Tidak Semua Jerawat Penanganannya Sama, Kenali Jenis Jerawat Kamu dan Cara Menghilangkannya!

Perawatan Kecantikan Murah di Jakarta Tanam Benang

Setiap orang pasti setidaknya pernah sekali mengalami yang namanya berjerawat. Tidak hanya mengganggu penampilan, tidak jarang pada saat muncul jerawat menimbulkan rasa sakit terutama jika jerawat tersebut muncul di bagian-bagian tertentu. Dan karena hampir semua orang mengalami masa-masa muncul jerawat, banyak sekali yang menawarkan produk penghilang jerawat. Eits, tunggu dulu kamu tidak boleh mudah tergiur dengan klaim produk yang dapat menghilangkan jerawat dengan cepat tanpa kamu cari tau terlebih dahulu jenis jerawat apa yang bersarang di wajah atau tubuhmu.

Yap, benar sekali. Jerawat itu ada banyak jenisnya, dan setiap jenis jerawat membutuhkan penanganan yang khusus  untuk menghilangkannya. Kenapa kamu harus tau jenis jerawat kamu? Karena ketika kamu mengetahui jenis jerawat yang kamu miliki, kamu bisa memilih produk dengan kandungan yang tepat untuk menghilangkan jerawat tersebut. Jangan sampai alih-alih ingin menghilangkan satu jerawat, malah menjadi sepuluh jerawat hanya karena kamu salah pilih kandungan yang ada di produk penghilang jerawat yang kamu miliki.

Jerawat sendiri ada dua macam, yaitu inflammatory acne dan comedonal acne. Inflammatory acne atau yang sering dikenal dengan jerawat meradang sendiri adalah pori-pori yang tersumbat dan meradang, berisi nanah dan bakteri terlihat memerah karena sel darah putih berkumpul di sekitarnya berusaha untuk menyembuhkan radang. Inflammatory acne sendiri disebabkan oleh minyak berlebih, sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk, bakteri, stress, makeup yang tidak sesuai, efek samping obat, keturunan, dan juga hormon.

Inflammatory acne sendiri terbagi lagi menjadi tiga jenis jerawat, diantaranya pustule, papula, dan juga nodula. Jenis jerawat papula merupakan komedo meradang yang tidak berisi nanah, terjadi karena komedo yang tidak diobati membuat dinding kelenjar terinfeksi dan menyebabkan sebum serta bakteri bercampur. Jerawat dengan jenis pustule sendiri merupakan jerawat yang mirip dengan papula, namun memiliki puncak berwarna putih yang berisi nanah, rapat menyebar dan memperluas peradangan. Dan jenis inflammatory acne yang terakhir adalah nodula, yaitu peradangan yang berada di bawah kulit yang berukuran besar dan memerah, serta dapat bertahan hingga berbulan-bulan.

Untuk menghilangkan jenis jerawat inflammatory acne kamu bisa menggunakan produk perawatan kulit yang berbahan dasar salicylic acid, centella asiatica, atau benzoyl peroxide. kamu juga bisa melakukan perawatan.

Sekarang kita bahas comedonal acne, comedonal acne disebabkan oleh minyak berlebih yang bercampur dengan kotoran dan sel kulit mati. Comedonal acne ini menyumbat pori-pori di bawah kulit yang umumnya di alami oleh pemilik kulit berminyak dan kombinasi. Komedo sendiri hanya bisa muncul di area yang memiliki folikel rambut (tempat rambut akan tumbuh). Dan comedonal acne memiliki dua tipe, diantaranya blackhead dan juga whitehead.

Blackhead adalah komedo pori tersumbat yang terbuka kemudian terekspos oskigen (oxidize) sehingga menjadi gelap atau menghitam. Jadi warna hitam pada blackhead terbentuk bukan karena kotoran. Sedangkan whitehead merupakan komedo pori tersumbat yang tertutup berwarna putih berukuran kecil, tidak sakit dan terasa lembut saat disentuh. Untuk penanganannya sendiri comedonal acne ini bisa menggunakan produk yang memiliki kandungan salicylic acid, AHA, ataupun BHA.

Cara lain untuk menghilangkan jerawat yang ada di kulit kamu adalah dengan melakukan treatment yang tepat pada kulitmu. Kamu bisa konsultasikan masalah jerawat yang ada di kulitmu kepada dokter yang sudah ahli dalam menangani masalah tersebut. Beautylogica Clinic menyediakan dokter-dokter yang berpengalaman untuk memberikan konsultasi bagi masalah kulit kamu. Untuk Informasi lebih lanjut kamu bisa hubungi hotline Beautylogica Clinic di 0819-0500-0000.

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *