Berikut Ini Penyebab Munculnya Flek Hitam di Wajah dan Cara Jitu Mengatasinya

Penyebab Munculnya Flek Hitam di Wajah dan Cara Mengatasinya

Penyebab Munculnya Flek Hitam di Wajah Flek hitam merupakan sebuah permasalahan kulit wajah yang sangat menjengkelkan. Bagaimana tidak? Masalah kulit yang satu ini akan meninggalkan jejak yang sangat kontras dengan kulit wajah.

Kondisi semacam ini tentu akan membuat penampilan wajah menjadi terganggu. Ketika dibiarkan pun, flek hitam yang ada di wajah juga bisa bertambah parah. Oleh sebab itu, banyak sekali keluhan terhadap permasalah kulit yang satu ini, khususnya dari para wanita.

Mengerti akan kondisi tersebut, Beautylogica Clinic akan berbagi tips dan informasi seputar flek hitam pada wajah. Mulai dari pengertian, penyebab munculnya flek hitam di wajah, hingga cara jitu untuk mengatasinya. Mau tahu bagaimana kelanjutannya? Simak ulasannya berikut ini:

Apa itu Flek Hitam pada Wajah?

Dalam dunia medis, flek hitam dikenal dengan istilah ephelis. Kondisi ini terjadi ketika munculnya bintik-bintik kecil yang berwarna kehitaman, atau berwarna lebih gelap daripada area kulit yang ada di sekitarnya.

Namun sebagian orang lebih mengenal flek hitam dengan istilah freckles. Hal tersebut sebenarnya tidak terlalu tepat. Mengingat flek hitam hanyalah salah satu dari jenis freckles. Selain di wajah, flek hitam juga dapat muncul di beberapa area lain, seperti lengan, dada, dan leher.

Baca juga: Cara Membuat Wajah Putih Glowing dengan Cepat dan Efektif

Penyebab Munculnya Flek Hitam di Wajah dan Cara Jitu MengatasinyaPenyebab Munculnya Flek Hitam di Wajah

Pada dasarnya, penyebab utama kemunculan flek hitam pada wajah adalah karena peningkatan produksi melanin di dalam tubuh. Kondisi seperti ini, biasanya dapat terjadi ketika seseorang menerima paparan sinar matahari terlalu banyak.

Melanin sendiri adalah sebuah pigmen alami yang menentukan warna kulit. Ketika seseorang memiliki jumlah melanin yang tinggi, maka otomatis semakin gelap juga warna kulit yang dimilikinya. Oleh sebab itu, orang berkulit putih lebih rentan mengalami kemunculan flek hitam pada wajahnya.

Peningkatan produksi melanin dapat terjadi ketika kulit menyerap terlalu banyak sinar UV dari matahari. Kondisi semacam ini dapat dialami oleh siapa saja, baik tua maupun muda. Berikut adalah beberapa faktor yang meningkatkan risiko penyebab munculnya flek hitam di wajah:

  • Faktor genetika atau keturunan
  • Terkena paparan sinar matahari terlalu lama
  • Tidak menggunakan produk perawatan kulit
  • Orang dengan jenis kulit yang berwarna cerah

Kemunculan flek hitam di wajah sangat rentan dialami oleh orang yang tinggal di daerah beriklim/cuaca panas. Untuk itu, dibutuhkan proteksi lebih bagi kulit agar produksi melanin dapat terkontrol dengan baik. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab mengapa orang Barat yang sedang berada di Indonesia, memiliki banyak flek hitam di wajahnya.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Flek Hitam di Wajah?

Apabila kalian merasa takut akan kemunculan flek hitam pada wajah, atau bahkan telah mengalami kondisi semacam ini, sebaiknya segera periksakan kondisi kulitmu ke dokter kulit. Dengan memeriksakan ke dokter kulit, nantinya kalian akan mendapat diagnosa lebih jelas tentang kondisi kulit yang kalian miliki.

Biasanya, dokter akan menanyakan riwayat keluarga, kesehatan pasien, serta aktivitas-aktivitas yang sering dilakukan oleh pasien. Setelah itu, dokter akan mengecek kondisi kulit pasien yang mengalami penyebab  munculnya flek hitam di wajah.

Pengecekan ini biasanya dilakukan pada warna, bentuk, lokasi, ukuran, dan tekstur flek hitam yang dimiliki oleh pasien. Apabila ditemukan hal yang tidak normal, mungkin dokter memerlukan tindakan khusus pada jaringan kulit pasien.

Adakah Cara Mencegah Munculnya Flek Hitam di Wajah?

Bagi kalian yang memiliki masalah flek hitam pada wajah, sebaiknya tidak perlu terlalu khawatir. Sebab, kondisi semacam ini dapat dicegah dengan tips-tips tertentu. Berikut adalah beberapa cara mencegah kemunculan flek hitam pada wajah:

  • Hindari paparan sinar matahari, khususnya di jam 10 pagi hingga 4 sore
  • Memberikan proteksi lebih pada kulit, yaitu dengan tabir surya yang mengandung SPF 30
  • Lakukan perawatan wajah secara rutin di klinik kecantikan atau dengan skincare
  • Kenakan pakaian tertutup apabila beraktivitas  di luar ruangan.

Dengan rutin membiasakan hal-hal diatas, tentu akan meminimalisir penyebab munculnya flek hitam di wajah. Jika dirasa perlu, kalian juga bisa melakukan konsultasi secara bertahap dengan dokter spesialis kulit yang biasa kalian kunjungi.

Baca juga: Treatment Menghilangkan Kerutan di Wajah Rekomendasi Dokter

Apabila Flek Hitam Muncul di Wajah, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Jika kalian mengalami permasalahan flek hitam pada wajah, maka solusi terbaik yang dapat kalian lakukan adalah dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan. Dengan perawatan di klinik kecantikan, kalian akan ditangani langsung oleh dokter spesialis kulit, dan mendapatkan diagnosis yang akurat.

Di Beautylogica Clinic, ada beberapa jenis treatment yang direkomendasikan oleh dokter untuk  mengatasi flek hitam pada wajah. Berikut adalah beberapa jenis treatment tersebut:

1. Derma Peeling

Apabila penyebab munculnya flek hitam di wajah sudah didiagnosa dengan tepat, ada sebuah treatment yang biasanya direkomendasikan oleh dokter, yaitu Derma Peeling. Perawatan kulit ini menjadi salah satu cara jitu untuk mengatasi flek hitam. Pasalnya, dalam tindakan prosedur yang dilakukan, Derma Peeling menggunakan cairan khusus, yaitu Chemical Peeling.

Chemical Peeling adalah sebuah cairan kimia yang telah diformulasi khusus untuk mengatasi berbagai masalah pada wajah. Selain flek hitam, perawatan ini juga dapat mengatasi berbagai masalah kulit lain, seperti menghilangkan kerutan halus, bakteri penyebab jerawat, serta mengangkat sel kulit  mati.

Walaupun menggunakan cairan berbahan dasar kimia, namun perawatan ini sudah teruji klinis dan terbukti aman. Namun, kalian juga tidak bisa melakukan perawatan ini secara sembarangan. Dibutuhkan konsultasi lebih lanjut dengan dokter terkait agar perawatan lebih aman, dan memberi hasil yang maksimal.

2. Black Mask Laser

Salah satu cara mengatasi penyebab munculnya flek hitam di wajah adalah dengan melakukan perawatan laser. Di Beautylogica Clinic, perawatan laser wajah yang paling favorit dikenal dengan nama Black Mask Laser.

Dalam tindakan prosedurnya, perawatan ini menggunakan sinar laser Q-Switched Nd Yag, yang nantinya dapat diserap oleh sel-sel tubuh. Selain dapat mengatasi flek hitam di wajah, perawatan ini juga memiliki beberapa manfaat lain, seperti:

  • Mengatasi bercak kemerahan pada wajah
  • Menyamarkan bekas jerawat
  • Mengatasi jerawat
  • Menyamarkan tato dan tahi lalat

Dengan banyaknya manfaat yang diberikan, tidak heran apabila Black Mask Laser menjadi salah satu Best Seller Treatment yang ada di Beautylogica Clinic. Dalam satu kali sesi perawatan, biasanya dibutuhkan waktu sekitar 40 menit dalam menjalani prosedur Black Mask Laser.

Sama seperti Derma Peeling, perawatan ini juga membutuhkan konsultasi khusus dengan dokter terkait sebelum tindakan dilakukan. Biasanya, dalam satu kali sesi perawatan, hasil treatment sudah bisa langsung terlihat.

Namun dalam beberapa kasus, ada pula orang yang memerlukan beberapa sesi pengulangan tretment. Untuk itu, melakukan konsultasi sangat perlu untuk dilakukan. Jadi, kamu pilih treatment yang mana untuk mengatasi penyebab munculnya flek hitam di wajahmu?

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *