Lakukanlah Perawatan Setelah Operasi Hidung Berikut ini agar Hasilnya Maksimal

Perawatan Setelah Operasi Hidung di Klinik Kecantikan

Perawatan Setelah Operasi HidungPerawatan Setelah Operasi HidungOperasi hidung adalah sebuah perawatan estetik yang tergolong pada tindakan bedah plastik. Biasanya, orang melakukan operasi hidung untuk membuat tampilan hidungnya menjadi lebih mancung. Namun sebenarnya, operasi hidung tidak hanya soal memancungkan hidung, lho. Masih banyak jenis tindakan lain yang terkait dengan pembedahan pada area hidung.

Tindakan bedah plastik ini memiliki prosedur yang begitu rumit. Selain itu, tingkat risikonya juga cukup tinggi apabila dilakukan oleh orang yang kurang profesional. Kegagalan pasca operasi juga disebabkan oleh banyak faktor. Oleh karena itu, penangananya harus diserahkan langsung oleh dokter spesialis yang berkompeten. Operasi hidung sendiri harus ditangani oleh dokter spesialis bedah plastik. Hal ini bertujuan agar setiap prosedur dilakukan dengan aman dan sesuai dengan ketentuan yang ada.

Mengingat risikonya yang begitu besar, bagi para calon pasien haruslah benar-benar teliti apabila ingin melakukan perawatan semacam ini. Salah satu faktor yang membuat hasil tindakan maksimal adalah perawatan setelah operasi hidung yang benar. Pada artikel kali ini, Beautylogica Clinic akan memberikan tips-tips mengenai perawatan pasca operasi. Namun sebelum itu, ketahui dulu jenis-jenis operasi bedah hidung yang ada. Berikut adalah penjelasannya:

Jenis-jenis Operasi Hidung

Operasi atau tindakan bedah pada hidung memiliki banyak jenis. Di Beautylogica Clinic sendiri, ada empat buah jenis operasi hidung yang tersedia. Perbedaan dari jenis operasi tersebut dapat dilihat dari fungsi dan tujuannya. Berikut adalah beberapa jenis operasi hidung yang ada di Beautylogica Clinic:

  1. Contouring Nose Bone

Salah satu hal yang mempengaruhi estetika pada hidung adalah tulang atau punuknya yang terlalu besar atau menonjol. Dengan tulang yang terlalu menonjol, tentu akan membuat penampilan menjadi terlihat tidak harmonis. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka melakukan Contouring Nose Bone adalah solusinya. Contouring Nose Bone adalah sebuah tindakan bedah plastik yang dilakukan untuk mengikis tulang hidung yang dianggap terlalu menonjol. Sukses atau tidaknya perawatan ini, ditentukan oleh banyak faktor, salah satunya adalah perawatan setelah operasi hidung yang benar.

Dalam prosedurnya, perawatan ini dilakukan dengan membuat sayatan di bagian dalam cuping hidung atas. Ketika sudah, proses pengikisan barulah bisa dimulai. Untuk hasil yang lebih maksimal, biasanya dokter juga akan memberikan implan khusus. Hal ini bertujuan untuk membuat tampilan hidung menjadi lebih ideal dan harmonis dengan bentuk wajah. Bedah plastik pada area hidung ini membutuhkan waktu sekitar 1 – 2 jam. Untuk masa penyembuhan perawatan hidung ini, biasanya akan memakan waktu 7 – 14 hari.

  1. Rhinoplasty

Tindakan bedah plastik pada area hidung selanjutnya adalah Rhinoplasty. Jenis operasi ini mungkin adalah yang paling populer diantara jenis operasi hidung lainnya. Rhinoplasty adalah sebuah tindakan bedah plastik yang bertujuan untuk membuat hidung menjadi lebih mancung. Jika tanam benang hidung memberikan hasil yang tahan hingga satu tahun, maka tindakan bedah plastik ini membuahkan hasil yang permanen. Sebelum melakukan tindakan, pastikan kamu juga berkonsultasi dengan dokter agar mengetahui perawatan setelah operasi hidung yang tepat dan aman.

Prosedur dari Rhinoplasty dilakukan dengan cara memberikan anestesi terlebih dahulu pada pasien. Ketika proses pemberian anestesi selesai dilakukan, dokter akan membuat sayatan pada area hidung. Sayatan ini dibuat untuk memasukkan implan agar bentuk hidung bisa terlihat lebih mancung. Rhinoplasty sendiri dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan menggunakan implan buatan, dan tulang rawan pada telinga. Apabila kamu ingin melakukan tindakan bedah plastik ini, pilihlah klinik kecantikan yang memang memiliki kredibilitas tinggi terhadap bedah plastik. Salah satu tempat yang menjadi rekomendasi terfavorit adalah Beautylogica Clinic.

  1. Nose Alar Reduction

Nose Alar Reduction adalah sebuah perawatan hidung yang termasuk pada tindakan bedah plastik. Jenis bedah plastik ini berguna untuk mengecilkan cuping hidung yang dinilai terlalu besar dan lebar. Selain penting untuk mengetahui prosedurnya, kamu juga harus mengetahui tentang perawatan setelah operasi hidung. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya kegagalan hasil dari proses operasi. Prosedur Nose Alar Reduction dilakukan dengan membuat sayatan pada area kanan dan kiri cuping hidung. Sayatan ini berguna untuk membuang jaring berlebih pada area tersebut. Setelah pembuangan jaringan selesai dilakukan, maka sayatan tadi akan dijahit kembali.

Proses rekonstruksi ini haruslah ditangani oleh dokter spesialis bedah plastik. Hal demikian dilakukan agar setiap prosedur jadi aman dan sesuai dengan ketentuan yang ada. Setiap prosedur atau tindakan bedah, pasti memiliki risiko dan efek samping yang mungkin akan muncul, yaitu pembengkakan. Hal ini adalah sebuah reaksi tubuh yang wajar. Kamu tidak perlu khawatir dengan hal tersebut karena efek semacam ini akan mereda dalam 1 – 2 hari. Apabila kamu ingin melakukan jenis bedah plastik ini, sebisa mungkin konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ahli. Selain untuk menjaga keamanan, konsultasi yang jelas juga akan membuat hasil perawatan menjadi berkualitas.

  1. Tip Rhinoplasty

Tip Rhinoplasty adalah tindakan bedah plastik yang berfokus untuk upaya meninggikan ujung hidung. Tindakan bedah plastik ini sangat efektif untuk membuat tampilan ujung hidung agar menjadi lebih tinggi. Dalam prosedurnya, Tip Rhinoplasty dilakukan dengan membuat sayatan pada area cuping hidung bagian dalam. Sayatan tersebut berguna sebagai jalur masuknya implan. Implan yang akan dimasukkan juga bisa digantikan dengan tulang rawan telinga.

Perawatan Setelah Operasi Hidung

Perawatan Setelah Operasi Hidung di Klinik KecantikanBedah plastik pada area hidung adalah tindakan yang memiliki risiko besar. Apabila tidak dilakukan dengan prosedur yang benar, maka kegagalan sudah bisa langsung dipastikan. Selain harus dijalankan sesuai dengan prosedur yang ada, perawatan pasca operasi hidung juga harus diperhatikan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada area operasi dan juga demi keamanan pasien. Berikut adalah beberapa tips pasca perawatan operasi hidung yang biasa dilakukan:

  1. Cukupi Waktu Istirahat

Setelah prosedur operasi hidung dilakukan, tubuh membutuhkan waktu untuk meregenerasi sel-sel tubuh. Oleh karena itu, sebisa mungkin cukupi asupan tidur paling tidak delapan jam sehari. Apabila kamu kekurangan waktu istirahat, maka proses penyembuhan pun akan lebih lama.

  1. Kurangi Aktivitas Fisik yang Berat

Bagi orang yang habis melakukan tindakan bedah plastik, dianjurkan untuk tidak melakukan aktivitas fisik yang berat terlebih dahulu. Apabila tidak dipatuhi, maka jahitan bekas operasi bisa saja terlepas. Ketika jahitan bekas operasi terlepas, maka area tersebut akan sangat rentan mengalami infeksi. Oleh karena itu, usahakan aktivitas yang ringan-ringan saja. Ini adalah salah satu perawatan setelah operasi hidung yang sangat mudah untuk dijalani.

  1. Kontrol dengan Teratur

Sehabis melakukan operasi hidung, sangat penting untuk terus melakukan kontrol dengan dokter secara teratur. Dengan kontrol yang teratur, kamu bisa lebih mengetahui keadaan dan bagaimana proses pemulihan kamu. Konsultasikan dengan dokter apabila kamu merasakan sakit atau rasa yang tidak nyaman pada area tindakan. Kontrol dengan teratur adalah salah satu perawatan setelah operasi hidung yang wajib dijalani bagi para pasien.

 

About dr Risa Crisanti

Bidang Bedah Plastik adalah suatu impiannya sejak tamat SMA. dr Risa Crisanti, SpBP-RE yang akrab disapa dengan dr. Risa memulai dengan memasuki sekolah Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (UNPAD) sebagai dokter umum kemudian melanjutkan sekolah spesialis Bedah Plastik di Universitas Indonesia. Beliau pernah mengikuti konfrensi luka bakar di Vienna, Austria dan training bedah plastik selama 3 bulan di Showa University Japan tahun 2015. Dokter yang memiliki hobi traveling dan kuliner ini juga sangat menyukai art yang selalu dikaitkan dengan bidang bedah plastik, menurutnya mendalami bedah plastik adalah sesuatu yang artistik dan unik yang bertujuan sebagai harmonisasi (penyempurnaan) bentuk anggota tubuh secara fisik menjadi lebih indah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *