Perbedaan Kantung Mata dan Mata Panda

Perbedaan Kantung Mata dan Mata Panda – Wajah adalah salah satu area yang kesehatan dan penampilannya harus selalu dijaga. Sebab, wajah memiliki banyak fitur yang menentukan daya tarik seseorang. Misalnya seperti mata, hidung, bibir, kulit, dll.

Memiliki wajah cantik dan menarik, merupakan sebuah hal yang didambakan oleh setiap orang. Pasalnya, hal ini dapat membuat seseorang menjadi lebih percaya diri. Dengan begitu, setiap aktivitas yang dilakukan sehari-hati, tentu akan berjalan dengan lebih lancar.

Namun dalam perjalanannya, menjaga kesehatan dan penampilan kulit wajah sangatlah sulit untuk dilakukan. Hal ini disebabkan karena wajah memiliki banyak risiko, khususnya terkait dengan permasalahan pada kulit dan lemak.

Kantung mata dan mata panda menjadi salah satu contoh masalah yang paling sering dikeluhkan. Kedua permasalahan ini dapat dialami oleh siapa saja. Namun karena sering keliru, penanganan antara keduanya menjadi sering tidak tepat. Hal inilah yang membuat kondisi wajah tak kunjung membaik, dan bahkan menjadi lebih parah.

Perbedaan Kantung Mata dan Mata Panda

Kantung mata dan mata panda sebenarnya adalah dua hal yang sangat berbeda. Namun karena letak permasalahannya ada di area yang sama, kebanyakan orang menjadi keliru dan salah dalam cara untuk mengatasinya.

Agar lebih memahami kedua jenis permasalahan tersebut, mari kita simak pembahasan lebih lengkapnya di bawah ini:

Baca juga:

Kantung Mata

Apa bedanya kantung mata dan mata panda

Kantung mata adalah sebuah kondisi ketika area bawah mata terlalu banyak menyimpan cairan atau lemak. Saat hal tersebut terjadi, area bawah mata akan menjadi lebih kendur dan ukurannya menjadi lebih besar.

Permasalahan kantung mata tidaklah bisa dianggap remeh. Sebab selain dapat merusak penampilan, kantung mata juga dapat membuat jaringan mata semakin melemah. Hal inilah yang membuat kesan wajah menjadi lebih tua, dan meninggalkan kesan selalu lelah.

Kantung mata memiliki ciri yang sangat mudah untuk dikenali. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa ciri yang dapat kamu kenali seputar kantung mata:

  • Kulit di area bawah mata menjadi kendur
  • Terlihat seperti bengkak
  • Elastisitas kulit di area bawah mata menjadi berkurang

Kantung mata cenderung tidak memberikan dampak pada perubahan warna kulit. Artinya, kantung mata memiliki warna yang senada dengan kulit di area sekitarnya. Hal inilah yang menjadi salah satu perbedaan kantung mata dan mata panda yang paling mudah untuk dikenali.

Mata Panda

Apa Perbedaan Kantung Mata dan Mata Panda

Mata panda adalah sebuah kondisi menghitam atau menggelapnya kulit di area bawah mata. Permasalahan mata panda, sering juga dikenal dengan istilah dark circle, atau lingkaran hitam di bawah mata.

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya mata panda. Misalnya seperti genetik, warna kulit, kurangnya istirahat, serta proses hiperpigmentasi pada kulit. Permasalahan mata panda juga memiliki beberapa ciri, yaitu:

  • Wajah terlihat kusam
  • Mata terlihat sayu dan kurang segar
  • Adanya perubahan warna di sekitar area mata

Luas area kahitaman pada mata panda, ditentukan juga oleh faktor-faktor penyebab dari permasalahan tersebut. Oleh sebab itu, sebaiknya lakukanlah perawatan secara rutin, agar kondisi wajah tetap segar dan terlihat awet muda.

Baca juga:

Cara Mencegah Kantung Mata dan Mata Panda

Setelah mengetahui perbedaan kantung mata dan mata panda, kamu juga wajib untuk mengetahui cara pencegahannya. Sebab, langkah pencegahan selalu lebih baik dari pengobatan bukan? Nah, dalam upaya pencegahan kantung mata dan mata panda, keduanya memiliki sedikit perbedaan. Agar lebih jelas, mari simak beberapa tips berikut ini:

Cara mengatasi kantung mata dan mata panda

Cara Mencegah Kantung Mata

  • Cukupi waktu istirahat
  • Biasakan tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi
  • Rutin melakukan kompres pada area sekitar mata
  • Hindari kebiasaan merokok
  • Cukupi asupan cairan bagi tubuh
  • Hindari konsumsi makanan asin secara berlebih
  • Gunakan krim mata, bisa berupa skincare atau bahan alami seperti timun

Cara Mencegah Mata Panda

  • Cukupi waktu istirahat
  • Rutin menggunakan tabir surya, dan lakukan secara berkala
  • Pastikan kulit tetap terhidrasi dengan baik
  • Hindari gosokan atau sentuhan kencang pada area sekitar mata
  • Gunakan krim mata setiap pagi dan malam
  • Hindari kebiasaan merokok

Baca juga:

Cara Menghilangkan Kantung Mata dan Mata Panda

Karena adanya perbedaan kantung mata dan mata panda, tentu cara untuk menghilangkannya pun juga berbeda. Oleh sebab itu, kamu tidak bisa melakukan tindakan atau perawatan secara sembarangan. Dalam kondisi yang belum terlalu parah, kedua permasalahan tersebut mungkin dapat dihilangkan dengan lebih cepat. Misalnya seperti menggunakan masker bahan alami, ataupun dengan menggunakan skincare.

Namun, saat kedua permasalahan tersebut ada di kondisi yang parah, maka cara-cara biasa pun tidak akan efektif untuk menghilangkannya. Untuk itu, di sini kami akan merekomendasikan cara yang efektif, khusunya untuk menghilangkan kantung mata dan mata panda. Mau tahu bagaimana caranya? Simak penjelasan di bawah ini!

Cara Menghilangkan Kantung Mata

Untuk menghilangkan kantung mata dengan cepat, maka tindakan yang paling direkomendasikan adalah Lower Blepharoplasty. Tindakan ini termasuk pada tindakan bedah plastik atau kosmetik. Tujuan utama dari operasi ini adalah untuk membuang lemak berlebih pada area bawah mata, dan membuatnya tampak lebih kencang. Dengan adanya perbedaan kantung mata dan mata panda, cara ini tentu saja tidak bisa diterapkan untuk kondisi mata panda.

Prosedur Lower Blepharoplasty hanya boleh dilakukan oleh dokter spesialis bedah plastik. Dalam tindakan prosedurnya, operasi ini dimulai dengan proses pemberian anestesi. Setelah itu, dokter akan membuat insisi pada bagian dalam kelopak mata. Ketika sudah, barulah dokter membuang jaringan berlebih pada area tersebut, seperti cairan, lemak berlebih, dll.

Cara Menghilangkan Mata Panda

Berbeda dengan sebelumnya, untuk menghilangkan mata panda tidaklah harus dilakukan dengan tindakan operasi. Namun dengan perawatan estetik, permasalahan yang satu ini sudah dapat diatasi dengan mudah.

Jenis perawatan untuk menghilangkan mata panda, dikenal dengan nama Puffy Eyes Treatment. Perawatan ini dilakukan dengan menggunakan teknologi Radio Frequency (RF). Dengan teknologi tersebut, warna kehitaman pada mata panda akan tersamarkan dengan lebih cepat. Selain itu, alat RF yang digunakan dalam perawatan ini, juga dapat berfungsi untuk membantu proses peremajaan kulit.

Nah, buat kamu yang ingin menghilangkan kantung mata dan mata panda, sebaiknya pilihlah tempat yang terbaik dan dapat dipercaya. Sebab, prosedur kecantikan tidaklah bisa dilakukan secara sembarangan. Saat dilakukan dengan tidak benar, bukan tidak mungkin prosedur kecantikan akan menjadi bumerang.

Salah satu rekomendasi klinik kecantikan terbaik yang dapat kamu kunjungi adalah Beautylogica Clinic. Di sini kamu akan ditangani oleh dokter-dokter yang profesional, serta peralatan medis yang mumpuni. Untuk konsultasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi layanan hotline kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *