Perawatan Setelah Implan Payudara yang Wajib Kalian Ketahui

Perawatan Setelah Implan Payudara

Perawatan Setelah Implan Payudara – Operasi payudara merupakan salah satu upaya mempercantik diri, dengan cara menambah ukuran payudara. Dalam dunia medis, operasi ini dikenal dengan nama Breast Augmentation. Upaya menambah ukuran payudara dengan operasi, dilakukan dengan menanamkan implan buatan ke dalam tubuh.

Prosedur kecantikan ini termasuk ke dalam kategori bedah plastik. Sesuai dengan tujuan utamanya, operasi ini dilakukan untuk meningkatkan penampilan diri, atau dengan kata lain untuk alasan estetika. Prosedur operasi payudara dengan menggunakan implan, hanya boleh dilakukan oleh dokter spesialis bedah plastik.

Bagi kalian yang baru ingin atau telah melakukan operasi payudara, pasti merasa bingung tentang perawatan pasca prosedur. Hal ini wajar, pasalnya, belum banyak referensi yang membahas lebih dalam mengenai hal tersebut. Untuk itu, di sini Beautylogica Clinic akan berbagi informasi dan tips, mengenai apa saja perawatan setelah implan payudara yang harus kalian lakukan. Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak pembahasan berikut ini:

Sekilas Mengenai Operasi Implan Payudara

Dalam operasi memperbesar ukuran payudara, sebenarnya ada dua metode yang dapat dilakukan. Pertama adalah operasi dengan menanamkan implan, dan yang kedua adalah memperbesar payudara dengan metode transfer lemak.

Operasi payudara dengan menggunakan implan memang lebih terkenal dibanding dengan metode transfer lemak. Hal ini disebabkan oleh hasil prosedur yang lebih efektif, dan signifikan. Walaupun begitu, bukan berarti operasi payudara dengan metode transfer lemak tidaklah efektif.’

Kedua jenis metode ini sebenarnya sama-sama efektif. Namun yang perlu kalian ketahui adalah setiap metode pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk kalian yang bingung di mana tempat operasi memperbesar payudara, biasanya tindakan ini dapat ditemukan di klinik kecantikan, ataupun rumah sakit tertentu.

Implan yang digunakan dalam operasi payudara, memiliki jenis dan bentuk yang berbeda-beda. Untuk itu, kalian perlu mengetahui perawatan setelah implan payudara agar kondisinya tetap prima. Jenis implan yang paling sering digunakan saat operasi payudara adalah implan saline dan silicon.

Baca juga: 

Operasi Implan Payudara Terbaik di Jakarta

Biaya Implan Payudara di Klinik Kecantikan Beautylogica serta Penjelasan Lengkapnya

Jenis-jenis Implan untuk Operasi Payudara

Perawatan Setelah Implan Payudara yang Wajib Kalian Ketahui

Bagi orang yang ingin melakukan operasi payudara, biasanya akan disuguhkan pilihan jenis implan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jenis implan yang biasa digunakan dalam operasi terbagi menjadi dua, yaitu saline dan silicon. Namun, apa sih perbedaan antara kedua jenis implan tersebut?

Pada umumnya, perbedaan implan payudara saline dan silicon terletak pada bahan dasar pembuatannya. Pada implan saline, bahan dasar pembuatannya adalah dari cairan garam steril. Lalu untuk implan silicon, bahan dasarnya adalah gel silikon yang menyerupai lemak manusia.

Walaupun berbeda dari segi bahan dasar pembuatannya, namun kedua jenis implan ini memakai cangkang implan yang sama, yaitu cangkang silikon. Jadi untuk perawatan setelah implan payudara, sebenarnya tidak hal khusus yang membedakan antara kedua jenis implan tersebut.

Sebagai informasi tambahan, penggunaan implan payudara juga memiliki batas usia minimal untuk bisa digunakan. Untuk implan saline, penggunaannya sudah dapat dilakukan bagi orang yang telah berusia minimal 18 tahun. Lalu untuk implan silicon, usia minimalnya ialah 22 tahun.

Perawatan Setelah Implan Payudara yang Wajib Kalian Ketahui

Setelah mengetahui sekilas tentang operasi payudara dan jenis-jenis implan, kini saatnya masuk ke pembahasan tentang perawatan pasca prosedur operasi. Hal ini juga tidak kalah penting untuk kalian ketahui. Pasalnya, hal ini berguna untuk menjaga implan tetap terawat, dan terhindar dari risiko pecah.

Selain untuk menjaga agar implan terhindar dari risiko pecah, perawatan pasca prosedur juga berguna untuk menjaga kesehatan dan stamina tubuh. Nah, berikut ini telah kami rangkum beberapa tips dan informasi, tentang apa saja perawatan setelah implan payudara yang wajib kalian lakukan. Berikut adalah penjelasannya:

Baca juga: 

Tips Memilih Implan Payudara yang Aman, Simak Kata Dokter Berikut ini!

Ukuran Payudara Ideal Menurut Dokter & Cara Mendapatkannya

1. Istirahat yang Cukup

Mencukupi waktu istirahat pasca prosedur operasi adalah hal yang sangat penting. Dalam hal ini, pasien lebih disarankan untuk mencukupi waktu tidurnya. Sebab, tidur akan memaksimalkan proses pemulihan, serta menjaga sistem kekebalan tubuh.

2. Konsumsi Makanan yang Dianjurkan

Setelah melakukan operasi payudara, ada beberapa bahan makanan yang disarankan untuk mempercepat proses pemulihan. Contohnya seperti kacang mete, kacang pinus, dan kacang almond. Jenis kacang-kacang tersebut sangat baik untuk proses penyembuhan jaringan kulit.

Beberapa bahan makanan lain yang disarankan adalah buah apel, pisang, ayam, ikan, dan telur. Sebab, bahan makanan tersebut dapat berguna untuk meregenerasi jaringan, serta baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.  Memerhatikan bahan makanan juga menjadi salah satu perawatan setelah implan payudara yang harus kalian perhatikan.

3. Atur Porsi Makan

Setelah operasi payudara, para pasien sebaiknya lebih mengatur porsi makannya. Sebab, porsi makan yang besar, membutuhkan energi yang lebih besar pula untuk mencerna makanan. Untuk itu, lebih disarankan untuk makan dengan porsi yang lebih sedikit, agar tubuh dapat pulih dengan optimal.

Bagi kalian yang terbiasa makan dengan porsi besar, jangan khawatir. Sebab dalam proses pemulihan, lebih dianjurkan makan dengan porsi sedikit tapi sering, dibandingkan dengan makan langsung dengan porsi yang banyak.

4. Hindari Aktivitas Berat

Mengurangi dan menghindari aktivitas berat pasca operasi adalah hal yang wajib. Sebab, tubuh membutuhkan waktu untuk masa pemulihan. Menghindari aktivitas berat juga berguna untuk menjaga daya tahan implan. Hal ini sangat baik untuk menghindarkan implan dari risiko kerusakan.

5. Hindari Tidur Miring atau Tengkurap

Setelah melakukan operasi implan, sebaiknya hindari tidur miring ataupun tengkurap. Untuk posisinya sendiri, pasien lebih disarankan untuk tidur dalam posisi telentang. Sebab, hal ini dapat meningkatkan sirkulasi darah, serta menjaga posisi alami dari payudara. Perawatan setelah implan payudara ini juga berguna untuk menghindari pergeseran implan pasca operasi.

6. Hindari Alkohol dan Kafein

Pasca operasi payudara, sebaiknya hindari minuman beralkohol dan kafein. Selain itu, batasi juga minuman yang manis-manis atau yang banyak mengandung gula. Imbangi juga dengan gerakan-gerakan ringan seperti berjalan kaki, agar sirkulasi tetap terjaga. Hal ini bertujuan untuk menjaga tubuh agar terhindar dari kaku otot, pegal di bagian punggung, serta pembekuan darah.

7. Cukupi Asupan Cairan untuk Tubuh

Agar proses pemulihan berjalan dengan cepat, tubuh membutuhkan asupan cairan yang cukup. Oleh sebab itu, sebaiknya perbanyak minum air putih setelah proses operasi selesai dilakukan.

Bagi kalian yang ingin berkonsultasi lebih lengkap seputar perawatan setelah implan payudara, kalian juga bisa menanyakan hal tersebut pada dokter spesialis bedah plastik. Untuk informasi lebih lengkap, silahkan konsultasikan hal tersebut dengan Beautylogica Clinic di nomor 0819 0500 0000.

 

About Ridwan

One thought on “Perawatan Setelah Implan Payudara yang Wajib Kalian Ketahui”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *