Penuaan Dini pada Wajah: Penyebab, Pencegahan, dan Cara Mengatasi

Penyebab Penuaan Dini pada Wajah – Penuaan dini yang terjadi pada wajah memang sangat meresahkan. Pasalnya, hal ini dapat merusak penampilan dan rasa percaya diri. Oleh karena itu, masalah penuaan dini harus dihindari, dan dicegah apabila tanda-tandanya sudah mulai terlihat.

Pada artikel kali ini, Beautylogica akan berbagi info seputar penuaan dini. Mulai dari penyebab, tanda-tanda, hingga bagaimana cara penanganan yang tepat. Tanpa berlama-lama lagi, mari simak info lengkapnya di bawah ini!

Selain Penyebab, Kenali juga Tanda-tanda Penuaan Dini pada Wajah

Sebelum mengetahui soal penyebab penuaan dini pada wajah, kita juga harus tahu tentang apa saja tanda-tanda dari permasalahan ini.

Kita semua menua, tetapi penuaan dini adalah ketika itu terjadi lebih cepat dari yang seharusnya. Penyebabnya biasanya faktor lingkungan dan gaya hidup.

Tanda-tanda penuaan dini yang paling umum muncul di kulit Anda, dengan kerutan, bintik-bintik penuaan, kekeringan atau hilangnya warna kulit.

Kebiasaan gaya hidup sehat dapat membantu menghentikan dan mencegah penuaan dini lebih lanjut. Hal ini juga dapat membuat wajah akan tampak lebih kencang dan awet muda.

Apa Saja Tanda-tanda Penuaan Dini pada Wajah?

Seiring waktu, tubuh kita secara alami menua. Penuaan dini adalah ketika efek khas dari bertambahnya usia terjadi lebih awal. Saat itulah tubuh Anda terlihat lebih tua dari usia Anda yang sebenarnya.

Tanda-tanda penuaan dini yang paling umum meliputi:

  • Perubahan kulit seperti kerutan , bintik- bintik penuaan , kekeringan, kehilangan warna kulit, hiperpigmentasi di sekitar dada dan kendur.
  • Rambut rontok atau rambut beruban.
  • Wajah kurus (pipi cekung).

Baca juga:

Penyebab Penuaan Dini pada Wajah

Penyebab Penuaan Dini pada Wajah dan Cara Efektif untuk Mengatasinya

Dalam kebanyakan kasus, faktor yang dapat dikontrol dan dicegah menyebabkan penuaan dini. Ini disebut penuaan ekstrinsik.

Sebagian besar tanda-tanda penuaan dini muncul di kulit Anda. Perubahan kulit terjadi seiring bertambahnya usia. Ketika mereka muncul lebih awal dalam kehidupan, penyebabnya biasanya dari faktor lingkungan atau gaya hidup.

Paparan cahaya adalah penyebab utama penuaan dini:

  • Paparan sinar matahari menyebabkan banyak masalah kulit. Sinar ultraviolet (UV) dan paparan sinar matahari membuat kulit Anda menua lebih cepat daripada penuaan alami.

Hasilnya disebut photoaging, dan bertanggung jawab atas 90% perubahan yang terlihat pada kulit Anda. Sinar UV merusak sel-sel kulit, berkontribusi terhadap perubahan dini seperti bintik-bintik penuaan. Paparan sinar matahari ini juga meningkatkan risiko kanker kulit .

  • Cahaya tampak berenergi tinggi (HEV) dan inframerah bertanggung jawab atas 10% perubahan kulit lainnya. Cahaya HEV (juga disebut cahaya biru) berasal dari matahari dan perangkat elektronik seperti smartphone.

Cahaya inframerah tidak terlihat, tetapi kita sering merasakannya sebagai panas. Bentuk cahaya ini tidak meningkatkan risiko kanker kulit, tetapi mempengaruhi kolagen dan elastisitas kulit. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab penuaan dini pada wajah.

Faktor lingkungan atau gaya hidup lain yang menyebabkan penuaan dini meliputi:

Merokok: Saat Anda merokok , racun dalam nikotin mengubah sel-sel dalam tubuh Anda. Racun ini memecah kolagen dan serat elastis di kulit Anda, yang menyebabkan kulit kendur, keriput, dan wajah tirus.

Diet tidak sehat: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi gula atau karbohidrat olahan dapat menyebabkan penuaan dini. Di sisi lain, diet yang diisi dengan banyak buah dan sayuran membantu mencegah perubahan kulit dini.

Alkohol: Minum terlalu banyak alkohol dapat menyebabkan dehidrasi dan merusak kulit Anda dari waktu ke waktu, yang menyebabkan tanda-tanda penuaan dini.

Tidur yang buruk: Studi menunjukkan bahwa kualitas tidur yang rendah (atau tidak cukup) membuat sel-sel Anda menua lebih cepat.

Banyak orang yang mengabaikan hal ini. Padahal, kualitas tidur yang buruk menjadi penyebab penuaan dini pada wajah yang cukup parah.

Stres: Saat Anda stres , otak Anda memompa kortisol, hormon stres. Kortisol memblokir dua zat yang membuat kulit Anda tampak montok dan bersemangat: hyaluronan synthase dan kolagen.

Apa yang Dapat Saya Lakukan untuk Mencegah Penuaan Dini pada Wajah?

Karena faktor lingkungan dan gaya hidup sering menyebabkan penuaan dini, kebiasaan sehari-hari yang sehat dapat memperbaikinya. Jika Anda sudah memiliki tanda-tanda penuaan dini, berikut cara menghentikan dan mencegahnya bertambah parah:

  • Hindari paparan sinar matahari: Ambil langkah-langkah untuk melindungi diri Anda dari kerusakan akibat sinar matahari . Gunakan tabir surya sepanjang tahun, bahkan jika Anda berencana untuk berada di tempat teduh. Selalu pilih perlindungan UV yang setidaknya SPF 30 atau lebih tinggi. Kenakan pakaian pelindung, termasuk topi dan kacamata hitam. Hindari tanning bed – gunakan produk self-tanning sebagai gantinya.
  • Berhenti merokok: Jika Anda merokok, berhenti merokok sesegera mungkin. Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda jika Anda memerlukan bantuan untuk berhenti. Pasalnya, rokok juga menjadi penyebab penuaan dini pada wajah.
  • Makan lebih banyak buah dan sayuran: Diet seimbang dapat menghentikan penuaan dini. Hindari makan terlalu banyak gula atau karbohidrat olahan.
  • Kurangi alkohol: Karena alkohol menyebabkan penuaan dini pada kulit Anda, mengurangi asupan alkohol dapat membantu mencegah kerusakan lebih lanjut.
  • Olahraga: Aktivitas fisik secara teratur meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan sistem kekebalan Anda, yang mendorong penuaan yang sehat.
  • Merawat kulit Anda: Bersihkan kulit Anda setiap hari untuk menghilangkan kotoran, riasan, keringat, atau zat lain yang menyebabkan iritasi. Jauhi produk kulit keras yang mengandung wewangian atau pH tinggi. Melembabkan kulit Anda setiap hari untuk mencegah kekeringan dan gatal. Dengan begitu, risiko terhadap penyebab penuaan dini pada wajah, menjadi lebih sedikit kemungkinannya.
  • Turunkan tingkat stres Anda: Cobalah untuk menghilangkan stres sebanyak mungkin dari hidup Anda. Temukan teknik manajemen stres yang sehat (seperti meditasi atau olahraga) untuk mengatasi stres yang tidak dapat Anda hindari.
  • Tingkatkan kualitas (dan kuantitas) tidur Anda: Tidur kurang dari tujuh jam dapat membuat sel-sel tubuh Anda menua lebih cepat.

Baca juga:

Rekomendasi Perawatan untuk Mengatasi Penuaan Dini pada Wajah

Rekomendasi Perawatan untuk Mengatasi Penuaan DiniUntuk menghindari penuaan dini, pencegahan adalah kuncinya melalui hidup sehat. Tetapi jika tanda-tanda penuaan dini Anda mengganggu, perawatan ini dapat membantu membalikkan tanda-tanda penuaan dini:

  • Filler

Filler adalah sebuah perawatan injeksi yang menggunakan Asam Hyaluronat (HA). Perawatan ini bertujuan untuk mengisi volume pada wajah, meremajakan kulit, serta melembapkan kulit wajah. Suntik filler dapat dilakukan pada beberapa area wajah, seperti kantung mata, hidung, bibir, dagu, dll.

  • Botox

Botox adalah perawatan yang bertujuan untuk mengatasi kerutan pada kulit kulit, dan mengurangi produksi kelenjar keringat pada tubuh manusia. Perawatan ini dilakukan dengan teknik injeksi (suntik).

Dalam tindakan prosedurnya, botox menggunakan obat yang bernama Botulinum Toxin. Dengan obat tersebut, suntik botox bekerja dengan cara merileksasikan saraf dan otot. Hal inilah yang membuat kerutan menjadi hilang, dan produksi kelenjar keringat menjadi berkurang.

  • Laser Treatment

Laser Glowing Treatment adalah sebuah perawatan kulit yang dilakukan dengan tekologi sinar laser. Sinar laser yang digunakan, memiliki panjang gelombang 1064 nm dan 532 nm.

Perawatan ini memiliki cukup banyak manfaat. Contohnya seperti untuk meremajakan kulit, mematikan bakteri pada jerawat meradang, dan memudarkan flek-flek hitam.

  • HIFU

HIFU treatment adalah perawatan yang bertujuan untuk mengencangkan, dan mengangkat kulit yang mulai kendur. Dalam tindakan prosedurnya, perawatan ini menggunakan alat berteknologi High Intensity Focused Ultrasound.

  • Face Lift

Operasi Face Lift adalah prosedur bedah plastik yang bertujuan untuk membuat tampilan wajah menjadi lebih muda. Operasi ini dilakukan dengan cara mengangkat dan mengencangkan jaringan kulit yang elastisitasnya mulai berkurang.

Perhatikan bahwa prosedur ini dapat memperbaiki tampilan penuaan dini, tetapi tidak akan memperbaiki penyebab penuaan dini pada wajah.

Kapan Saat yang Tepat untuk Konsultasi dengan Dokter?

Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda jika tanda-tanda penuaan dini muncul tiba-tiba, menyakitkan atau mengganggu, atau memburuk dengan cepat.

Tanda-tanda penuaan dini dapat terjadi kapan saja selama masa dewasa, dan biasanya disebabkan oleh faktor lingkungan atau gaya hidup. Dalam beberapa kasus, sindrom langka menyebabkan penuaan dini.

Anda dapat melindungi atau membalikkan penuaan dini: Lindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari, berhenti merokok, makan makanan yang seimbang dan olahraga.

Jika penuaan dini berlanjut atau mengganggu, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda tentang perawatan yang dapat Anda coba.

Untuk konsultasi lebih lanjut seputar penyebab penuaan dini pada wajah, Anda dapat menghubungi Beautylogica Clinic di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.