Perawatan Bekas Luka Keloid Terbukti Ampuh di Klinik Kecantikan

Perawatan Bekas Luka Keloid

Perawatan Bekas Luka KeloidKetika kulit mulus kita mengalami luka, tentu kita akan merasa sangat risih. Selain itu, luka pada kulit juga membuat penampilan kita menjadi kurang enak menarik. Bayangkan saja, ketika kita sedang berada di tempat umum, lalu ada orang yang melihat luka pada kulit kita. Hal ini tentu akan membuat kita merasa minder, bukan? Selain itu, kita juga akan menjadi kurang percaya diri dalam beraktivitas. Oleh karena itu, sebisa mungkin cari cara untuk mengobati bekas luka yang pernah Anda alami.

Bagi Anda yang mengalami bekas luka, segeralah ditangani dengan cara yang tepat. Bekas luka yang sering sekali muncul pada kulit adalah keloid. Jenis bekas luka ini sangat menyebalkan karena keberadaannya membuat permukaan kulit menjadi tidak rata. Selain itu, warna yang ditimbulkan pun sangat kontras dengan warna kulit asli yang kita miliki.

Salah satu opsi untuk mengatasi permasalahan kulit tersebut adalah dengan datang ke klinik kecantikan. Di sana, Anda akan dihadapkan oleh berbagai macam jenis perawatan tentunya. Oleh karena itu, konsultasikan dengan jelas pada dokter yang terkait untuk masalah yang Anda alami. Klinik kecantikan yang memiliki perawatan bekas luka keloid dapat Anda temukan di Beautylogica Clinic. Berikut akan kami beri penjelasan juga secara lebih lanjut mengenai keloid ini. Jadi, simak sampai habis artikel ini, yaa…

Apa itu Luka Keloid?

Keloid adalah jaringan kolagen yang terbentuk secara berlebihan dan mengeras pada area bekas luka. Sebenarnya, jaringan kolagen ini berfungsi untuk memperbaiki dan melindungi jaringan yang tadinya mengalami luka. Namun dalam beberapa kasus, jaringan ini tidak bisa terkontrol pertumbuhannya. Sehingga menumbuhkan tekstur jaringan baru yang warnanya berbeda dan juga lebih keras.

Perawatan Bekas Luka Keloid Terbukti Ampuh di Klinik Kecantikan

Apa Penyebab Keloid?

Keloid biasanya bisa tumbuh lebih besar dari luka asli. Kondisi ini lebih umum terjadi pada beberapa area tubuh, contohnya di dada, bahu, telinga, dan pipi. Tapi, jenis luka ini tidak menutup kemungkinan untuk muncul di bagian tubuh lainnya. Meskipun tidak berbahaya, keloid dapat mengganggu penampilan dan rasa percaya diri bagi pemiliknya. Itu sebabnya banyak orang yang ingin menghilangkan keloid.

Sampai saat ini, penyebabnya dari keloid tidak dapat dipastikan secara jelas. Beberapa studi menyatakan keloid terjadi karena gangguan pertubuhan faktor dan sitokin dalam kulit. Namun, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi risiko kejadian keloid. Namun apabila Anda sudah mengalami jenis masalah kulit ini, sebaiknya segera lakukan perawatan bekas luka keloid. Berikut adalah beberapa kondisi yang dianggap dapat menaikan risiko orang dapat mengalami keloid:

  1. Warna kulit lebih gelap

Keloid lebih mungkin terjadi pada orang yang memiliki kulit lebih gelap daripada orang kulit putih. Hal ini tentu berkaitan dengan jenis pigmen yang dimiliki oleh kedua jenis kulit tersebut.

  1. Luka pada kulit

Beberapa jenis cedera dan kondisi kulit juga dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan keloid. Salah satu bekas luka yang dapat menimbulkan keloid antara lain, seperti bekas jerawat, bekas luka cacar air, luka bakar, luka tusukan, gigitan serangga, luka jarum suntik, luka sayatan bedah, bekas luka tindikan, dan tato.

  1. Efek ras

Orang yang memiliki risiko lebih besar terhadap munculnya keloid pada kulit adalah Asia dan Latin. Hal ini berkaitan pula dengan jenis kulit yang dimiliki oleh ras tersebut yang cenderung lebih gelap. Oleh karena itu, perawatan bekas luka keloid sangat banyak dicari oleh orang-orang yang berasal dari ras Asia dan Latin.

  1. Pengaruh keturunan

Keloid cenderung memiliki komponen genetik. Artinya, Anda lebih mungkin untuk mengalami itu jika salah satu atau kedua orang tua Anda juga memiliki keloid di kulitnya.

Menurut penelitian, orang-orang dengan gen AHNAK lebih mungkin untuk mengembangkan bekas luka keloid dibandingkan dengan mereka yang tidak.

  1. Faktor risiko lain

Wanita yang sedang hamil dan orang-orang berusia di bawah 30 tahun juga berisiko lebih besar keloid.

Bagaimana Cara Mencegah Kemunculan Keloid?

Ada pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati. Hal ini memang benar adanya, begitu pula pada kasus keloid. Sebelum Anda mencari tahu perawatan bekas luka keloid, lebih baik Anda ketahui dulu cara mencegahnya. Keloid memang tidak menimbulkan efek berbahaya maupun rasa sakit pada kulit Anda. Namun, keberadaannya dianggap sangat mengganggu dan bisa membuat kurang percaya diri. Oleh sebab itu, sebaiknya lakukan tindakan-tindakan pencegahan sebelum semuanya terjadi. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah kemunculan keloid:

  1. Hindari Cedera pada Kulit

Keloid akan tumbuh karena merespon kulit kita yang mengalami luka. Maka dari itu, jika Anda memiliki faktor keturunan terkena keloid, sebaiknya lebih berhati-hati lagi. Hindari kegiatan seperti membuat tato, menindik, dan tindakan operasi. Apabila keadaan memang darurat, beritahu dokter bila Anda rentan akan kemunculan keloid. Hal ini penting untuk dokter bisa menentukan langkah antisipasi, contohnya seperti suntikan kortikosteroid, dan perban tekanan)

  1. Hindari Paparan Sinar Matahari

Apabila Anda mengalami tanda-tanda keloid, sebaiknya hindari paparan sinar matahari secara langsung. Sinar matahari dapat membuat bekas luka ini lebih cepat berubah warna menjadi gelap. Hal inilah yang nantinya akan membuat bekas luka ini menjadi kontras dengan kulit asli.

Jenis Perawatan Bekas Luka Keloid

Dalam mengatasi permasalahan bekas luka keloid, harus ditangani dengan cara yang tepat. Selain itu, dokter yang menangani pun tidak bisa sembarangan. Anda bisa mengatasi keloid dengan datang ke klinik kecantikan yang menyediakan jasa perawatan penghilang keloid. Salah satu klinik yang menjadi rekomendasi terbaik adalah Beautylogica Clinic. Di sini, ada dua jenis perawatan yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan keloid, yaitu:

  • Cortisore Injection

Jenis perawatan bekas luka keloid selanjutnya adalah Cortisore Injection. Perawatan ini dinilai sangat ampuh untuk mengatasi permasalahan bekas luka. Selain untuk menyamarkan keloid, jenis perawatan ini juga bisa berguna untuk menyamarkan luka bekas jerawat. Cortisore Injection dilakukan dengan teknik injeksi, dan hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit saja.

  • Scar Revision

Scar Revision dilakukan dengan cara membuat sayatan pada area yang mengalami luka. Sayatan ini bertujuan untuk merekonstruksi kulit agar nantinya luka bekas keloid bisa tersamarkan. Ketika sudah selesai melakukan rekonstruksi, proses terakhir adalah menutup sayatan yang telah dibuat tadi.

Prosedur dari Scar Revision ini memakan waktu kurang lebih selama 60-90 menit. Biasanya, setelah melakukan perawatan ini pasien akan mengalami pembengkakan ringan. Pembengkakan ini akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari ke depan.

Bagi Anda yang mengalami permasalahan bekas luka keloid, segeralah datang ke klinik kecantikan untuk mendapat perawatan. Semakin cepat perawatan dilakukan, tentunya bekas luka Anda akan semakin cepat juga hilangnya. Datanglah ke Beautylogica Clinic untuk perawatan bekas luka keloid murah dan ampuh!

About dr. Ratri Ramadianningtyas

dr. Ratri Ramadianningtyas atau yang akrab disapa dengan dr. Ratri ini lahir Jakarta dan memiliki karakter yang ceria, friendly dan humble. Ia juga sangat senang membaca buku, kuliner dan travelling. Beliau merupakan lulusan dari Universitas YARSI – Fakultas Kedokteran serta memiliki pengalaman diluar lainnya seperti mengikuti Pertemuan Ilmiah Perhimpunan Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia ke-14 – Jakarta dan menjadi Dokter Internship RS. Dr. Suyoto – Jakarta. Tak hanya itu, dr. Ratri juga aktif berpartisipasi dalam acara Formal Educations maupun Non-Formal Educations seperti International Seminar; Cardiopulmonary Resuscitation Update, Advanced Cardiac Lift Support hingga Urology Cases in Clinical Practice Symposium. dr. Ratri juga sangat profesional dalam membantu pasiennya yang ingin melakukan konsultasi maupun tindakan perawatan di Beautylogica Clinic, karena menurutnya ketika bekerja dengan rasa profesional maka terbentuklah quality service yang baik untuk pasien dan dapat memuaskan hati pasien.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *