Penyebab Rambut Rontok Terus-menerus dan Tips Mengatasi dengan Benar

Penyebab Rambut Rontok Terus-menerus dan Tips Mengatasi dengan Benar

Penyebab Rambut Rontok Terus-menerus – Rambut merupakan mahkota kepala yang keberadaannya harus selalu terjaga. Sebab, rambut menjadi sebuah nilai estetika yang sangat menunjang penampilan. Dengan rambut yang sehat terawat, tentu seseorang akan tampil dengan lebih percaya diri. Hal ini tentu akan membuat orang tersebut juga lebih leluasa dalam beraktivitas.

Namun, rambut yang sehat tidaklah bisa didapatkan dengan mudah. Dengan beberapa kondisi yang ada, rambut sering sekali mengalami permasalahan, seperti rapuh, bercabang, hingga kerontokan. Permasalahan rambut ini tentu tidak bisa dianggap enteng. Sebab jika dibiarkan, kondisi seperti ini dapat menjadi semakin parah.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang salah satu permasalahan rambut yang sering ditemui, yaitu kerontokan. Masalah kerontokan rambut dapat menimpa siapa saja, tua, muda, pria, maupun wanita. Jika kamu salah satu orang yang mengalaminya, maka ini adalah artikel yang tepat untuk kamu. Yuk simak penjelasannya di bawah ini:

Penyebab Rambut Rontok Terus-menerus

Dalam istilah medis, rambut yang mengalami kerontokan hingga lebih dari 100 helai per hari disebut dengan Telogen Effluvium. Pada umumnya, kerontokkan ini terjadi secara menyeluruh pada area kepala. Apabila dibiarkan, kondisi ini dapat mengakibatkan rambut tampak lebih tipis. Parahnya lagi, kondisi kerontokan yang secara terus-menerus ini juga dapat membuat kebotakan pada kepala.

Kondisi seperti ini dapat terjadi ketika tubuh mengalami stres atau tertekan, baik secara fisik maupun emosional. Jika dilihat dari sisi estetika, kondisi ini tentu akan sangat merusak penampilan. oleh sebab itu, kamu harus menjaga dan kalau perlu melakukan treatment penumbuh rambut. Berikut adalah penyebab rambut rontok terus-menerus secara umum:

  • Stres secara emosional dan fisik yang intensif.
  • Kondisi hormon yang berubah. (Contoh: Saat hamil dan menstruasi).
  • Kekurangan gizi, seperti protein dan zat besi.
  • Menderita penyakit atau infeksi berat
  • Efek samping obat-obatan
  • Mengalami demam tinggi.
  • Anemia
  • Penurunan berat badan secara berlebih
  • Sedang dalam masa penyembuhan suatu penyakit.
  • Menjalani pengobatan kemoterapi
  • Menjalani terapi radiasi.
  • Penggunaan produk perawatan rambut yang salah

Penyebab rambut rontok terus-menerus bisa terjadi pada pria maupun wanita. Berbahayanya lagi, kondisi seperti ini dapat menimpa orang di segala usia. Namun, potensi tertinggi lebih sering terjadi pada wanita. Apalagi jika wanita tersebut sedang mengalami perubahan hormonal. Pada umumnya, rambut rontok yang berlebihan terjadi antara 6 – 12 minggu setelah stres atau kondisi medis tertentu yang sedang dialami.

Mengatasi Penyebab Rambut Rontok Berlebihan

Penyebab Rambut Rontok Terus-menerus dan Tips MengatasinyaDalam beberapa kondisi, rontok rambut secara berlebihan tidak memerlukan penanganan khusus. Pasalnya, rambut akan kembali tumbuh dan tebal dalam beberapa waktu kedepan.  Namun rambut akan lebih cepat kembali pulih ketika penyebab rambut rontok terus-menerus sudah dapat teratasi dengan baik.

Namun dalam beberapa kasus, rambut rontok yang berlebih juga memerlukan perawatan khusus. Kamu bisa melakukan konsultasi gratis dokter agar dapat mendiagnosa penyebabnya. Jika dirasa kerontokan rambut sudah dianggap terlalu parah, maka dokter akan merekomendasikan cara atau perawatan yang tepat untuk mengatasi hal tersebut.

Bagaimana Cara Mencegah agar Rambut tidak Rontok Terus-menerus?

Upaya untuk mencegah rontoknya rambut secara berlebihan, sebenarnya dapat diatasi dengan mudah. Cara ini dimulai dari kebiasaan-kebiasaan yang sering kamu lakukan, seperti:

  • Batasi penggunaan alat penata rambut dan bahan kimia
  • Hindari menguncir rambut dengan cara dikepang
  • Hindari menyisir rambut saat dalam kondisi basah
  • Gunakan sampo yang lebih lembut saat membersihkan rambut

Dengan mengetahui penyebab rambut rontok terus-menerus dan cara mencegahnya, kamu bisa lebih hati-hati dalam melakukan perawatan rambut. Hal ini sangat penting, mengingat rambut adalah bagian yang sangat rapuh. Selain itu, rambut juga memerlukan nutrisi lebih agar kehadirannya tetap sehat dan terawat.

Jenis Perawatan untuk Rambut Rontok yang Berlebihan

Bagi kamu yang tengah mengalami kerontokan rambut, sebaiknya segera melakukan langkah-langkah penanganan yang tepat. Salah satu caranya adalah dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan. Salah satu klinik kecantikan terbaik yang menyediakan perawatan untuk rambut rontok adalah Beautylogica Clinic. Di sini, kamu akan mendapatkan perawatan dengan lebih aman, murah, dan tentunya efektif. Berikut adalah jenis perawatan yang dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok:

Hair PRP

Hair PRP adalah sebuah perawatan rambut yang dilakukan dengan memanfaatkan serum Platelet Rich Plasma. Serum ini adalah hasil ekstraksi dari darah pasien sendiri. Jadi perawatan ini jelas aman dan tidak menimbulkan alergi pada pasien. Nantinya, serum tersebut akan dioleskan atau diaplikasikan pada kulit kepala pasien.  Selain itu, Hair PRP juga dilakukan dengan menggunakan alat yang bernama Microneedling.

Perawatan ini sangat cocok untuk mengatasi penyebab rambut rontok terus-menerus yang sedang dialami. Selain mengatasi kerontokan, perawatan ini juga berguna untuk merangsang pertumbuhan rambut baru, dan mengatasi penipisan rambut.

Dalam tindakan prosedurnya, perawatan rambut ini hanya membutuhkan waktu sekitar 60 menit. setelah pasien melakukan perawatan ini, ada beberapa hal yang harus ditaati. Hal ini diupayakan untuk memaksimalkan proses perawatan. Beberapa hal tersebut adalah:

  • Tidak mencuci rambut selama 8 jam setelah perawatan
  • Dilarang menggaruk rambut secara kasar
  • Tidak diperbolehkan berenang dalam kurun waktu satu minggu

Dengan mentaati arahan dari dokter, permasalahan rambut rontok yang sedang kamu alami akan lebih cepat teratasi. Untuk memaksimalkan hasil perawatan, biasanya dokter juga akan merekomendasikan pasien agar melakukan perawatan ulang dalam dua minggu sekali, dengan interval 5-6 kali sesi. Dengan rutin melakukan perawatan ini, penyebab rambut rontok terus-menerus tentu akan teratasi lebih mudah.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *