Tak ingin filler hidungmu gagal, hindari 5 penyebabnya berikut ini

Filler hidung gagal memang menjadi salah satu risiko dari perawatan ini. Alih-alih mendapatkan bentuk hidung yang ideal, kegagalan filler malah dapat membuat hidung menjadi rusak. Oleh sebab itu, sebelum melakukan perawatan filler sebaiknya pilihlah dokter dan klinik kecantikan yang terpercaya.

Perawatan filler yang dilakukan pada area hidung, bertujuan untuk membentuk tampilan hidung menjadi lebih mancung. Dengan zat atau gel AH yang disuntikkan, tampilan tulang hidung dapat dibuat menjadi lebih tinggi dan lebih ideal dengan bentuk wajah.

Bagi orang yang belum berani melakukan operasi plastik, perawatan ini menjadi salah satu solusi terbaik yang dapat dilakukan. Sebab selain lebih simpel, perawatan ini pun terbilang lebih minim terhadap risiko dan efek samping.

Ciri-ciri Filler Hidung Gagal

Kegagalan filler hidung dapat diketahui dari beberapa ciri. Bagi kamu yang ingin melakukan perawatan filler, hal ini sangat penting untuk diketahui. Sebab dengan mengetahuinya, kamu bisa lebih waspada dan tidak melakukan perawatan filler dengan sembarangan.

Berikut adalah beberapa ciri dari kegagalan filler hidung:

Baca juga:

Ciri filler hidung gagal

1. Mengalami Infeksi

Filler hidung yang gagal, dapat dikenali dengan munculnya infeksi pada area tindakan. Terjadinya infeksi, biasanya disebabkan oleh peralatan medis yang kurang steril. Selain karena peralatan medis, terjadinya infeksi juga dapat disebabkan karena tindakan yang tidak sesuai prosedur.

2. Reaksi Alergi

Setiap manusia memiliki sistem kekebalan tubuh yang berbeda-beda. Pada sebagian orang, prosedur filler juga dapat menimbulkan reaksi alergi. Gejala yang muncul dari reaksi alergi umumnya adalah ruam kemerahan. Apabila reaksi ini sudah terlalu parah, bisa dikatakan bahwa filler hidung yang kamu lakukan telah gagal. 

3. Munculnya Benjolan

Ciri filler hidung gagal yang berikutnya adalah munculnya benjolan. Kondisi ini dapat terjadi karena reaksi dari tubuh terhadap benda asing (zat filler). Pada sebagian orang, tubuh akan memberikan reaksi berupa peradangan kronis, sehingga kulit akan berusaha membungkus zat asing tersebut. Hal inilah yang membuat benjolan dapat muncul pada permukaan kulit.

4. Pergeseran Zat Filler

Prosedur filler dilakukan dengan menyuntikkan zat berbentuk cairan atau gel. Apabila tidak dilakukan oleh dokter yang profesional, maka zat filler dapat mengalami pergeseran ke bagian tubuh yang lain. Jika hal ini terjadi, maka bagian tubuh yang disuntik akan mengalami bentuk yang asimetris.

Pada kasus suntik filler di bagian hidung, pergeseran zat filler dapat membuat tampilan tulang hidung menjadi bengkok. Selain itu, risiko munculnya benjolan juga sangat mungkin untuk terjadi. Ciri kegagalan filler yang satu ini, tentu akan sangat merusak nilai estetika dari bentuk hidung.

5. Perubahan Warna Kulit

Filler hidung yang gagal juga dapat menimbulkan perubahan pada warna kulit. Kondisi seperti ini dapat terjadi karena zat AH yang disuntik, dapat memantulkan cahaya pada spektrum tertentu. Saat asam hyaluronat disuntikkan terlalu dekat pada permukaan kulit, maka warna kulit dapat menjadi kebiru-biruan. Kondisi seperti ini dikenal juga dengan nama efek Tyndall.

Penyebab Filler Hidung Gagal

Pada dasarnya, perawatan filler hidung sangatlah aman untuk dilakukan. Walaupun begitu, bukan berarti filler hidung tidak memiliki risiko kegagalan, ataupun efek samping. Sejauh ini, penyebab  kegagalan filler hidung umumnya terjadi akibat kurangnya persiapan dari pasien, serta kesalahan dalam tindakan prosedur.

Berikut adalah beberapa faktor penyebab kegagalan filler hidung:

Baca juga:

Tips agar filler hidung tidak gagal

1. Konsumsi Obat Pengencer Darah

Obat pengencer darah yang dikonsumsi sebelum tindakan filler, berpotensi untuk mengakibatkan kegagalan prosedur. Pasalnya, obat ini dapat menimbulkan pendarahan berlebih saat prosedur dilakukan. Oleh sebab itu, sebaiknya hentikan konsumsi obat pengencer darah minimal seminggu sebelum prosedur filler dilakukan. Obat lain yang dilarang adalah obat antiinflamasi, aspirin, dan suplemen vitamin E.

2. Kekurangan Vitamin K

Sebagai informasi, vitamin K adalah kandungan yang dapat mengurangi risiko memar dalam tubuh. Apabila tubuh kekurangan vitamin K, maka saat prosedur dilakukan maka risiko memar akan lebih besar terjadi. Contoh makanan yang mengandung vitamin K, bisa kamu temukan di beragam jenis sayur-sayuran, seperti bayam, brokoli, dan sawi hijau.

3. Pergi ke Sembarang Dokter atau Klinik Kecantikan

Penyebab filler hidung gagal yang berikutnya adalah pergi ke sembarang dokter atau klinik kecantikan. Padahal, kedua hal tersebut merupakan faktor terpenting dalam kesuksesan perawatan filler. Sebab jika tidak dilakukan oleh profesional, perawatan filler hidung dapat menjadi malapetaka bagi orang yang melakukannya. Oleh sebab itu, memillih dokter dan klinik kecantikan yang terpercaya adalah hal yang sangat wajib untuk dilakukan.

4. Zat Filler yang Bermasalah

Zat filler yang bermasalah, juga bisa menjadi salah satu penyebab kegagalan filler hidung. Oleh sebab itu, pastikan merek filler telah mengantungi izin BPOM dan tidak mengandung zat-zat yang berbahaya. Selain itu, pastikan juga masa berlaku yang dimiliki oleh zat filler tersebut.

5. Peralatan Medis yang Tidak Steril

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, peralatan medis yang tidak steril dapat menimbulkan infeksi pada tubuh. Jika kamu tidak ingin mengalami kegagalan filler hidung, sebaiknya pastikan alat-alat yang digunakan sudah steril, dan aman untuk diaplikasikan. Agar lebih aman, kamu juga bisa memilih klinik kecantikan dengan standar kebersihan yang tinggi.

Ingin Filler Hidung Terbaik dan Aman? Coba di Klinik Kecantikan ini!

Orang yang melakukan perawatan, pasti selalu ingin mendapatkan hasil yang terbaik. Agar filler hidung gagal tidak terjadi, kamu wajib memilih dokter dan klinik kecantikan dengan kualitas terbaik. Bagi kamu yang sedang mencari klinik kecantikan untuk filler hidung, maka Beautylogica Clinic adalah tempatnya.

Dengan berkunjung ke Beautylogica Clinic, kamu bisa mendapatkan penanganan langsung dari dokter yang profesional dan ahli di bidangnya. Dokter-dokter yang ada di Beautylogica Clinic, juga telah memiliki sertifikat baik dalam maupun luar negeri.

Agar setiap perawatan aman dan berkualitas, kami juga selalu menjaga kebersihan alat medis dan tempat praktik yang kami miliki. Selain itu, berbagai faktor penunjang lainnya seperti pelayanan pegawai, dan layanan informasi, juga telah diterapkan sesuai dengan standar yang berlaku. Buat kamu yang tertarik melakukan filler hidung, kamu bisa  menghubungi Beautylogica Clinic di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.