3 Cara Efektif untuk Atasi Masalah Rambut Menipis

Rambut Menipis – Rambut adalah bagian tubuh yang sangat berharga. Mahkota kepala tersebut sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Karena memang rambut merupakan suatu hal yang membuat orang terlihat menarik.

Namun, menipisnya rambut adalah permasalahan yang sering dihadapi, baik bagi pria maupun wanita. Hal ini biasanya terjadi seiring bertambahnya usia ataupun karena kurang perawatan. Jika dibiarkan, maka permasalahan rambut dapat menimbulkan banyak dampak buruk.

Karena hal tersebut akan banyak berdampak pada si penderita, sebut saja seperti rasa percaya diri yang menurun, indikasi berbagai penyakit, dll. Pada artikel ini kami akan membahas tentang masalah rambut menipis, terutama soal penyebab dan bagaimana menanganinya. Maka dari itu, yuk simak sampai habis artikel ini.

Apa Penyebab Rambut Menipis?

Sebenarnya ada banyak sekali faktor yang dapat membuat rambut menipis. Namun dalam kesempatan kali ini, kami hanya akan membahas faktor yang dianggap paling berpengaruh besar terhadap rontoknya rambut. Berikut adalah beberapa faktor tersebut:

  1. Paparan Sinar Matahari

Terlalu sering terkena sinar matahari secara langsung juga tidak baik untuk kesehatan rambut. Sinar matahari mengandung ultraviolet yang berdampak buruk bagi rambut, salah satunya adalah menipiskan rambut.

Rambut yang terkena Sinar UV secara terus-menerus dapat mengakibatkan lapisan kutikula yang ada pada setiap rambut mengalami pelemahan. Jika terus dibiarkan, nantinya akan membuat rambut menjadi rontok. 

Untuk menghindari permasalahan ini, disarankan bagi kamu agar menggunakan pelindung kepala atau apapun saat berada di luar ruangan. Hal ini menjadi sebuah langkah pencegahan yang simpel, dan mudah untuk dilakukan.

Baca juga:

Rambut Menipis Bikin Gak Pede, Simak 3 Tips Dokter Berikut ini

  1. Produk Perawatan Rambut

Menggunakan produk perawatan rambut sangat dianjurkan untuk menumbuhkan rambut yang mulai menipis. Produk yang tepat dapat mendukung untuk tumbuh kembangnya rambut contohnya seperti kondisioner, penyemprot rambut dan produk-produk lainnya.

Namun, produk-produk tersebut juga dapat meningkatkan kerontokan jika tidak dipilih dengan hati-hati. Berikut adalah sedikit tips untuk memilih produk perawatan rambut yang baik:

  • Pilihlah shampoo yang tidak memiliki kandungan sulfat atau alkohol. Hal ini bertujuan untuk menhindari kondisi rambut menjadi kering dan rusak
  • Pilihlah kondisioner yang tidak memiliki kandungan silikon. Hal ini bertujuan untuk menghindari kondisi rambut menjadi berat.
  • Pilihlah produk perawatan rambut yang mengandung bahan-bahan alami
  1. Alat Penata Rambut

Gunakanlah alat penata rambut secukupnya, bahkan kalau bisa dihindari sebaiknya hindari saja. Penggunaan alat pemanas yang bertujuan untuk membuat rambut lurus atau keriting dapat membuat kerusakan rambut. Pada akhirnya akan terjadi rambut menipis pada kepala. Jika memang terpaksa harus menggunakan, gunakanlah sewajar dan secukupnya.

  1. Menguncir Rambut

Penyebab berikutnya adalah kebiasaan menguncir rambut. Sebisa mungkin janganlah menguncir rambut dengan kencang. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari folikel rambut menjadi rusak permanen. Apabila bagian folikel sudah rusak permanen, bukan tidak mungkin rambut yang kamu miliki akan sulit tumbuh lagi.

  1. Mengeringkan Rambut

Setelah mandi, sebaiknya kamu berhenti untuk mengeringkan rambut dengan handuk secara kasar. Jika mengeringkannya terlalu kasar, bahkan hingga diperas, bukan tidak mungkin rambut akan menjadi rontok.

Kerontokan yang dibiarkan akan membuat rambut menipis dan lambat laut akan menjadi kebotakan. Sebaiknya tepuk-tepuk dengan menggunakan handuk saja dan lakukan dengan perlahan. Hindari juga terlalu sering menggunakan alat pengering rambut. Jika terlalu sering digunakan, bukan tidak mungkin bahwa rambut akan menipis dan rontok.

Solusi untuk Mengatasi Rambut Menipis

Jika kamu mengalami penipisan rambut, maka kamu harus segera mendapatkan perawatan. Jika tidak, mungkin saja kamu akan mengalami kerontokan yang parah dan mungkin kebotakan. Saat sudah mengalami kebotakan dan tidak ditangani secara benar, maka kemungkinan terhadap kebotakan permanen akan lebih besar.

Menurut dokter kecantikan dari Beautylogica Clinic, ada beberapa treatment yang mampu mengatasi masalah ini dengan efektif. Berikut adalah beberapa rekomendasi perawatan, untuk solusi mengatasi rambut menipis:

  1. Hair PRP

Berikutnya adalah treatment yang disebut Hair PRP. Perawatan ini dilakukan dengan menggunakan Platelet Rich Plasma. PRP tersebut akan diekstraksi dengan darah pasien sendiri, untuk nantinya dimasukkan ke dalam kulit kepala.

Caranya adalah dengan mengoleskannya ke kulit kepala dengan menggunakan alat yang bernama Microneedling. Proses treatment ini tidak membutuhkan waktu yang banyak, biasanya hanya sekitar 60 menit.

Baca juga:

  1. Hair PDT

Perawatan rambut yang berikutnya adalah Hair PDT. Treatment ini dilakukan dengan menggunakan media laser. Manfaat utama dari perawatan ini adalah untuk melancarkan peredaran darah. Jika aliran darah lancer, maka pertumbuhan rambut akan subur dan otomatis kamu akan memiliki rambut yang tebal.

  1. Hair Growth Treatment

Hair Growth Treatment adalah sebuah perawatan rambut, yang dilakukan dengan menggunakan serum khusus. Dalam tindakan prosedurnya, perawatan ini juga menggunakan bantuan alat yang bernama Hair Stamp.

Perawatan ini memiliki cukup banyak manfaat, diantaranya adalah merangsang pertumbuhan rambut, memperkuat akar rambut, dan menebalkan diameter rambut. Dengan beberapa manfaat tersebut, tentu masalah rambut menipis akan teratasi dengan lebih efektif.

Klinik Kecantikan dengan Perawatan Rambut Menipis Terbaik dan Terlengkap

Berbagai macam perawatan yang sudah disebutkan di atas sangat baik untuk kesehatan rambut. Perawatan tersebut juga menjadi opsi yang dapat dilakukan dengan cepat untuk mengatasi rambut menipis.

Namun, dalam memilih klinik untuk menjalani perawatan seperti tersebut tidak boleh sembarangan. Banyak sekali kasus terjadinya mal praktek akibat klinik-klinik yang dipilih belum jelas keabsahannya. Di Beautylogica Clinic, semua akan ditangani oleh dokter-dokter spesialis yang sudah memiliki sertifikat keahlian.

Didukung oleh peralatan yang canggih dan mumpuni, tentu saja akan membuahkan hasil yang memuaskan. Kamu tidak lagi perlu mengkhawatirkan tentang pelayanan yang akan kamu dapat, karena di sini kepuasan pasien adalah hal utama.  

Beautylogica Clinic juga merupakan salah satu klinik terbaik dan terlengkap. Kamu hanya perlu datang dan konsultasikan kepada dokter tentang apa keluhan kamu. Dengan begitu, kamu akan mendapat rekomendasi perawatan yang tepat, sesuai dengan jenis permasalahan rambutmu.

Dimana Saya Bisa Menemukan Beautylogica Clinic?

Beautylogica Clinic dapat kamu temukan di beberapa cabang, seperti Pejaten, Mangga Besar, Antapani, dan Solo. Untuk info lebih lengkap tentang berbagai macam jasa yang disediakan, kamu bisa mengunjungi website kami di www.beautylogicaclinic.com/.

Jika kamu ingin berkomunikasi atau membuat janji untuk pemesanan, jangan ragu untuk menghubungi hotline kami di nomor 0819 0500 0000. Kamu juga dapat melihat sosial media insagram kami di @beautylogica.clinic dan akun lainnya menyesuaikan dengan domisili cabang masing-masing. Solusi rambut menipis? Beautylogica aja!

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.