Perbedaan Syringoma dan Milia, Penyebab Hingga Cara Pengobatannya

perbedaan syringoma dan milia

Perbedaan Syringoma dan Milia – Apakah kalian pernah mendengar istilah Syringoma dan Milia? Ataukah kalian sedang mengalami jenis permasalaha kulit ini? Jika iya, sebaiknya kamu jangan panik, dan simak pembahasan lengkapnya pada artikel berikut ini.

Kedua permasalahan kulit tersebut memang sangat mengganggu. Walaupun tidak berbahaya, namun kemunculannya memang sangat merusak penampilan. Pasalnya, syringoma dan milia sering muncul pada area-area yang strategis di wajah.

Beberapa dari kalian mungkin sedang mencari tentang bagaimana cara mengatasi syringoma dan milia. Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Namun sebelum masuk pada pembahasan tersebut, ketahui terlebih dahulu yuk tentang apa itu syringoma dan milia.

Apa itu Syringoma dan Milia?

Sebelum memasuki pembahasan tentang perbedaan syringoma dan milia, kami akan menjelaskan tentang pengertian dari kedua permasalahan kulit tersebut. Hal ini penting untuk mendapatkan informasi secara lengkap. Selain itu, kamu juga dapat mempersiapkan langkah-langkah penanganan yang bisa kamu lakukan.

Syringoma adalah sebuah gangguan pada permukaan kulit yang berupa benjolan kecil padat. Biasanya, syringoma muncul pada area seperti mata, leher, kaki, tangan, dada, perut, bahkan di sekitar alat kelamin, Syringoma juga memiliki ciri warna yang hampir mirip dengan warna kulit. Namun dalam beberapa kasus, syringoma juga dapat muncul dengan warna kecokelatan, kuning, putih, atau kemerahan. Syringoma juga sering muncul pada area kelopak mata, untuk itu kamu harus mengetahui juga cara menghilangkan syringoma di kelopak mata.

Berbeda dengan syringoma, milia adalah benjilan kecil yang berwarna putih, dan sering muncul pada area wajah. Beberapa area yang biasanya sering muncul milia adalah bawah mata, hidung, dan pipi. Jika pada syringoma benjolan cenderung lebih mirip dengan warna kulit, maka pada milia benjolan lebih dominan dengan warna putih. Untuk mengetahui lebih jelas tentang keduanya, berikut adalah penjelasan tentang perbedaan kedua hal tersebut.

Apa Perbedaan Syringoma dan Milia?

perbedaan syringoma dan miliaWalaupun tidak berbahaya, syringoma termasuk pada jenis tumor jinak. Jenis permasalahan kulit ini biasanya disebabkan oleh kelenjar keringat yang terlalu aktif. Dengan kondisi ini, permukaan kulit akan muncul benjolan-benjolan kecil yang bertekstur padat. Jika kamu mengalami permasalahan kulit ini, sebaiknya segera mencari tahu tentang cara menghilangkan syringoma yang tepat.

Syringoma sendiri dapat dipicu karena faktor keturunan dan perubahan hormon. Oleh sebab itu, syringoma lebih sering muncul pada orang di usia remaja, dan wanita yang sedang mengalami menstruasi. Selain itu, kemunculan syringoma juga lebih berisiko tinggi pada wanita yang sedang hamil. Biasanya, syringoma pada wanita hamil akan muncul pada area kewanitaan.

Jika syringoma disebabkan oleh kelenjar keringat yang terlalu aktif, beda halnya dengan milia. Milia sendiri terjadi akibat protein keratin yang terperangkap pada permukaan kulit. Walaupun tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya, namun dalam beberapa kasus, milia juga butuh penanganan yang serius. Itulah sebabnya kamu harus mengetahui dengan jelas perbedaan syringoma dan milia.

Gangguan kulit seperti milia ini dapat terjadi pada siapa saja. Namun pada umumnya, milia lebih sering muncul pada seorang bayi. Hingga saat ini, belum bisa dipastikan mengapa bayi lebih rentan mengalami milia daripada orang dewasa. Namun munculnya milia pada orang dewasa, lebih sering dikaitkan dengan kerusakan yang terjadi pada permukaan kulit.

Bagaimana Cara Mengobati Syringoma dan Milia?

Dengan perbedaan penyebab serta karakteristik syringoma dan milia, tentu pengobatannya pun berbeda. Untuk penanganan yang tepat, kamu bisa melakukan konsultasi gratis dokter kecantikan di Beautylogica Clinic. Pembahasan tentang pengobatan syringoma dan milia akan kami ulas dengan terpisah pada bagian bawah ini:

Pengobatan untuk Mengatasi Syringoma

Syringoma sebenarnya dapat diatasi dengan pemberian obat-obatan. Namun untuk mendapatkan obat yang tepat, kamu harus melakukan cek dan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini sangat penting agar penanganan syringoma bisa berjalan dengan lancar.

Dengan perbedaan syringoma dan milia yang ada, kamu juga perlu berkonsultasi dengan dokter agar penanganannya bisa tepat. Permasalahan syringoma sendiri juga dapat diatasi dengan beberapa treatment di klinik kecantikan, seperti:

  • Dermabrasi

Dengan perawatan dermabrasi, syringoma yang ada pada permukaan kulit akan dikikis dengan cara digosokkan dengan alat khusus. Upaya menggosok ini nantinya akan membuat syringoma terlepas dari permukaan kulit. Ketika sudah terlepas, syringoma akan dibuang dan wajahmu pun akan kembali mulus seperti sedia kala. Di Beautylogica Clinic, perawatan ini dikenal dengan nama Microdiamond Dermabrations.

  • Bedah Listrik

Upaya menghilagkan syringoma juga dapat diatasi dengan prosedur bedah listrik. Tindakan bedah listrik dilakukan dengan alat yang mirip dengan jarum. Alat ini nantinya akan mengeluarkan energi panas dari listrik dan diterapkan pada syringoma yang ada. Tujuannya adalah untuk membakar dan memotong syringoma yang ada pada permukaan kulit. Di Beautylogica Clinic, jenis perawatan ini dikenal dengan nama Electrocauter.

Pengobatan untuk Mengatasi Milia

perbedaan syringoma dan milia dan treatment mengatasinyaSetelah mengetahui perbedaan syringoma dan milia, serta pengobatan yang tepat untuk syringoma, selanjutnya kamu juga harus mengetahui cara pengobatan untu milia. Seperti yang sudah disinggung di atas, milia memang lebih sering muncul pada bayi. Jika ini terjadi pada bayi kamu, sebaiknya tidak usah melakukan langkah-langkah pengobatan. Sebab, milia pada bayi akan lebih mudah hilang dengan sendirinya walaupun tanpa penanganan medis.

Berbeda halnya dengan milia yang terjadi pada remaja ataupun dewasa. Jika hal ini terjadi pada kamu, tentu akan berdampak buruk pada penampilan. Bahkan dalam beberapa kasus, milia dapat muncul dan tumbuh permanen. Hal ini tentu menandakan bahwa milia harus ditangani dengan lebih serius. Beberapa jenis perawatan yang dapat digunakan untuk mengatasi milia adalah sebagai berikut:

  • Chemical Peeling

Jenis perawatan yang pertama untuk mengatasi milia adalah dengan melakukan perawatan chemical peeling. Perawatan ini bertujuan untuk mengikis lapisan kulit terluar dengan cairan peeling khusus. Chemical peeling sendiri adalah sebuah cairan untuk perawatan kulit yang terbuat dari bahan kimia. Jadi penggunaannya harus ekstra hati-hati agar tidak merusak kulit. Di Beautylogica Clinic sendiri, jenis perawatan ini dikenal dengan nama Derma Peeling.

  • Dermabrasi

Sama seperti syringoma, milia juga dapat diatasi dengan melakukan perawatan dermabrasi. Sebenarnya upaya yang dilakukan hampir mirip dengan perawatan peeling, yaitu pengikisan lapisan terluar kulit. Namun perbedaannya, ada pada tindakan prosedur dan alat yang digunakan. Jenis perawatan dermabrations di Beautylogica Clinic, dibantu dengan alat yang bernama Microdiamond.

Setelah mengetahui tentang pengertian, perbedaan, serta cara pengobatan dari syringoma dan milia, kamu tetap harus berhati-hati dalam melakukan perawatan. Dengan berkonsultasi serta bertanya tentang perbedaan syringoma dan milia dengan dokter spesialis, kamu bisa mendapatkan treatment yang tepat untuk mengatasi permasalahan kulit tersebut.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *