Penyebab Rusaknya Selaput Dara dan Cara Memperbaikinya

Rusaknya Selaput Dara – Selaput dara merupakan salah satu bagian terpenting yang dimiliki oleh seorang perempuan. Bagi masyarakat Indonesia, keutuhan selaput dara juga menjadi simbol kehormatan dan keperawanan seorang perempuan.

Namun sebenarnya, pernyataan tersebut tidaklah selalu benar. Sebab nilai kehormatan dan keperawanan seorang perempuan, tidak hanya berkaitan dengan masalah selaput dara. Sebagai informasi, kerusakan selaput dara bukan hanya dapat terjadi karena hubungan seksual. Itulah mengapa selaput dara bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan keperawanan seorang wanita.

Pada artikel kali ini, Beautylogica Clinic akan berbagi informasi terkait tentang rusaknya selaput dara, serta cara untuk memperbaikinya. Bagi kalian yang mengalami hal serupa, mari simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Apa itu Selaput Dara?

Selaput dara atau Hymen adalah serabut yang terletak pada bagian dalam organ kewanitaan (vagina). Fungsi dari selaput dara sebenarnya adalah untuk menyaring kotoran agar tidak langsung masuk ke dalam vagina.

Faktor Penyebab Rusaknya Selaput Dara

Kerusakan selaput dara dapat terjadi karena berbagai macam faktor. Selain karena hubungan seksual, masih ada beberapa hal lain yang dapat memicu terjadinya kerusakan pada selaput hymen. Contohnya seperti:

Baca juga:

biaya operasi selaput dara

Penggunaan Tampon

Tampon adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menampung darah pada saat perempuan sedang menstruasi. Cara penggunaan dari alat ini adalah dengan dimasukkan ke dalam lubang vagina. Meski terbilang cukup aman, penggunaan tampon yang terlalu dalam dapat membuat kerusakan pada selaput dara.

Penggunaan Alat Medis Tertentu

Melakukan pemeriksaan medis dengan memasukkan alat ke dalam vagina, juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab kerusakan selaput dara. Selain alat medis, penggunaan alat bantu seksual saat belum pernah berhubungan intim, juga bisa menjadi penyebab selaput dara menjadi sobek.

Cedera atau Kecelakaan

Cedera atau kecelakaan pada organ intim wanita juga dapat menjadi salah satu penyebab dari robeknya selaput dara. Kondisi ini biasanya ditandai dengan adanya bercak darah, setelah organ intim terbentur atau cedera.

Bersepeda atau Berkuda

Gesekan yang dilakukan secara berulang dan dalam waktu yang lama juga dapat meningkatkan risiko kerusakan selaput dara. Contoh aktivitas yang dapat mengakibatkan hal tersebut terjadi adalah bersepeda ataupun berkuda.

Latihan Peregangan

Latihan peregangan yang terlalu kuat juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab kerusakan pada selaput hymen. Namun hal ini sangat tergantung dari selaput dara yang dimiliki oleh masing-masing perempuan. Sebab, setiap perempuan pasti memiliki tingkat ketebalan dan kekuatan selaput dara yang berbeda-beda. Hal inilah yang nantinya menentukan risiko tinggi atau tidaknya risiko rusaknya selaput dara.

Cara Memperbaiki Rusaknya Selaput Dara

Kerusakan selaput dara memang menjadi sebuah hal yang menakutkan bagi perempuan. Apalagi jika hal ini terjadi karena kecelakaan, ataupun faktor di luar hubungan seksual. Untuk itu, memperbaiki kerusakan selaput dara sebenarnya adalah hal yang lumrah.

Memperbaiki selaput dara yang rusak memang mungkin untuk dilakukan.  Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan tindakan bedah plastik. Dengan prosedur bedah plastik, selaput hymen yang rusak dapat direkonstuksi kembali agar jadi lebih baik.

Hymenoplasty – Operasi Perbaikan Selaput Dara

Hymenoplasty adalah prosedur bedah plastik yang bertujuan untuk memperbaiki kerusakan selaput dara. Operasi ini dapat dilakukan bagi mereka yang selaput daranya rusak karena kecelakaan, ataupun hal-hal lain.  

Selain untuk memperbaiki rusaknya selaput dara, рrоѕеdur Hуmеnорlаѕtу juga dараt dіlаkukаn untuk beberapa alasan mеdіѕ, seperti:

  • Hymen Imperforate, yaitu kondisi di mana seluruh lubang vagina tertutupi oleh selaput dara.
  • Septate Hymen, kondisi di mana jaringan selaput dara terlalu tebal dan kaku.
  • Kondisi untuk membuat aliran arah dapat mengalir dengan normal.

Baca juga:

Prosedur  Hymenoplasty

Mengembalikan keutuhan selaput dara hanya bisa dilakukan dengan tindakan operasi. Dokter yang berkompeten dan berhak menangani tindakan ini adalah dokter spesialis bedah plastik. Lalu, bagaimana sih prosedur operasi ini dilakukan? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

Anestesi

Tahap awal dalam tindakan Hymenoplasty, tentu saja adalah pemberian anestesi terhadap pasien. Tindakan ini bertujuan untuk meminimalisir rasa sakit, serta membuat pasien tetap merasa nyaman saat prosedur rekonstruksi dilakukan.

Rekonstruksi

Proses perbaikan rusaknya selaput dara yang berikutnya adalah rekonstruksi. Setelah efek anestesi mulai bekerja, maka dokter akan melanjutkan ke proses rekonstruksi selaput dara. Pada proses ini, dokter akan menjahit selaput dara dengan menggunakan benang khusus. Dalam beberapa waktu, benang ini dapat diserap dan larut dalam tubuh. Dengan proses ini, selaput dara akan dirapatkan kembali seperti saat masih perawan.

Secara keseluruhan, tindakan prosedur dari operasi selaput dara membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, operasi ini hanya boleh ditangani oleh dokter spesialis bedah plastik. Biasanya, Hymenoplasty dapat ditemukan di klinik kecantikan, atau rumah sakit tertentu.

Pasca Operasi Selaput Dara

Pasca operasi dilakukan, biasanya pasien Hymenoplasty akan mengalami pendarahan. Namun jangan khawatir, hal ini merupakan gejala normal dan reaksi alamiah dari tubuh. Gejala seperti ini umumnya akan dialami pada saat 1-2 hari pertama pasca operasi.

Walaupun begitu, Hymenoplasty bukanlah operasi yang mengharuskan pasien untuk dirawat, atau menginap di tempat. Setelah satu atau dua hari pasca prosedur, pasien Hymenoplasty dapat mulai beraktivitas seperti biasa. Namun, dalam masa pemulihan, pasien dilarang untuk melakukan aktivitas fisik yang berat terlebih dahulu.

Memperbaiki rusaknya selaput dara harus ditangani oleh dokter yang ahli dan berpengalaman. Sebab, tindakan prosedur dari operasi ini membutuhkan keahlian khusus agar proses bisa berjalan dengan lancar. Bagi kalian yang ingin melakukan operasi ini, kalian bisa berkunjung dan berkonsultasi dengan Beautylogica Clinic. Untuk konsultasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.