Tersiksa Karena Memiliki Gigi Sensitif, Ini Cara Menghilangkannya

Pada saat kamu menyantap makanan manis, minum minuman dingin, atau menyikat gigi dan muncul efek ngilu. Itu menandakan bahwa kamu memiliki gigi yang sensitif. Tentunya tidak akan terasa nyaman saat kamu merasakan hal tersebut. Lalu apa penyebab gigi sensitif, dan bagaimana cara menangani gigi sensitif tersebut? Yuk, kita cari tau.

Terkikisnya lapisan pelindung gigi yang disebut email atau terpaparnya akar gigi umumnya menjadi penyebab gigi terasa ngilu atau yang kita kenal gigi sensitif. Ketika gusi terbuka sehingga dentin lapisan di bawahnya terpapar berbagai rangsangan juga menjadi penyebab gigi sensitif. Dentin sendiri dari bagian dalam gigi dan akar yang terhubung pada ribuan saluran kecil yang menuju saraf gigi. Maka tidak heran saat gigi kita terkena paparan dingin, panas ataupun gesekan sikat gigi dapat memicu rasa ngilu.

Tidak hanya faktor di atas yang membuat gigi menjadi sensitif, faktor lain pun dapat menjadi pemicu perasaan ngilu pada gigi, seperti lubang pada gigi, efek samping dari prosedur pemutihan gigi, suka menggeretakkan gigi, penumpukan plak, menyikat gigi terlalu kencang, radang pada gusi, gigi retak dan juga faktor usia. Karena banyaknya penyebab gigi sensitif menjadikan semakin besarnya kemungkinan setiap orang mengalami gigi sensitif.

Menjaga kesehatan gigi menjadi faktor utama yang harus kamu lakukan untuk menghindari gigi sensitif. Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan rajin menyikat gigi dua kali sehari menggunakan bulu sikat gigi yang lembut dan pasta gigi berflouride, untuk memaksimalkan kebersihan gigi kamu juga dapat menggunakan benang gigi setiap hari. Hindari menggosok gigi terlalu sering atau menggosok gigi dengan kasar, atau menggunakan pasta gigi dengan kadar yang dapat menyebabkan lapisan gigi rusak. Batasi makan dan minum asam, hindari mengasah dan menggeretak gigi, dan hindari juga langsung menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung asam.

Kalau kamu tidak ingin merasakan gigi ngilu, sebaiknya mulai hindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat memicu gigi kamu menjadi sensitif. Atau untuk kamu yang sudah memiliki masalah gigi sensitif, bisa menggunakan berbagai alternatif untuk mengusir rasa ngilu tersebut. Diantaranya, menggunakan pasta gigi dengan formula khusus untuk gigi sensitif. Untk beberapa kasus gigi sensitif memang tidak bisa dihilangkan hanya dengan menggunakan pasta gigi khusus, salah satu cara yang harus kamu lakukan untuk menghilangkan gigi sensitif adalah dengan mengunjungi dokter gigi.

Untuk kasus gigi sensitif langkah pertama yang akan dokter gigi lakukan adalah dengan mendeteksi penyebab gigi sensitif kamu berdasarkan keluhan dan gejala yang kita rasakan dan juga melalui hasil pemeriksaan. Setelah menemukan penyebab gigi sensitif kamu, dokter gigi akan melakukan tindakan yang sesuai dengan kebutuhan gigi sensitif kamu. Seperti mengolesi gigi yang sensitif dengan fluoride yang juga bisa diresepkan untuk digunakan di rumah agar dapat memperkuat email gigi sehingga rasa ngilu akan berkurang. Jika ternyata penyebab gigi sensitif kamu adalah akar gigi yang telah kehilangan lapisan gusi, dokter akan menyarankan untuk melakukan tindakan bedah gusi. Prosedur ini berupa pengambilan gusi dari bagian lain untuk kemudian dipasang pada bagian gusi yang hilang.

Selain itu dokter gigi juga dapat melakukan tindakan perawatan saluran akar gigi dengan cara merawat pulpa gigi. Hal ini dilakukan apabila perawatan lain sudah tidak bekerja secara efektif namun rasa ngilu yang muncul sudah tidak dapat di tahan lagi. Akan tetapi jika penyebab gigi sensitif kamu hanya permukaan akar gigi yang terpapar, dokter biasanya akan melakukan prosedur lapisan pengikat (bonding resin) yang diaplikasikan pada gigi sensitif kamu.

Melakukan perawatan rutin dan menjaga kebersihan gigi menjadi faktor utama pencegahan gigi sensitif. Kamu bisa konsultasikan keluhan gigi sensitif kamu di Beautylogica Clinic. Kamu juga bisa dapatkan informasi mengenai tindakan yang tepat untuk gigi kamu dan perawatan selanjutnya guna mencegah gigi sensitif kamu kembali. Beautylogica Clinic menyediakan dokter gigi handal bersertifikat, serta memiliki pengalaman yang banyak untuk membantu kamu menemukan solusi masalah gigi kamu. Tunggu apalagi, segera lakukan reservasi dengan menghubungi hotline Beautylogica Clinic di nomor 0819-0500-0000 atau kamu bisa kunjungi website Beautylogica Clinic di www.beautylogicaclinic.com dan instagram di @beautylogica.clinic.

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *