Perawatan Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil

Tips Perawatan Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil dari Dokter Kecantikan

Perawatan Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil – Permasalahan terhadap kulit wajah, merupakan sebuah keluhan yang umum dialami oleh ibu hamil. Seringnya keluhan terhadap permasalahan tersebut, dapat terjadi akibat adanya perubahan hormon pada tubuh si ibu hamil.

Akibat perubahan hormon yang terjadi secara drastis, timbul berbagai macam permasalahan kulit. Hal ini tentu dapat membuat rasa tidak nyaman, serta munculnya rasa kurang percaya diri terhadap penampilan.

Menanggapi banyaknya keluhan terhadap hal tersebut, Beautylogica Clinic akan memberikan tips dan solusi bagi kalian para ibu hamil. Terutama untuk masalah kulit wajah yang terjadi ketika sedang dalam masa kehamilan. Tanpa berlama-lama lagi, yuk kita simak pembahasannya!

Masalah Kulit Wajah yang Sering Terjadi pada Ibu Hamil

Saat sedang dalam masa kehamilan, perubahan hormon pada tubuh ibu hamil terjadi sangat drastis. Selain dapat menimbulkan kenaikan berat badan, hal ini juga dapat memicu terjadi permasalahan kulit. Sebelum mengetahui perawatan wajah yang aman untuk ibu hamil, ada baiknya kamu mengetahui jenis-jenis masalah kulit yang sering dialami oleh bumil. Berikut adalah penjelasannya:

Jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling sering dikeluhkan oleh ibu hamil. Masalah kulit yang satu ini, dapat terjadi karena adanya perubahan hormon yang bernama androgen. Saat hormon tersebut mengalami perubahan, maka tubuh akan memproduksi kelenjar minyak sebum secara berlebih. Hal inilah yang memicu terjadinya jerawat pada ibu yang sedang hamil.

Bercak Kehitaman

Bercak kehitaman yang muncul pada wajah dikenal juga dengan istilah chloasma. Selain jerawat, bercak kehitaman juga menjadi salah satu permasalahan yang sering dialami oleh ibu hamil. Walaupun penyebab utamanya belum ketahui, namun para pakar sepakat bahwa bercak kehitaman pada wajah disebabkan juga oleh perubahan hormon.

Beberapa hormon yang berkaitan dengan permasalahan tersebut adalah hormon progesteron, estrogen, dan MSH. Selain perubahan hormon-hormon tersebut, paparan sinar matahari juga menjadi penyebab lain mengapa permasalahan ini dapat terjadi.

Baca juga:

Perawatan Wajah yang Aman dan diperbolehkan untuk Ibu HamilPerawatan Wajah yang Aman dan diperbolehkan untuk Ibu HamilPerawatan Wajah yang Aman dan diperbolehkan untuk Ibu HamilPerawatan Wajah yang Aman dan diperbolehkan untuk Ibu HamilPerawatan Wajah yang Aman dan diperbolehkan untuk Ibu Hamil

Apakah Ibu Hamil Boleh Melakukan Perawatan Wajah?

Bagi seorang wanita, permasalahan pada kulit wajah adalah sebuah hal yang cukup serius. Namun, khusus untuk wanita yang sedang mengandung, ada beberapa aturan yang wajib ditaati untuk melakukan perawatan. Selain memilih perawatan wajah yang aman untuk ibu hamil, kamu juga harus lebih selektif dalam menggunakan produk perawatan wajah.

Mengapa harus lebih berhati-hati? Sebab, perawatan wajah yang dilakukan dengan tidak benar, dapat membahayakan kondisi janin yang sedang dalam kandungan. Untuk itu, para ibu hamil disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu jika ingin melakukan perawatan wajah.

Perawatan Wajah yang Perlu Dihindari oleh Ibu Hamil

Agar tidak mengganggu ibu dan janin, ada beberapa tips perawatan wajah yang perlu kalian ketahui. Misalnya seperti:

  • Hindari perawatan wajah yang dilakukan dengan teknik pengelupasan, terapi cahaya, dermabrasi, dan arus listrik. Selain itu, perawatan untuk mengecilkan pori-pori dan perawatan dengan uap juga lebih baik untuk dihindari.
  • Hindari perawatan yang menggunakan bahan kimia. Pasalnya, bahan kimia yang dioleskan ke kulit dapat diserap oleh tubuh dan masuk ke dalam aliran darah. Jika dilakukan, maka hal ini dapat mengganggu kesehatan janin yang ada di dalam kandungan.
  • Hindari Perawatan yang dapat meningkatkan suhu tubuh. Perawatan wajah yang aman untuk ibu hamil, tentu banyak ragamnya. Namun, untuk perawatan yang dapat meningkatkan suhu tubuh, lebih baik untuk dihindari.
  • Pastikan ruangan steril dari bahan-bahan kimia yang keras. Sebab jika ibu hamil terpapar oleh bahan kimia berbahaya, maka akan berisiko terhadap kesehatan janin.
  • Hindari perawatan dengan menggunakan obat. Sebab, hal ini dapat meningkatkan risiko terhadap kecacatan bayi saat lahir. Contoh obat yang berbahaya bagi janin adalah obat yang mengandung retinoid, salicylic acid, dan benzoil peroxide.

Beberapa tips di atas sangat penting untuk kamu perhatikan. Jika perlu sebelum melakukan perawatan, ada baiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk menjaga kesehatan tubuh dan janin yang ada di dalam kandungan.

Rekomendasi Perawatan Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil

Saat sedang mengandung, perawatan wajah sebenarnya sangat boleh untuk dilakukan. Namun dengan catatan, tindakan prosedurnya harus dilakukan oleh orang yang profesional. Untuk itu, kamu lebih dianjurkan untuk perawatan di tempat-tempat yang kredibel dan terpercaya.

Lalu apa saja sih perawatan wajah yang aman untuk ibu hamil? Nah, berikut adalah beberapa rekomendasinya:

Baca juga:

Facial

Facial adalah sebuah perawatan yang dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu pembersihan, pemijatan, eksfoliasi, ekstraksi, dan pemasangan masker. Perawatan ini termasuk prosedur kecantikan yang cukup aman bagi kulit. Namun untuk melakukannya, kalian perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter terkait. Pasalnya, facial memiliki jenis-jenis sesuai dengan fungsi dan tujuannya.

Oxy Infusion

Rekomendasi perawatan wajah yang berikutnya adalah Oxy Infusion. Perawatan ini dilakukan dengan serum khusus, dan alat oksigen bertekanan tinggi. Perawatan ini bermanfaat untuk mencerahkan serta membuat wajah terlihat menjadi glowing. Jadi bagi kamu yang mengalami kulit kusam pada saat masa kehamilan, perawatan ini sangat cocok untuk kamu lakukan.

Skincare untuk Ibu Hamil

Perawatan wajah yang aman untuk ibu hamil berikutnya adalah dengan menggunakan skincare. Namun untuk melakukannya, kalian harus benar-benar selektif dalam memilih produk. Pilihlah produk-produk yang aman bagi kesehatan ibu hamil dan aman bagi si janin.

Salah satu rekomendasi skincare terbaik untuk ibu hamil dapat kalian temukan di Beautylogica Skincare. Menurut dokter estetika kami, produk tersebut aman untuk semua jenis kulit dan juga ibu hamil. Penggunaannya juga aman dilakukan minimal pada trimester 3 masa kandungan.

Agar lebih meyakinkan, kalian bisa juga melakukan konsultasi terhadap dokter kandungan sebelum menggunakan produk ini. Bagi kalian yang ingin berkonsultasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.