.

Baca juga: Ukuran Payudara Ideal Menurut Dokter & Cara Mendapatkannya

Bagaimana Payudara dapat Tumbuh?

Benarkah Ukuran Payudara Mengikuti Umur? Simak Penjelasan Medisnya

Jika dilihat dari kacamata medis, terbentuknya payudara pada seorang anak perempuan, sebenarnya sudah terjadi sejak dalam masa kandungan. Pada masa ini, pertumbuhan puting susu akan diikuti dengan tumbuhnya sistem saluran susu.

Saat memasuki masa pubertas, tumbuhnya payudara dimulai saat indung telur memproduksi hormon esterogen. Ketika indung telur telah memproduksi hormon esterogen, lemak yang ada para jaringan ikat akan mulai menumpuk pada dindin toraks anterior.

Hal inilah yang membuat ukuran payudara perlahan mulai membesar. Pertumbuhan payudara pada anak perempuan, akan terus berlanjut hingga mereka mulai mengalami masa menstruasi dan seterusnya.  Hal inilah yang menjadi salah satu bukti bahwa ukuran payudara mengikuti umur.

Pada umumnya, proses tumbuh kembang payudara berlanjut hingga anak perempuan memasuki usia 17-18 tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa masa ini berlanjut hingga usia 20-an. Bagi kalian yang mengalami pertumbuhan lebih lambat, kalian tidak perlu khawatir. Sebab, masa pertumbuhan setiap orang berbeda-beda.

Apa Saja Faktor yang Memengaruhi Pertumbuhan Payudara?

Tumbuh kembangnya ukuran payudara, dapat dipengaruhi oleh beberapa macam faktor. Bagi kalian yang memiliki anak perempuan, dianjurkan untuk lebih terbuka dan sering melakukan diskusi. Hal ini sangat penting untuk memberi edukasi, khususnya ketika mereka sedang ada dalam masa pubertas. Jadi ketika terjadi perubahan ukuran payudara mengikuti umur, anak perempuan kalian tidak merasa kaget dan bisa terfasilitasi dengan baik.

Berikut adalah beberapa faktor yang memengaruhi pertumbuhan payudara:

– Genetik

Genetik merupakan salah satu faktor paling berpengaruh dalam pertumbuhan payudara. Bukan hanya memengaruhi ukuran saja, faktor genetik juga dapat memengaruhi bentuk serta hingga kapan anak perempuan kalian mengalami masa pertumbuhan.

– Perubahan Hormon

Tumbuh kembangnya payudara, dipicu oleh perubahan hormon yang ada di dalam tubuh. Dengan adanya perubahan hormon, otomatis ukuran payudara juga akan mengalami perubahan.

– Asupan Nutrisi

Agar tubuh dapat berkembang dengan optimal, dibutuhkan asupan nutrisi dan vitamin yang cukup. Hal ini pun juga berlaku bagi perkembangan ukuran payudara. Jadi untuk memaksimalkan masa pertumbuhan payudara, sebaiknya terapkan pola dan gaya hidup yang sehat, yaa!

Baca juga: Macam-macam Bentuk Payudara, & Tips Bra yang Cocok untuk Digunakan

Tahap Perkembangan Ukuran Payudara Mengikuti Umur

Benarkah Ukuran Payudara Mengikuti Umur?

Sebagai organ kewanitaan, payudara seorang perempuan memiliki beberapa tahap perkembangan. Masa perkembangan ini, dibagi dengan beberapa tahap mengikuti umur pemiliknya. Menurut dokter, tahap awal perkembangan payudara, disebut dengan istilah “Breast Budding”.Untuk lebih jelasnya, berikut  adalah beberapa tahapan perkembangan payudara jika dilihat dari usia pemiliknya:

Tahapan Perkembangan Payudara Mengikuti Umur Remaja

Umur 8-12 Tahun

Pada usia 8-12 tahun, perkembangan payudara pada anak perempuan ditandai dengan puting yang mulai sedikit menonjol.

Umur 13 Tahun

Memasuki usia 13 tahun, perkembangan payudara akan berlanjut ke tahap pembesaran areola. Areola sendiri adalah lingkaran hitam yang mengelilingi puting payudara.

Umur 14 Tahun

Di usia 14 tahun, payudara akan mulai berkembang lebih tinggi, dan areola akan tumbuh dengan ukuran yang lebih luas.

Umur 15-16 Tahun

Pada usia 15-16 tahun, ukuran payudara mungkin tidak akan berkembang begitu pesat. Namun pada usia ini, payudara akan lebih terbentuk dan menciptakan gundukan.

Setelah melewati masa pubertas dan remaja, perkembangan ukuran payudara akan berlanjut saat seorang mulai beranjak dewasa. Berikut adalah beberapa tahapannya:

Tahapan Ukuran Payudara Mengikuti Umur Dewasa

Pada masa ini, tahapan terbagi menjadi tiga klasifikasi menurut usia pemiliknya. Pertama adalah saat usia 20, lalu berlanjut pada usia 30 dan 40.

Umur 20 Tahun

Pada saat seorang wanita memasuki usia 20 tahun, ukuran payudara akan tumbuh dengan lebih besar. Hal ini terjadi karena perubahan pada siklus menstruasi.

Umur 30 Tahun

Wanita dengan usia 30 tahunan, umumnya akan memiliki kulit yang lebih meregang.  Kondisi ini dapat terjadi karena perubahan berat badan. Dengan meregangnya kulit, tentu ukuran payudara akan mengalami perubahan.

Umur 40 Tahun

Ukuran payudara mengikuti umur, juga dapat terjadi saat seorang wanita telah berusia 40 tahunan. Pada usia ini, seorang wanita akan memasuki masa Menopause. Masa menopause akan menyebabkan berkurangnya produksi hormon esterogen. Hal inilah yang membuat ukuran payudara mengalami perubahan. Pada usia ini, payudara seorang wanita juga akan terasa lebih lembut karena jaringan payudara digantikan oleh lemak.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *