Telapak tangan berkeringat

Telapak Tangan Sering Berkeringat? Begini Cara Ampuh Mengatasinya!

Telapak tangan sering berkeringat, kerap kali membuat kita jadi kerepotan. Pasalnya, telapak tangan yang berkeringat, akan mempersulit kita dalam memegang suatu benda. Belum lagi ketika kita ingin berjabat tangan. Pasti akan ada sedikit rasa malu ketika tangan sedang basah bukan?

Nah, pada artikel kali ini, Beautylogica Clinic akan coba berbagi tips dan informasi seputar telapak tangan berkeringat. Tanpa menunggu lama-lama lagi, mari simak pembahasan lengkapnya berikut ini:

Penyebab Telapak Tangan Sering Berkeringat

Keringat yang muncul di telapak tangan sebenarnya adalah hal yang wajar. Namun ketika keringat muncul tanpa adanya pemicu apa pun, maka hal ini patut untuk diwaspadai. Sebab, bisa jadi kamu sedang mengidap penyakit yang bernama Hiperhidrosis.

Hiperhidrosis sendiri adalah sebuah penyakit yang membuat seseorang mengalami keringat berlebih. Penyakit ini dapat terjadi di seluruh bagian tubuh, ataupun bagian tubuh tertentu saja. Biasanya, bagian tubuh tertentu yang dimaksud adalah wajah, ketiak, telapak tangan, dan telapak kaki.

Hingga kini, penyebab Hiperhidrosis sebenarnya belum dipastikan. Namun, para peneliti percaya bahwa penyebab dari penyakit ini adalah kelenjar keringat yang menjadi lebih aktif dan sensitif. Saat kelenjar keringat menjadi lebih aktif dan sensitif, tentu produksi keringat akan menjadi lebih banyak. Hal inilah yang membuat telapak tangan berkeringat bagi para penderita Hiperhidrosis.

Baca juga:

Bagaimana Proses Terjadinya Keringat?

Keringat berfungsi untuk menstabilkan suhu tubuh. Oleh sebab itu, biasanya keringat muncul ketika kita sedang beraktivitas fisik, makan-makanan pedas, ataupun rangsangan emosional seperti rasa takut, gugup, dll.

Proses terjadinya keringat berawal dari adanya rangsangan terhadap saraf. Nantinya, saraf akan meneruskan rangsangan pada kelenjar keringat. Di sinilah keringat diproduksi dan keluar melalui pori-pori kulit.

Pada kasus penderita Hiperhidrosis, orang dapat berkeringat tanpa adanya rangsangan apa pun. Bahkan, keringat berlebih dapat terjadi pada saat orang tersebut sedang tidur. Jadi bagi kalian yang mengalami hal serupa, sebaiknya segera periksakan masalah ini ke dokter, yaa!

Kapan Harus Pergi ke Dokter?

Telapak tangan berkeringat sering sekali dianggap sepele. Maka dari itu, kebanyakan penderita Hiperhidrosis umumnya tak mengetahui bahwa mereka mengidap penyakit tersebut. Akibatnya, kebanyakan dari mereka telat mendapat penanganan.

Penderita Hiperhidrosis, sebaiknya ke dokter saat penyakit ini belum terlalu parah. Untuk itu, sebaiknya lebih teliti dan sensitif terhadap diri kalian. Saat keringat sudah membuat tidak nyaman dan keluar tanpa ada pemicu apa pun, sebaiknya segera pergi untuk konsultasi dengan dokter terkait.

Dengan penanganan sedini mungkin, masalah Hiperhidrosis tentu akan dapat ditangani dengan lebih baik. Untuk mengatasi masalah ini, sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan. Tinggal bagaimana pasien dan dokter berdiskusi, untuk menemukan prosedur yang tepat.

Ragam Cara Mengobati Telapak Tangan Berkeringat

ragam cara mengobati telapak tangan yang mudah berkeringat

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, penanganan Hiperhidrosis sebenarnya dapat dilakukan dengan banyak cara. Namun untuk mendapat penanganan dengan jelas, kalian perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter terkait.

Hal tersebut sangat penting untuk dilakukan. Sebab selain untuk tingkat keefektifan tindakan, hal ini juga berguna untuk keamanan prosedur. Nah, berikut adalah beberapa ragam cara, untuk mengobati telapak tangan yang sering berkeringat:

Menggunakan Obat

Untuk mengurangi keringat berlebih, dokter mungkin akan meresepkan obat antikolinergik. Obat ini bekerja dengan cara mengurangi rangsangan saraf pada kelenjar keringat, sehingga produksi keringat berkurang. Beberapa efek samping obat ini adalah mulut kering, sakit perut, sembelit, dan mual.

Iontophoresis

Pengobatan telapak tangan berkeringat dilakukan dengan menggunakan arus listrik kecil. Caranya, masukkan telapak tangan ke dalam wadah kecil berisi air, kemudian arus listrik akan dialirkan melalui air dari mesin khusus. Iontophoresis tidak berbahaya, tetapi dapat menyebabkan kesemutan. Perawatan ini dilarang untuk wanita hamil, mereka yang menggunakan alat pacu jantung, atau yang memiliki implan logam di tubuhnya.

Baca juga:

Botox

Kebanyakan orang, hanya tahu bahwa suntikan botox merupakan prosedur kecantikan. Hal tersebut memang tidak salah. Sebab, prosedur botox memang lebih dikenal untuk mengatasi masalah kerutan, ataupun garis halus yang ada di kulit.

Namun di luar fungsi utamanya tersebut, ternyata botox juga dapat digunakan untuk mengatasi keringat berlebih, lho! Botox sendiri bekerja dengan cara merelaksasikan kinerja saraf. Dengan cara kerja tersebut, saraf yang dapat merangsang produksi keringat, tentu dapat dihentikan. Alhasil, keringat berlebih pun dapat teratasi, atau bahkan hilang secara keseluruhan.

Operasi

Jika metode lain tidak berhasil, hal terakhir yang dapat kamu lakukan untuk mengobati telapak tangan berkeringat adalah operasi. Pembedahan dilakukan dengan memotong saraf yang mengontrol kelenjar keringat di telapak tangan. Namun, perlu diingat bahwa operasi ini cukup langka dan dapat menyebabkan komplikasi permanen.

Apakah Telapak Tangan Berkeringat Merupakan Indikasi Suatu Penyakit?

Telapak tangan yang berkeringat, kerap kali dikaitkan dengan berbagai macam penyakit. Contoh penyakit yang paling sering dikaitkan adalah penyakit jantung. Padahal faktanya, kondisi ini tidak selalu berkaitan dengan penyakit jantung.

Namun apabila keringat berlebih sudah terlalu parah, kalian sebaiknya segera memeriksakan kondisi ini ke dokter. Sebab, bisa jadi permasalahan ini akan semakin parah, ataupun menjadi komplikasi suatu penyakit yang lainnya.

Tempat Mengobati Telapak Tangan Berkeringat

Salah satu tempat terbaik untuk mengobati telapak tangan yang mudah berkeringat adalah dengan datang ke Beautylogica Clinic. Sebab, di klinik kecantikan ini, kami menyediakan suntik botox yang terbukti aman dan efektif.

Mengatasi keringat berlebih dengan prosedur botox juga sangat mudah untuk dilakukan. Selain itu, prosedurnya juga tidak memerlukan waktu banyak. Sehabis menjalani perawatan botox, kamu pun bisa langsung pergi ke rumah. Jadi kalian tak perlu takut dan merasa khawatir.

Beautylogica Clinic juga selalu memerikan harga perawatan yang ekonomis. Hal ini tentu membuat setiap perawatan yang ada cocok untuk berbagai kalangan. Bagai kamu yang  tertarik melakukan prosedur botox, silahkan hubungi kami di nomor 0819 05000 0000

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.