Pergi ke Dokter Gigi, Seberapa Penting Sih?

Mungkin semua orang setuju kalau menjaga kesehatan mulut dan gigi merupakan hal yang tidak kalah penting. Hal itu yang menyebabkan semua orang selalu berusaha menyikat gigi dua kali sehari guna menjaga kesehatan gigi. Namun apakah dengan sikat gigi sudah cukup menjaga kesehatan mulut dan gigi, apakah penting pergi ke dokter gigi? Hal apa yang mengharuskan kita untuk pergi dan melakukan pemeriksaan ke dokter gigi?

Sebenarnya, kesehatan mulut dan gigi dapat mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sehingga ketika kesehatan mulut dan gigi terganggu maka bisa berdampak pula pada terganggunya kualitas hidup kamu. Selain itu kesehatan gigi dan mulut juga akan membuat kita merasa lebih percaya diri saat bersosialisasi. Lalu apakah cukup dengan hanya menyikat gigi teratur dua kali sehari tanpa harus pergi ke dokter gigi?

Jika kamu merasa pemeriksaan rutin ke dokter gigi tidak memberikan manfaat, kamu salah besar. Karena ketika kamu melakukan pemeriksaan ke dokter gigi kamu bisa mendeteksi secara diri permasalahan gigi yang tidak kamu sadari. Tidak hanya sekedar mendeteksi, kamu juga bisa langsung melakukan pengobatan berbagai gangguan yang umum menyerang area mulut dan gigi. Padahal semakin dini masalah mulut dan gigi kamu terdeteksi, maka tindakan yang akan dilakukan dokter juga tidak akan rumit otomatis biaya yang kamu keluarkan untuk biaya perawatan juga akan semakin murah, risiko sakit yang akan kamu rasakan juga akan semakin kecil.

Untuk pemeriksaan ke dokter gigi, sebaiknya kamu melakukan pengecekkan rutin setiap enam bulan sekali. Frekuensi untuk kunjungan enam bulan sekali tersebut biasanya berbeda untuk setiap orang. Untuk beberapa orang yang memiliki gangguan metabolisme atau penyakit sistemik dan berisiko mengalami penyakit gigi dan mulut kamu akan dianjurkan untuk periksa gigi setiap tiga bulan sekali. Sama halnya orang dewasa usia anak-anak hingga remaja juga disarankan untuk rutin cek gigi setiap enam bulan sekali. Selain untuk kontrol berjangka, kunjungan ke dokter gigi secara rutin juga dapat mengenalkan anak terhadap dokter gigi dan klinik gigi agar nantinya tidak takut jika sewaktu-waktu butuh prosedur dental.

Sebagai catatan penting, mengunjungi dokter gigi ini tidak ada batasan usia maksimal, yang artinya rang tua lanjut usia pun tetap butuh pemeriksaan gigi secara rutin. Karena ketika menginjak usia senja rongga mulut dan gigi juga rentan terkena penyakit. Itu sebabnya pemeriksaan gigi sangatlah penting untuk mengetahui masalah apa saja yang dialami dan bagaimana menanganinya dengan tepat. Dan biasanya apabila gangguan pada gigi sudah banyak, dokter tidak hanya menyarankan tindakan, tetapi juga memberikan obat-obatan yang memengaruhi kondisi gigi dan mulut.

Pada saat kamu melakukan pemeriksaan gigi secara rutin, biasanya dokter akan mengecek kondisi gigi kamu. Apakah ada masalah pada gigi, atau ada kemungkinan akan timbulnya penyakit. Jika memang diperlukan tindakan maka dokter akan melakukan prosedur yang seharusnya, sedangkan jika tidak ada penyakit apapun biasanya dokter gigi akan membersihkan karang gigi dan plak yang menempel di gigi kamu.

Tidak hanya itu, dokter gigi juga akan mengecek seberapa baik kamu merawat mulut dan gigi kamu, menanyakan kebiasaan harian anda baik pola makan, kebiasaan merokok, ataupu parafungsi (kebiasaan suka menggigit pensil, kuku, menggeretakkan rahang) yang bisa berdampak buruk untuk gigi kamu. Jadi kalau ditemukan kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan gigi kamu, maka dokter akan memberikan saran bagaimana merawat gigi dengan baik dan benar untuk sehari-hari.

Ada baiknya kamu memilih dokter yang nyaman untuk dapat kamu ajak berkonsultasi dan mengedukasi kamu dengan baik mengenai masalah kesehatan gigi dan mulut kamu. Sehingga tidak hanya sekedar cek secara rutin kamu juga bisa berkonsultasi dengan bebas mengenai masalah gigi kamu. Di Beautylogica Clinic kami menyediakan dokter gigi yang berpengalaman dan bersertifikat, sehingga kamu bisa berkonsultasi apapun mengenai kondisi mulut dan gigi kamu. Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa langsung kunjungi website Beautylogica Clinic di www.beautylogicaclinic.com dan instagram @beautylogica.clinic. Atau kamu dapat hubungi hotline Beautylogica Clinic di nomor 0819-0500-0000.

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *