Penyebab Kebotakan Tidak Hanya karena Faktor Keturunan, Cari Tau Penyebab Lainnya dan Cara Mengatasinya!

Ketika mandi ataupun menyisir rambut hampir sebagian besar orang mendapati helaian rambutnya rontok, hal ini sebenarnya normal. Tapi bagaimana jika helaian rambut yang rontok dalam sehari mencapai puluhan bahkan ratusan helai selama sehari? Dan bagaimana jika karena kerontokan tersebut rambutmu mengalami penipisan atau kebotakan dini. Sebenarnya apa yang menjadi penyebab kebotakan dan bagaimana cara mengatasi kebotakan tersebut, mari kita ulas.

Rambut rontok secara berlebihan bahkan bisa mengakibatkan kebotakan secara medis biasa disebut sebagai alopecia. Dalam kasus kebotakan helaian rambut yang mengalami kerontokan ini terjadi secara menyeluruh pada bagian kepala. Kebotakan terjadi pada umumnya disebabkan oleh faktor genetik dari keluarga, namun bukan berarti kamu yang tidak memiliki keluarga yang mengalami kebotakan bisa terbebas dari kebotakan itu sendiri.

Penyebab dari kebotakan ada berbagai macam, antara lain karena stres secara emosional maupun fisik, adanya perubahan hormonal, kekurangan gizi, efek samping obat-obatan, atau menggunakan produk perawatan rambut yang berbahan dasar yang cukup keras. Ketika kamu menemukan tanda-tanda kebotakan kamu bisa langsung memeriksakan diri ke dokter untuk melakukan serangkaian pemeriksaan penyebab dari kebotakan itu sendiri.

Prosedur pemeriksaan penyebab kebotakan biasanya dengan tes darah, biopsi kulit kepala ataupun dengan pemeriksaan kondisi pangkal rambut dengan menggunakan mikroskop cahaya. Pemeriksaan tersebut bertujuan untuk menentukan tingkat keparahan kerontokan rambut. Dokter juga biasanya akan melakukan pemeriksaan dengan cara menyisirkan jari pada rambut untuk melihat seberapa banyak kerontokan yang terjadi.

Layaknya bagian tubuh yang lain, kesehatan rambut juga menjadi hal yang patut diperhatikan. Untuk menghindari atau bahkan mengobati kebotakan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satu caranya dengan mengetahui terlebih dahulu penyebab dari kerontokan rambut tersebut dan sebisa mungkin untuk menghindari penggunaan zat atau obat-obatan yang berbahan dasar keras untuk rambut. Kerontokan rambut sendiri ada yang bersifat sementara dan ada yang bersifat permanen. Untuk kebotakan sementara, ketika kita mengatasi penyebab kerontokan tersebut maka rambut akan kembali normal.

Namun disisi lain, pertambahan usia menjadi hal yang normal untuk penyebab kebotakan. Kebotakan sendiri ada yang menganggap sebagai suatu hal yang biasa dan tidak perlu dipermasalahkan, namun bagi sebagian orang juga menganggap kebotakan bisa menjadi salah satu hal yang sangat mengganggu penampilan dan ingin segera disembuhkan. Dan jika kamu menjadi salah satu orang yang khawatir terhadap kebotakan tersebut, sudah tidak perlu khawatir lagi karena saat ini banyak pengobatan yang menggunakan metode canggih untuk mengatasi kebotakan tersebut.

Hair PRP dan Hair Stemcell bisa menjadi alternatif untuk mengobati kebotakan. Hair PRP merupakan perawatan dengan menggunakan PRP (Platelet Rich Plasma) khusus yang bertujuan untuk mempertebal diameter rambut dan merangsang pertumbuhan rambut baru, sedangkan treatment Hair Stemcell adalah perawatan dengan menggunakan serum growth factor khusus yang bertujuan untuk merangsang pertumbuhan rambut baru dan memperkuat akar rambut.

Treatment yang kamu lakukan tentunya harus sesuai kebutuhan dan juga dengan mendiskusikan terlebih dahulu dengan dokter yang ahli dibidangnya. Karena baik treatment Hair PRP ataupun Hair Stemcell merupakan treatment yang membutuhkan keahlian khusus dan hanya bisa dilakukan oleh tenaga ahli. Jika kamu ingin tau perawatan apa yang tepat untuk rambut kamu, kamu bisa langsung datang ke Beautylogica Clinic. Di sana kamu bisa langsung konsultasikan masalah rambutmu kepada dokter yang sudah berpengalaman. Di Beautylogica Clinic kamu akan ditangani langsung oleh tenaga ahli, dan juga prosedur yang dilakukan dijamin aman sesuai dengan standar medis. untuk informasi lebih lanjut kamu bida kunjungi instagram Beautylogica Clinic di @beautylogica.clinic dan website Beautylogica Clinic di beautylogicaclinic.com. Atau bisa hubungi hotline Beautylogica Clinic di 0819-0500-0000.

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *