Penyebab Rambut Rontok pada Wanita di Usia Muda dan Cara Mengatasinya

Penyebab Rambut Rontok pada wanita di Usia Muda – Pada masa-masa di usia muda, penampilan adalah sebuah hal yang sangat wajib untuk diperhatikan. Hal ini sangat wajar, mengingat penampilan menjadi salah satu faktor penting untuk menunjang segala aktivitas. Dengan penampilan yang menarik, seseorang pasti akan lebih percaya diri dalam menghadapi hari-harinya.

Upaya untuk terus tampil menarik, tentu membutuhkan perhatian dan perawatan yang ekstra. Salah satu bagian tubuh yang membutuhkan perawatan ekstra adalah rambut. Sebab, rambut menjadi sebuah mahkota yang memiliki nilai estetika tinggi bagi tubuh. Dengan rambut yang sehat dan terawat, kamu tidak akan merasa minder ketika tampil di muka umum.

Namun, memiliki rambut yang sehat tidaklah semudah yang dipikirkan. Banyak permasalahan yang tak terduga dan dapat muncul kapan saja. Salah satu masalah yang menjadi momok menakutkan pada rambut adalah kerontokan. Nah, pada artikel kali ini, kami akan berbagi informasi seputar kerontokan rambut. Mau tahu bagaimana kelanjutannya? Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini:

Penyebab Rambut Rontok pada Wanita di Usia Muda

penyebab rambut rontok pada wanita di usia muda dan cara mengatasinyaJika kamu adalah wanita muda dan sedang mengalami kerontokan rambut, mungkin kondisi kesehatan kamu sedang tidak baik-baik saja. Selain karena kesehatan, penyebab rambut rontok terus-menerus bisa dikarenakan oleh beberapa faktor, seperti:

  1. Mengalami Stres

Jika kamu sedang mengalami stres, sebaiknya segera tenangkan diri dan cari hiburan untuk membuat kondisi lebih stabil. Sebab jika kondisi stres tidak ditangani dengan baik, akan berdampak pada rusaknya siklus pertumbuhan rambut. Sekresi hormon kortisol yang terlalu tinggi bisa membuat rambut rontok secara berlebihan. Lebih parahnya lagi, suatu penelitian kesehatan menyatakan bahwa risiko stres pada generasi milenial lebih besar daripada para lansia. Itulah sebabnya orang-orang yang baru berusia 20-an rentan mengalami kerontokan rambut yang berujung pada kebotakan dini.

  1. Kurangnya Asupan Nutrisi

Penyebab rambut rontok pada wanita di usia muda berikutnya adalah tubuh yang kekurangan nutrisi. Sama seperti organ tubuh lainnya, rambut juga membutuhkan nutrisi agar siklus pertumbuhannya berlangsung normal. Kamu harus mengonsumsi makanan yang kaya kandungan protein, zat besi, dan omega 3. Kandungan-kandungan tersebut, sangat berguna untuk mendukung pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok. Asupan nutrisi tersebut bisa diperoleh dari berbagai jenis bahan makanan, misalnya ayam, ikan, daging, kacang-kacangan, dan sayuran.

  1. Program Diet yang Kurang Sehat

Kekurangan nutrisi tak identik dengan orang-orang yang mengalami malnutrisi. Program diet yang keliru juga dapat membuat tubuhmu kekurangan nutrisi. Jika hal ini terus dibiarkan, maka akan membuat risiko kerontokan rambut menjadi lebih tinggi. Pasalnya, diet yang kurang tepat biasanya akan membuat orang kekurangan protein, vitamin D, dan seng. Hal inilah yang menyebabkan kerontokan rambut dapat terjadi. Tubuhmu bisa kekurangan zat-zat nutrisi tersebut bila melakukan program diet yang keliru. Oleh sebab itu, sebaiknya pilihlah program diet yang sehat agar berat badanmu bisa stabil tanpa harus mengurangi nutrisi pada tubuh.

  1. Prosedur Treatment Rambut

Penyebab rambut rontok pada wanita di usia muda juga sering terjadi akibat dari prosedur treatment rambut, contohnya adalah pewarnaan dan hair extension. Jika treatment ini dilakukan dan tak diiringi dengan proses perawatan intensif, tentu akan membuat risiko kerontokan rambut lebih tinggi. Folikel-folikel rambut akan melemah dan membuat rambut rontok secara berlebihan. Jika hal tersebut sudah terjadi, kamu harus mengembalikan kesehatan rambut dengan menggunakan produk-produk perawatan yang kaya nutrisi dan berkualitas.penyebab rambut rontok pada wanita di usia muda dan cara mengatasinya dengan Benar

  1. Merokok

Tak banyak orang yang tahu kalau kebiasaan merokok juga bisa menjadi penyebab rambut rontok. Kandungan nikotin pada rokok dapat menghambat sirkulasi darah dalam tubuh. Penyumbatan aliran darah ke arah kepala yang disebabkan nikotin berisiko membuat rambut kekurangan nutrisi. Bila hal ini terjadi terus-menerus, kemungkinan besar rambutmu akan rontok berlebihan dan siklus pertumbuhannya semakin terganggu karena tidak memperoleh nutrisi yang cukup.

  1. Faktor Hormon dan Keturunan

Kerontokan rambut akibat pengaruh hormon dan keturunan atau genetik sering membuat orang pasrah. Namun, sebenarnya kamu bisa mengantisipasi penyebab ini dengan cara berkonsultasi ke dokter tentang kondisi keseimbangan hormon tubuhmu. Selain itu, pengaruh hormon dan genetika terhadap kondisi rambut bisa diminimalkan. Caranya adalah dengan melakukan perawatan rambut secara lebih intensif, mengonsumsi makanan bergizi, dan cukupi waktu beristirahat. Dengan lebih memperhatikan hal tersebut, penyebab rambut rontok pada wanita di usia muda akan lebih mudah teratasi.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Paling Efektif

Upaya mengatasi rambut rontok sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Pada umumnya, ada dua metode yang sering dipilih untuk mengatasi hal ini. Pertama adalah dengan menggunakan bahan alami, dan yang kedua adalah dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan. Berikut akan kami jelaskan mengenai dua metode perawatan rambut tersebut:

4 bahan Alami untuk Mengatasi Rambut Rontok pada Wanita di Usia Muda

mengatasi rambut rontok dengan bahan alamiPenggunaan bahan alami memang banyak dipilih karena tidak memiliki efek samping dalam penggunaannya. Selain itu, bahan alami juga memberikan hasil yang cukup memuaskan. Walaupun membutuhkan waktu yang lama, penggunaan bahan alami masih dipercaya manjur untuk mengatasi rambut rontok. Berikut adalah 4 jenis bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi kerontokan rambut:

  1. Tanaman Lidah Buaya

Penyebab rambut rontok pada wanita di usia muda dapat diatasi dengan mudah dengan tanaman lidah buaya. Tanaman ini memang sudah terkenal akan khasiatnya yang sangat baik untuk rambut. Tanaman dengan nama lain Aloe Vera ini megandung Vitamin A, D, Zat Besi dan berbagai protein lainnya. Kandungan tersebut, dinilai efektif dalam mengatasi kerontokan yang terjadi pada rambut. Selain itu, tanaman lidah buaya juga sangat efektif untuk treatment penumbuh rambut.

Penggunaan lidah buaya untuk treatment pun cukup mudah, yaitu kamu tinggal mengoleskan gel yang terdapat dalam lidah buaya pada rambut dan kulit kepala. Ketika sudah merata, lalu diamkan selama  kurang lebih 15 menit. Jika dirasa sudah cukup, kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih. Dengan perawatan yang dilakukan secara rutin, kerontokan rambut pasti akan lebih berkurang.

  1. Santan

Bahan alami selanjutnya untuk perawatan rambut rontok adalah santan. Dengan mengaplikasikan santan ke permukaan rambut, kondisi rambut kamu tentu akan lebih halus dan terhindar dari kerontokan. Ketika kamu melakukan perawatan dengan santan, jangan lupa untuk membersihkan rambut dengan menggunakan sampo hingga bersih. Jika kamu rutin melakukan perawatan ini, penyebab rambut rontok pada wanita di usia muda tentunya akan teratasi dengan lebih mudah.

  1. Yoghurt

Yoghurt adalah bahan alami yang memiliki kandungan kalsium, vitamin D, kalium dan protein. Beberapa kandungan tersebut, dapat memberi nutrisi dan membantu menguatkan akar rambut. Penggunaannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan yogurt tawar ke seluruh permukaan rambut dan dibarengi dengan pijatan pada kepala. Diamkan selama kurang lebih 5 menit, lalu bersihkan rambut dengan shampoo dan air bersih.

  1. Minyak Zaitun

Apakah kamu tahu bahwa vitamin A, C, D, E, dan K dapat digunakan untuk mengatasi kerontokan rambut? Kandungan vitamin tersebut dapat kamu temukan di minyak zaitun. Selain yang sudah disebutkan di atas, minyak zaitun juga memiliki zat besi dan kalsium yang dapat memaksimalkan proses pencegahan rambut rontok.

Perawatan rambut dengan bahan alami ini sangat mudah, pertama usapkan minyak zaitun pada kulit kepala secara merata. Barengi dengan gerakan pijat yang lembut, lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit. Jika sudah, bilas rambut hingga bersih dengan menggunakan sampo. Lakukan perawatan ini dengan rutin agar penyebab rambut rontok pada wanita di usia muda bisa diatasi dengan lebih maksimal.

Mengatasi Rambut Rontok pada Wanita di Usia Muda dengan Perawatan di Klinik Kecantikan

Selain dengan memanfaatkan bahan alami, upaya untuk mengatasi rambut rontok juga dapat dilakukan dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan. Keuntungan dari perawatan ini adalah dapat memberikan hasil yang lebih cepat dan lebih maksimal. Oleh sebab itu, perawatan di klinik kecantikan sering menjadi upaya pertama yang dilakukan orang untuk mengatasi kerontokan rambutnya. Di Beautylogica Clinic sendiri, perawatan untuk mengatasi kerontokan rambut ada dua macam, yaitu:

  1. Hair Laser PDT

Hair Laser PDT merupakan cara mengatasi rambut rontok yang dilakukan dengan terapi cahaya merah. Terapi ini juga dikenal dengan nama juga dikenal dengan nama Photo Dynamic Therapy. Perawatan ini sangat tepat untuk mengatasi penyebab rambut rontok pada wanita di usia muda. Sinar atau cahaya merah yang akan ditembakkan memiliki panjang gelombang 640 Nm. Berikut adalah beberapa keuntungan dari jenis perawatan ini:

  • Meningkatkan aliran darah ke kulit kepala
  • Merangsang pertumbuhan rambut baru
  • Memperkuat akar rambut.
  • Memperbaiki tekstur rambut

Prosedur akan dimulai dengan membersihkan rambut terlebih dahulu. Pembersihan ini dilakukan dengan menggunakan sampo dan conditioner khusus. Lalu, akan dilakukan pemijatan guna merangsang aliran darah pada kulit kepala. Ketika sudah, rambut akan dikeringkan dan proses penyinaran akan segera dimulai. Proses penyinaran rambut akan dilakukan selama kurang lebih 20 menit.

Jenis perawatan ini sangat aman dan dapat dilakukan pada pria maupun wanita, khususnya yang mengalami kerontokan, penipisan, dan rambut bercabang. Untuk hasil yang maksimal, lakukan pengulangan 1 sampai 2 minggu sekali sesuai dengan anjuran Dokter agar penyebab rambut rontok pada wanita di usia muda lebih mudah teratasi.

  1. Hair Growth Treatment

Hair Growth Treatment merupakan perawatan yang dilakukan dengan hair stamp dan serum khusus yang mengandung Protein Rich Growth Factor. Serum ini nantinya akan diaplikasikan ke area kulit kepala. Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika melakukan perawatan ini sangat banyak, seperti:

  • Membantu proses pertumbuhan
  • Memperkuat akar rambut
  • Membuat rambut lebih lembut
  • Membuat rambut lebih tebal.

Pada tindakan prosedurnya, jenis perawatan ini membutuhkan waktu kurang lebih 60 menit. Hair Growth Treatment sangat aman untuk dilakukan dan tidak menimbulkan efek samping. Setelah melakukan perawatan ini, pertumbuhan rambut akan mengikuti fase normal. Rambut akan mulai tumbuh setelah dua bulan treatment dilakukan. Untuk hasil yang maksimal, konsultasikan dengan Dokter untuk melakukan sesi pengulangan treatment. Hal ini bertujuan agar penyebab rambut rontok pada wanita di usia muda dapat diatasi dengan lebih mudah.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *