Thread Lift adalah

Thread Lift Adalah salah satu prosedur kecantikan yang kini sedang banyak diminati para wanita. Mau tahu kenapa perawatan ini memiliki banyak penggemar? Mari kita simak informasi lengkapnya di bagian bawah ini!

Apa itu Thread Lift?

Thread Lift atau tanam benang adalah sebuah prosedur kecantikan yang bertujuan untuk mengencangkan kulit. Dengan melakukan tanam benang, wajah akan terlihat lebih tirus dan tampak lebih muda. Selain untuk mengencangkan kulit, tanam benang juga dapat berguna untuk menghilangkan double chin. 

Apa Manfaat dari Thread Lift?

Manfaat utama dari Thread Lift adalah untuk meremajakan dan mengencangkan kulit. Tanam benang sendiri merupakan salah satu perawatan yang dapat memberikan hasil secara instan. Jadi begitu prosedur perawatan selesai dilakukan, kamu bisa langsung melihat hasilnya. Kulit kendur menjadi lebih kencang dan terlihat lebih muda. Namun, untuk hasil perawatan yang lebih maksimal, biasanya akan diperoleh setelah beberapa minggu kemudian. Sebab, dalam beberapa minggu pasca prosedur, kolagen yang dirangsang akan membuat kulit tampak menjadi lebih kencang dan terlihat lebih muda secara alami. 

Apakah Prosedur Thread Lift Menyakitkan?

Pada tahap awal tindakan prosedur dilakukan, dokter akan memberikan anestesi terlebih dahulu kepada pasien. Dengan begitu, prosedur Thread Lift tidak akan memberikan rasa sakit berlebih pada pasien. Dengan kata lain, saat tindakan prosedur dilakukan, pasien akan tetap merasa nyaman. 

Baca juga:

Bagaimana Cara Kerja Prosedur Thread Lift?

Cara kerja dari Thread Lift adalah melakukan penanaman benang ke bawah jaringan kulit. Umumnya, prosedur ini diterapkan pada bagian wajah, misalnya seperti garis rahang, garis alis, area bawah mata, dahi, pipi, dan bawah dagu. 

Benang yang ditanamkan, nantinya akan menarik kulit dari bawah, sehingga struktur kulit yang kendur dapat dibuat menjadi lebih kencang. Penggunaan benang yang ditanamkan pada wajah, juga dapat berguna untuk merangsang pertumbuhan kolagen.

Hal tersebut dapat terjadi karena tubuh menganggap benang yang ditanamkan sebagai benda asing. Alhasil, mekanisme penyembuhan luka dari dalam tubuh, otomatis akan terjadi dan memicu pertumbuhan kolagen.

Lalu, apa sih fungsi dari kolagen? Sebenarnya, zat alami ini memiliki peranan yang begitu banyak bagi tubuh. Dilansir dari laman halodoc.com, kolagen dapat berfungsi untuk menghaluskan kulit, menyamarkan kerutan, meningkatkan elastisitas kulit, dan meningkatkan hidrasi kulit. Jadi dengan produksi kolagen yang memadai, maka tubuh akan memperlambat proses penuaan pada kulit.

Alasan Mengapa Thread Lift Diperlukan

Alasan utama mengapa orang perlu melakukan Thread Lift adalah persoalan estetika. Artinya, prosedur ini dianjurkan untuk orang yang ingin memperbaiki penampilannya. Dengan menjalani prosedur tanam benang, orang tersebut akan terlihat awet muda, dan memiliki kulit yang sehat.

Prosedur tanam benang, biasanya juga dilakukan oleh orang yang belum berani melakukan tindakan bedah plastik. Sebab, perawatan ini dianggap jauh lebih aman, serta memiliki harga yang relatif lebih murah. Oleh karena itu, orang lebih banyak memilih prosedur tanam benang, ketimbang melakukan operasi seperti Face Lift.

Perbedaan Tanam Benang dan Tarik Benang Menurut Dokter

Di luar sana, banyak orang yang ternyata masih salah kaprah terhadap prosedur tanam benang dan tarik benang. Meskipun sama-sama menggunakan media benang, namun kedua jenis perawatan ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. 

Menurut dokter estetika dari Beautylogica Clinic, perbedaan mendasar dari tarik benang dan Thread Lift adalah pada benang yang digunakan. Pada prosedur Thread Lift atau tanam benang, media benang yang digunakan memiliki tipe polos dan hanya di tanam pada jaringan bawah kulit. Benang yang digunakan, biasanya terbuat dari bahan Polydioxanone (PDO). Fungsi utama dari benang ini adalah untuk merangsang pertumbuhan kolagen agar kulit menjadi lebih kencang dan sehat.

Berbeda dari tanam benang, prosedur tarik benang menggunakan jenis benang dengan tipe bergerigi. Benang ini berfungsi untuk menarik kulit yang sudah kendur, agar memberikan efek kulit yang lebih kencang, dan tampilan wajah yang lebih tirus.

Perbedaan dari kedua jenis prosedur di atas, terletak juga pada daya tahan benang yang digunakan. Pada prosedur tanam benang, umumnya efek akan bertahan dalam jangka waktu kurang lebih satu tahun. Lalu untuk tarik benang, efek yang diterima bisa sampai 3-5 tahun.

Selain manfaat dan tipe benang, perbedaan lain dari prosedur tanam benang dan tarik benang ada pada harganya. Prosedur tanam benang, umumnya lebih murah jika dibandingkan dengan prosedur tarik benang. Namun perlu diketahui juga, tinggi rendahnya biaya perawatan, umumnya juga dipengaruhi oleh jenis dan jumlah benang yang digunakan, dokter yang menangani, serta klinik kecantikan yang kamu tuju.

Baca juga:

Berapa Lama Thread Lift Bertahan?

Prosedur Tanam Benang dan info lengkap lainnya

Benang PDO dapat bertahan di wajah sekitar 6-9 bulan, setelah itu benang akan dihancurkan tubuh secara alami. Efek pengencangan akan lebih nyata alami dengan terjadinya perangsangan kolagen. Meskipun benang sudah hancur sempurna, kulit akan tetap kencang sampai 12 bulan. Hal ini terjadi karena pembentukan kolagen dan serat elastin baru di bawah kulit.

Kapan Harus Memulai Thread Lift?

Pada dasarnya Thread Lift dapat dilakukan kapan saja. Namun umumnya, prosedur ini dilakukan pada usia 30 tahun ke atas. Selain itu, prosedur Thread Lift juga dapat dilakukan saat kulit wajah mulai terasa kendur, ingin tampilan wajah yang lebih v-shape, lebih kencang, dan tampak lebih muda.

Thread Lift Menggunakan Benang Apa?

Benang yang digunakan pada prosedur Thread Lift adalah benang Polydioxanone (PDO). Benang jenis ini, digunakan karena memang aman dan dapat diserap oleh tubuh. Selain benang PDO, ada juga beberapa jenis benang lain seperti PLLA, PCL, dan PCLA yang memiliki karakteristik masing-masing.

Bagian Tubuh yang Bisa Dilakukan Thread Lift

Prosedur Thread Lift dapat dilakukan pada beberapa bagian tubuh. Hal ini tergantung dari tujuan dan manfaat yang ingin didapatkan oleh pasien. Beberapa bagian tubuh yang dimaksud adalah pipi, bawah dagu, leher, hidung, kelopak mata, dan alis.

Beberapa area tersebut, tentu memiliki tujuan dan manfaat yang berbeda-beda. Contohnya seperti mengencangkan kulit, mengangkat alis, memancungkan hidung, serta membuat lipatan kelopak mata. Untuk itu, sebelum melakukan prosedur Thread Lift, calon pasien wajib berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang bersangkutan.

Efek Samping yang Dilaporkan oleh Pasien Thread Lift

Sebagian besar masalah dari tanam benang dilaporkan berasal dari benang yang digunakan dalam prosedur. Isu yang paling umum adalah benang timbul dengan jelas ke permukaan wajah, sakit kepala setelah menjalani prosedur, dan sensasi kesemutan di bawah kulit. Dalam beberapa kasus, ditemukan juga keluhan bahwa hasil prosedur Thread Lift malah membuat kulit menjadi terlihat lebih kendur dan berkerut.  

Jаdі, Apakah Thread Lift Efektif?

Bagi pasien yang ingin mengencangkan kulit tanpa prosedur operasi, tentu perawatan ini sangat efektif. Sebab dengan tindakan prosedur yang simpel, Thread Lift mampu membuat tampilan wajah menjadi lebih muda. Bahkan, perawatan ini sering dimiripkan dengan prosedur bedah seperti Face Lift.

Tingkat keefektifan Thread Lift juga bergantung dari kesiapan pasien. Oleh sebab itu, konsultasi adalah sebuah hal yang wajib sebelum melakukan perawatan ini. Dengan berkonsultasi, dokter dapat melakukan pengecekan fisik, serta merekomendasikan tindakan yang tepat untuk pasien. Untuk informasi dan konsultasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

 

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.