Penyebab Munculnya Komedo di Wajah

Penyebab Munculnya Komedo

Penyebab Munculnya Komedo – Wajah bersih dan cantik adalah idaman bagi setiap wanita. Sebab dengan wajah bersih dan cantik, seorang wanita dapat tampil dengan lebih percaya diri. Selain itu, hal tersebut juga menciptakan aura positif bagi siapa saja yang memilikinya.

Memiliki wajah yang bersih dan cantik tidaklah semudah yang dibayangkan. Pasalnya, ada banyak sekali permasalahan kulit yang dapat timbul kapan saja. Salah satunya adalah munculnya komedo pada wajah. Ketika komedo muncul pada wajah, kulit akan terasa kotor dan kurang enak untuk dipandang.

Bahkan dalam beberapa kasus, orang dengan masalah komedo sering kali merasa tak percaya diri dengan penampilan wajahnya. Hal ini membuktikan bahwa komedo sangat penting untuk dicegah, dan dihilangkan. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang permasalahan komedo, mari kita simak penjelasannya di bawah ini!

Penyebab Munculnya Komedo

Kemunculan komedo pada dasarnya disebabkan oleh tersumbatnya folikel rambut. Dalam kasus ini, folikel rambut dapat tersumbat karena terjadinya penumpukan sel kulit yang bercampur dengan minyak. Apabila kondisi seperti ini dibiarkan, maka komedo akan terbentuk dan muncul pada permukaan kulit.

Ada beberapa faktor yang dapat membuat komedo dapat muncul pada permukaan kulit, yaitu:

  • Kulit terlalu lembab
  • Efek dari zat kimia tertentu, contohnya seperti pomade rambut
  • Konsumsi makanan tinggi lemak dan karbohidrat secara berlebih
  • Kebiasaan merokok
  • Produksi hormon testoterone yang berlebihan
  • Asam lemak bebas yang muncul akibat bakteri’
  • Kadar linoleat yang rendah

Komedo dapat terbentuk karena debris menyumbat duktus sebasea (jalan keluar minyak pada kulit) dan folikel rambut. Penyebab munculnya komedo terjadi ketika duktus memperbanyak diri, dan diiringi oleh produksi minyak yang berlebih.

Baca juga:

Jenis-jenis Komedo

Ada dua jenis komedo yang sering muncul pada permukaan kulit, yaitu:

Komedo Putih

Penyebab Munculnya Komedo Putih

Komedo putih atau Whiteheads ditandai dengan ciri benjolan kecil dan berisi cairan berwarna putih. Kemunculan komedi jenis ini, terjadi akibat sel kulit mati, minyak, dan bakteri terjebak di dalam pori-pori. Umumnya, jenis komedo ini muncul pada area T-Zone di wajah, yaitu dahi, hidung, dan dagu.

Komedo Hitam

Penyebab Munculnya Komedo Hitam

Komedo hitam atau Blackheads bisa dikenali dengan ciri benjolan kecil berwarna gelap. Jenis komedo ini terekspos oleh udara, dan menyebabkan terjadinya oksidasi minyak. Hal inilah yang membuat komedo jenis ini memiliki warna yang kehitaman.

Gejala Munculnya Komedo

Gejala kemunculan komedo tidaklah memiliki ciri khusus ataupun efek rasa nyeri. Namun ketika peradangan sudah terjadi, maka hal ini akan meningkatkan risiko kemunculan jerawat. Kondisi seperti ini terjadi akibat bakteri yang telah menginvasi komedo.

Umumnya, gejala komedo bisa ditandai ketika kulit terasa begitu kotor. Contohnya seperti kulit sangat berminyak, ataupun terkena paparan polusi. Agar komedo tak muncul, sebaiknya selalu rutin membersihkan wajah dari segala kotoran.

Cara Mencegah Munculnya Komedo di Wajah

Mengetahui penyebab munculnya komedo, tentu akan sangat berguna untuk langkah pencegahan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, komedo dapat dicegah dengan cara selalu rutin membersihkan wajah. Namun untuk langkah pencegahan yang benar-benar efektif, ada beberapa hal yang mesti kalian perhatikan, seperti:

  • Bersihkan sel kulit mati dengan scrub lembut atau perawatan eksfoliasi
  • Selalu menjaga kebersihan tangan dan rambut
  • Kontrol tingkat stres
  • Gunakan produk perawatan dengan label non-comedogenic
  • Kurangi konsumsi bahan makanan yang mengandung gula dan tinggi lemak
  • Hentikan kebiasaan merokok
  • Selalu bersihkan sisa makeup sehabis beraktivitas
  • Jaga kebersihan barang pribadi, seperti sprei, sarung bantal, dan handuk

Beberapa cara di atas bisa kalian lakukan dengan cukup mudah. Dengan tips tersebut, kulit  wajah akan terhindar dari komedo hitam maupun komedo putih. Lakukan secara rutin agar wajah lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam permasalahan kulit.

Baca juga:

Cara Menghilangkan Komedo di Wajah

Selain mengetahui penyebab munculnya komedo, penting juga bagi kalian untuk mengetahui cara menghilangkannya. Hal ini sangat berguna, khususnya bagi kalian yang sudah terlanjur mengalami masalah terhadap komedo.

Untuk menghilangkan komedo, ada banyak cara yang dapat dilakukan. Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan. Dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan, kalian bisa mendapatkan rekomendasi perawatan yang tepat, dan sesuai dengan jenis kulit yang kalian miliki.

Berikut adalah beberapa jenis perawatan yang dapat digunakan untuk menghilangkan komedo:

Silk Peel

Silk Peel adalah perawatan yang dilakukan dengan peraduan serum khusus dan alat kristal mikro. Perawatan ini sangat direkomendasikan oleh dokter estetika untuk menghilangkan komedo. Menurut dr. Ratri Ramadianningtyas, dokter estetika dari Beautylogica Clinic, selain untuk mengatasi komedo, perawatan ini juga sangat tepat digunakan untuk mengatasi permasalahan jerawat, dan pori-pori besar.

Derma Peeling

Perawatan untuk menghilangkan komedo yang selanjutnya adalah Derma Peeling. Perawatan ini dilakukan dengan menggunakan peeling berbahan dasar kimia. Cairan kimia yang digunakan, telah diformulasi khusus untuk mengatasi permasalahan pada wajah.

Dengan cairan tersebut, perawatan ini mampu mempercepat proses regenerasi kulit, dan membersihkan kulit secara merata. Dalam prosedur tindakannya, derma peeling akan membuat pengelupasan kulit dan menggantinya dengan lapisan kulit yang lebih sehat.

Facial

Dalam mengatasi penyebab munculnya komedo, prosedur ekstraksi adalah tindakan yang cukup efektif untuk digunakan. Salah satu perawatan yang dapat mengatasi hal ini adalah Facial Treatment. Tidak hanya berguna untuk menghilangkan komedo, perawatan ini juga  dapat bermanfaat untuk membersihkan wajah secara keseluruhan.

Suntik Kortikosteroid

Suntikan kortikosteroid merupakan salah satu tindakan yang dapat berguna untuk mengatasi komedo. Namun perlu kalian ketahui, perawatan ini hanya digunakan ketika komedo memiliki ukuran yang besar. Untuk melakukan prosedurnya, kalian juga membutuhkan konsultasi lebih lanjut dengan dokter kulit ataupun dokter estetika.

Untuk menghilangkan komedo, beberapa perawatan di atas sangat direkomendasikan oleh pakar kecantikan. Agar perawatan dapat dilakukan dengan lebih aman dan efektif, sebaiknya pilihlah dokter ataupun klinik kecantikan yang berkualitas. Untuk konsultasi lebih lanjut, kalian bisa menghubungi kami di nomor 0819 0500 000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *