Penyebab Tumbuhnya Kutil

Penyebab Tumbuhnya Kutil – Kulit merupakan organ tubuh yang terluar dan terbesar yang dimiliki oleh manusia. Fungsi kulit sendiri adalah sebagai indera peraba, dan pelindung organ yang ada di dalam tubuh.

Karena berada di posisi terluar, kulit menjadi sangat rentan mengalami permasalahan. Misalnya seperti luka, jerawat, alergi, dll. Dari beberapa masalah tersebut, ada  sebuah permasalahan kulit yang dirasa paling menjengkelkan, yaitu kutil.

Kutil sendiri dapat muncul di mana saja. Namun biasanya, area yang paling rentan mengalami kutil adalah tangan dan jari tangan. Nah, pada artikel kali ini, Beautylogica Clinic akan coba membahas seputar penyebab tumbuhnya kutil, serta bagaiamana cara untuk mengatasinya. Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak pembahasannya di bawah ini!

Pengertian Kutil

Kutil adalah sebuah penyakit kulit yang ditandai dengan terjadinya penebalan lapisan kulit. Penyakit kulit ini ditandai dengan adanya benjolan kecil, dan memiliki tekstur yang keras. Ukuran dari kutil sendiri sebenarnya bervariasi. Sebagai informasi, kutil merupakan sebuah penyakit yang tergolong tumor jinak.

Penyakit kulit yang satu ini, memiliki beberapa jenis sesuai dengan lokasi di mana mereka tumbuh. Berikut adalah beberapa jenis kutil yang harus kamu ketahui:

  • Kutil datar – Kutil yang tumbuh di sekitar area lutut, siku, dan wajah.
  • Kutil periungual – Kutil yang tumbuh di sekitar kuku dan area jari tangan,
  • Kutil kelamin – Kutil yang tumbuh di sekitar area kelamin.
  • Kutil plantar – Kutil yang biasanya tumbuh di area bawah kaki.
  • Kutil filiform – Kutil yang berukuran sangat kecil menyerupai kelainan rambut.

Baca juga:

Penyebab Tumbuhnya Kutil

Apa penyebab tumbuhnya kutilPenyebab tumbuhnya kutil adalah dari infeksi virus. Dalam hal ini, virus yang dimaksud adalah virus human papilloma atau yang sering disebut dengan virus HPV. Penyebaran virus HPV sendiri terjadi karena kontak fisik.

Penyebaran virus ini paling rentan terjadi ketika imun tubuh seseorang sedang melemah. Dalam kondisi ini, biasanya anak-anak dan lansialah yang paling mudah untuk diserang. Selain itu, orang yang mengidap HIV/AIDS, diabetes millitus, dan orang yang sedang mengonsumsi kortikosteroid juga sangat rentan tertular virus HPV.

Cara Mencegah Tumbuhnya Kutil

Sebelum mengetahui cara mengobati dan menghilangkan kutil, kamu juga wajib tahu tentang bagaimana cara pencegahannya. Hal ini menjadi wajib, sebab kutil sangat rentan terjadi penularan. Oleh sebab itu, dengan mengetahui langkah pencegahan, pengobatan yang kamu lakukan pun tidak akan menjadi sia-sia. Berikut adalah beberapa cara mencegah kutil yang dapat kamu lakukan:

  • Selalu memakai alas kaki saat berada di tempat umum.
  • Hindari kontak fisik dengan orang lain yang memiliki kutil.
  • Hindari sentuhan pada kutil.
  • Jaga kelembapan tubuh.
  • Jaga tubuh dan kulit agar selalu dalam kondisi yang higienis.

Cara Mengobati dan Menghilangkan Kutil

Untuk mengobati dan menghilangkan kutil, ada banyak cara yang dapat dilakukan. Hal ini sangat penting untuk kalian ketahui. Sebab jika tidak ditangani dengan benar, kutil dapat menyebar dengan begitu cepat. Jadi selain mengetahui penyebab tumbuhnya kutil, kamu juga harus memperbanyak referensi tentang cara mengatasinya dengan tepat.

Baca juga:

Nah, berikut adalah beberapa cara mengobati dan menghilangkan kutil yang paling direkomendasikan:

Peeling

Peeling adalah sebuah cairan yang mengandung zat asam salisilat. Cairan ini berfungsi untuk mengangkat lapisan kulit terluar, dan menggantinya dengan lapisan kulit yang terbaru.

Asam Bikloroasetik

Cara kerja dari pengobatan ini sama seperti peeling. Namun, kandungan ini memiliki efek yang lebih kuat dibanding dengan peeling biasa. Biasanya, pengobatan ini memberikan sensasi panas seperti terbakar.

Krioterapi

Pengobatan ini dilakukan dengan menggunakan nitrogen cair. Cara kerja dari pengobatan ini adalah pengikisan jaringan kulit mati. Selain melakukan pengikisan, prosedur ini juga dapat merangsang daya tubuh untuk melawan virus.

Terapi Laser

Penyebab tumbuhnya kutil juga dapat diatasi dengan menggunakan terapi laser. Metode yang satu ini bekerja dengan cara merusak pembuluh darah kecil, sehingga kutil yang ada di kulit menjadi rusak dan mati.

Electrocauter

Electrocauter adalah tindakan medis yang dilakukan untuk menghilangkan jaringan abnormal. Prosedur ini merupakan salah satu yang paling efektif untuk mengobati, serta menghilangkan kutil yang ada dipermukaan kulit.

Prosedur ini dilakukan menggunakan alat berenergi aliran listrik, sehingga menghasilkan efek panas untuk membakar maupun memotong jaringan. Selain untuk menghilangkan kutil, Electrocauter juga dapat digunakan untuk menghilangkan tahi lalat.

Tempat untuk Mengobati dan Menghilangkan Kutil

Setelah mengetahui penyebab tumbuhnya kutil, cara mencegah, dan cara untuk mengatasinya, kini saatnya kami merkomendasikan tempat untuk mengobati dan menghilangkan kutil. Bagi kamu yang punya permasalahan terhadap kutil, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter kulit ataupun dokter kecantikan terdekat.

Nah, salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi untuk pengobatan kutil adalah Beautylogica Clinic. Di sini kamu akan mendapat penanganan langsung dari dokter ahli, serta peralatan medis yang canggih dan mumpuni.

Beautylogica Clinic bisa kamu temukan di empat cabang yang berada di tiga kota, yaitu Jakarta, Bandung, dan Medan. Bagi kamu yang tertarik, silahkan konsultasi dan reservasi dengan kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.