Penyebab Payudara Kendur atau Turun, Ketahui Cara Efektif Mengatasinya

Penyebab Payudara Kendur atau Turun

Penyebab Payudara Kendur atau Turun – Payudara kendur dan turun merupakan salah satu masalah yang paling sering dialami wanita. Umumnya, hal ini terjadi karena faktor usia. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa wanita muda juga dapat mengalami hal ini.

Kendurnya payudara dapat memberikan banyak dampak negatif bagi perempuan. Jika dilihat dengan kacamata estetika, tentu hal ini sangat memengaruhi penampilan wanita. Apabila dibiarkan, kondisi semacam ini bahkan dapat mengurangi rasa kepercayaan diri bagi wanita tersebut.

Semua wanita pasti menginginkan bentuk dan ukuran payudara yang ideal. Hal ini wajar, pasalnya, payudara adalah sebuah organ tubuh yang memiliki daya tarik tinggi bagi seorang wanita. Untuk itu, kalian harus mengetahui penyebab payudara kendur atau turun, agar dapat melakukan langkah pencegahan.

Penyebab Payudara Kendur atau Turun

Payudara yang kendur atau turun dapat diakibatkan oleh banyak faktor. Selain karena faktor usia, ada beberapa kebiasaan buruk yang memungkinkan hal ini untuk terjadi. Berikut ini telah kami rangkum beberapa penyebab utama yang membuat payudara menjadi kendur dan turun:

  • Penggunaan Bra yang Kurang Tepat

Penggunaan bra harus dibiasakan sejak payudara dalam masa pertumbuhan. Hal ini bertujuan agar payudara dapat terbentuk dengan baik, dan terhindar dari masalah payudara kendur. Bagi kalian yang memiliki anak perempuan, sebaiknya lebih memperhatikan hal ini.

Selain penggunaan bra, pemilihan jenis bra juga harus diperhatikan. Sebab, dalam beberapa aktivitas, diperlukan jenis bra khusus agar payudara dapat tertopang dengan baik. Misalnya, seperti saat berolahraga, disarankan untuk memilih dan menggunakan sport bra.

Saat sedang berolahraga payudara akan mengalami lebih banyak goncangan. Untuk itu, disarankan memakai bra khusus untuk terhindar dari penyebab payudara kendur atau turun. Dengan menggunakan sport bra, goncangan payudara akan terminimalisir, dan membuat payudara tertopang dengan lebih baik.

  • Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol

Saat ini, rokok dan alkohol bukan lagi sebuah hal tabu bagi wanita. Pasalnya, sudah banyak ditemukan wanita merokok, dan suka minuman beralkohol di tempat-tempat umum. Padahal jika mereka tahu, hal ini dapat memberikan banyak dampak negatif bagi tubuh mereka, khususnya untuk payudara.

Kebiasaan merokok dan minum alkohol menjadi salah satu penyebab dari payudara kendur dan turun. Hal ini disebabkan oleh zat-zat kimia, ataupun komposisi yang terkandung di dalam rokok dan alkohol. Apabila hal ini dibiasakan, maka elastisitas kulit akan menurun dengan drastis. Dampaknya tentu saja akan membuat payudara lebih mudah kendur.

  • Intensitas Olahraga yang Terlalu Tinggi

Olahraga memang sebuah rutinitas yang baik, dan dapat memberikan kesehatan bagi tubuh. Namun, intensitasnya harus dibatasi agar manfaatnya bisa maksimal. Pasalnya, apabila rutinitas olahraga dilakukan terlalu sering, tubuh tidak akan memiliki waktu untuk meregenerasikan energinya.

Olahraga yang terlalu sering, akan membuat payudara mengalami lebih banyak guncangan. Apabila payudara terlalu sering mengalami guncangan, jaringan ikat yang ada di dalam payudara akan lebih mudah kendur. Jika hal ini dibiarkan, otomatis payudara akan lebih mudah kendur, walaupun wanita tersebut masih berusia muda.

Baca juga: Memperbesar Payudara dengan Operasi, Aman Enggak Sih?
  • Penyebab Payudara Kendur atau Turun dan Cara Mengatasinya

  • Berat Badan yang Tidak Stabil

Berat badan yang tidak stabil merupakan salah satu penyebab payudara kendur atau turun. Biasanya, hal ini terjadi ketika seseorang mengalami penurunan berat badan secara drastis. Ketika berat badan tidak stabil, kulit akan sulit untuk menyesuaikan bentuk tubuh. Apalagi jika elastisitas kulit sudah tidak baik. Hal inilah yang meningkatkan risiko payudara kendur.

  • Masa Kehamilan

Saat seorang wanita sedang dalam masa kehamilan, berat badan pasti akan meningkat secara drastis. Kondisi ini menyebabkan ligamen meregang. Ligamen sendiri adalah bagian dari jaringan ikat fibrosa, yang berfungsi untuk menyambungkan persendian dan tulang.

Ketika ligamen pada area payudara meregang, otomatis kekuatannya akan menurun. Hal inilah yang menyebabkan payudara jadi lebih kendur saat masa kehamilan. Walaupun hal ini sangat sulit untuk dicegah, namun risikonya dapat diminimalisirkan. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi, dan jaga pola hidup sehat.

  • Menopause

Menopause adalah kondisi dimana wanita tidak mengalami masa haid lagi. Umumnya, hal ini disebabkan oleh penuaan. Namun dalam beberapa kasus, sering juga ditemukan seorang wanita mengalami masa menopause dini.

Masa menopause menjadi salah satu penyebab payudara kendur atau turun. Hal ini dapat terjadi karena menopause menyebabkan jumlah hormon esterogen dalam tubuh berkurang drastis. Ketika tubuh mengalami penurunan hormon esterogen, maka akan berdampak pula terhadap penurunan kolagen.

Penurunan kolagen dalam tubuh, dapat membuat elastisitas kulit menjadi berkurang. Hal inilah yang membuat payudara jadi tidak tertopang dengan baik, dan akhirnya mengendur. Selain karena hormon esterogen dan kolagen, menopause juga dapat berdampak pada hal lain. Contohnya seperti penggantian jaringan payudara menjadi lemak. Hal inilah yang menjadi penyebab lain payudara menjadi kendur dan turun.

Cara Mencegah  Payudara Kendur dan Turun

Kendur dan turunnya payudara, sebenarnya dapat dicegah. Banyak hal yang bisa dilakukan agar payudara tetap pada bentuk dan ukuran idealnya. Bagi kalian yang ingin menjaga payudara agar tetap kencang, sebaiknya lakukan beberapa hal berikut:

  • Terapkan gaya hidup sehat
  • Cukupi waktu istirahat
  • Membiasakan posisi tubuh yang baik
  • Memilih jenis dan ukuran bra yang tepat
  • Gunakan tabir surya
  • Hindari rokok dan alkohol
  • Rutin melakukan latihan otot dada

Beberapa hal yang telah disebutkan di atas, sangat penting untuk kalian perhatikan. Khususnya bagi kalian yang ingin menghindari penyebab payudara kendur atau turun. Dengan melakukan beberapa hal yang telah disebutkan di atas, payudara akan lebih terjaga bentuk idealnya.

Baca juga: Biaya Implan Payudara di Klinik Kecantikan Beautylogica serta Penjelasan Lengkapnya

Bagaimana Cara Mengatasi Payudara yang Sudah Terlanjur Kendur atau Turun?

Cara Mengencangkan Payudara yang Kendur

Apabila payudara sudah terlanjur kendur, kalian tidak perlu terlalu khawatir. Sebab, dengan semakin berkembangnya ilmu medis, payudara yang kendur sudah dapat diatasi dengan lebih mudah. Berikut adalah jenis perawatan yang dapat digunakan untuk mengatasi payudara kendur atau turun:

  • Breast Rejuvenation

Breast Rejuvenation adalah sebuah perawatan yang bertujuan untuk mengencangkan dan meremajakan payudara. Perawatan ini dilakukan dengan teknik pemijatan, dan menggunakan alat Radio Frequency (RF). Dengan kedua kombinasi dari pemijatan dan alat RF, payudara dapat dibuat lebih kencang tanpa perlu merasakan sakit.

Upaya mengencangkan payudara dengan Breast Rejuvenation juga tidak memiliki risiko ataupun efek samping. Jadi bisa dibilang perawatan yang satu ini cukup aman. Namun untuk mendapatkan hasil yang optimal, dibutuhkan beberapa kali sesi perawatan ulang. Biasanya, jenis perawatan ini dapat kalian temui di klinik-klinik kecantikan.

  • Breast Lifting

Apabila kalian menginginkan payudara kencang dalam waktu yang instan, maka Breast Lifting adalah jawabannya. Prosedur yang satu ini termasuk pada tindakan bedah plastik. Dalam upaya mengencangkan payudara, prosedur Breast Lifting dilakukan dengan cara membuang jaringan berlebih seperti kulit dan lemak.

Karena prosedur yang dilakukan adalah tindakan bedah, Breast Lifting memiliki beberapa gejala pasca prosedur. Contohnya seperti rasa nyeri, kemerahan, dan pembengkakan. Untuk itu, pasca prosedur Breast Lifting membutuhkan beberapa hari masa pemulihan.

Kedua jenis tindakan tersebut, terbukti sangat efektif dalam mengatasi penyebab payudara kendur atau turun. Namun untuk dapat merasakan hasil yang optimal, dibutuhkan konsultasi lebih lanjut dengan dokter terkait. Hal ini bertujuan agar dokter dapat mendiagnosis tindakan yang lebih tepat untuk payudara. Untuk berkonsultasi lebih lanjut terkait tindakan ini, kalian bisa melakukan live chat dengan kami di nomor 0819 0500 0000,

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *