Penyebab Jerawat di Jidat, Ternyata ini Jawabannya!

Penyebab Jerawat di Jidat

Penyebab Jerawat di Jidat – Jerawat merupakan pengganggu yang sangat menyebalkan. Pasalnya, jerawat dapat muncul dimana saja, entah itu di pipi, jidat, dada, bahkan hingga punggung. Jika tidak ditangani dengan benar, permasalahan kulit ini tentu akan sangat merusak mood.

Selain dapat merusak mood, jerawat tentu akan sangat merusak penampilan. Dengan ciri benjolan berwarna merah, tentu jerawat akan sangat kontras dan terlihat di kulit. Belum lagi jerawat juga menimbulkan rasa yang nyeri dan gatal. Bahkan jika sudah termasuk peradangan jerawat, penderitanya mungkin akan merasakan sensasi panas dan sangat sakit.

Pada artikel kali ini, Beautylogica Clinic akan membagian informasi seputar jerawat yang ada di dahi. Apa penyebabnya, bagaimana cara pencegahannya, hingga jenis perawatan yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Penyebab Jerawat di Jidat?

Pada umumnya, jerawat di jidat terlihat seperti benjolan kecil berwarna merah. Kadang-kadang, pada bagian atasnya juga berwarna putih. Hal tersebut disebabkan oleh berkumpulnya nanah pada jerawat tersebut. Faktor utama yang menjadi penyebab dari munculnya jerawat di jidat adalah produksi minyak yang berlebih.

Normalnya, minyak yang diproduksi oleh tubuh berfungsi untuk melindungi kulit. Namun apabila produksinya tidak terkontrol dengan baik, minyak dapat menyumbat pori-pori pada kulit. Ketika pori-pori tersumbat, di sana pasti akan menyimpan bakteri serta kotoran yang jika didiamkan, akan memicu munculnya jerawat pada kulit.

Kondisi berlebihnya produksi minyak dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti hormon, stres, dan pengaruh obat-obatan tertentu. Selain produksi minyak berlebih,  penyebab jerawat di jidat juga dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut:

Iritasi pada kulit

Menggunakan aksesoris seperti topi dan ikat kepala dapat membuat kulit dahi atau jidar menjadi iritasi. Apalagi jika kulit yang kamu miliki tergolong sensitif sensitif. Jika iritasi kulit terjadi, maka risiko kemunculan jerawat pada area jidat akan semakin tinggi.

Penggunaan produk penata rambut

Penggunaan pomade, minyak rambut, dan gel dapat memicu munculnya jerawat di jidat. Pasalnya, produk-produk tersebut mayoritas mengandung minyak kelapa. Kandungan minyak kelapa dapat membuat kulit kepala dan jidat Anda lebih berminyak sehingga risiko munculnya jerawat akan lebih besar.

Rambut yang kurang bersih

Tahukan kamu jika rambut juga bisa menjadi salah satu faktor munculnya jerawat di jidat? Apabila rambut yang kamu miliki kurang bersih, maka segala kotoran yang ada pada rambut dapat menempel pada jidat. Jika dibiarkan, kondisi seperti ini dapat menyumbat pori-pori pada kulit jidat, dan akhirnya jerawat pun akan muncul.

Bagaimana Cara Mengatasi Jerawat di Jidat?

Setelah mengetahui tentang segala penyebab jerawat di jidat, maka sekarang saatnya kamu mengetahui tentang bagaimana cara mengatasi jerawat di jidat yang tepat. Dalam upaya menghilangkan jerawat, sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan.

Umumnya, untuk menghilangkan jerawat kamu bisa memanfaatkan bahan alami ataupun melakukan perawatan di klinik kecantikan. Kedua jenis cara ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Yuk simak pembahasannya berikut ini:

Mengatasi Jerawat dengan Bahan Alami

Penyebab Jerawat di Jidat dan cara mengatasinyaPenggunaan bahan alami untuk perawatan wajah memang sudah terkenal dari zaman dahulu, bahkan hingga sekarang. Dengan menggunakan bahan alami, perawatan wajah dianggap lebih aman dan minim risiko. Namun, hasil yang diberikan tentu tidak secepat jika melakukan perawatan di klinik kecantikan. Mau tahu bahan alami apa saja yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat di jidat? Berikut adalah penjelasannya;

Cuka sari apel

Cuka yang dibuat dari jus apel yang difermentasi ini juga sangat ampuh mengendalikan jerawat karena sifat antibakteri dan antiinflamasi. Encerkan satu sendok makan cuka sari apel dengan tiga sendok makan air, lalu oleskan di dahi dan biarkan semalaman. Sebaiknya gunakan juga ketika tanda-tanda dari penyebab jerawat di jidat sudah mulai muncul.

Lemon

Mengoleskan jus lemon di dahi bisa menghilangkan jerawat membandel, karena lemon mengandung vitamin C serta bersifat antiinflamasi dan antibakteri. Campurkan satu sendok makan jus lemon alami dan dua sendok makan air dalam mangkuk, oleskan merata di dahi yang berjerawat.

Putih telur

Putih telur mengandung enzim lisozim yang membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan membuat kulit menjadi lebih halus. Oleskan putih telur ke dahi yang berjerawat menggunakan sikat lembut. Biarkan selama 30 menit, lalu cuci dengan air dingin. Selain untuk mengatasi penyebab jerawat di jidat, putih telur pun dapat membuat kulit menjadi cerah, lho!

Tomat

Buah tomat mengandung vitamin C berlimpah dan berfungsi sebagai antiperadangan. Anda yang memilih tomat sebagai cara menyingkirkan jerawat bisa langsung memotong buah merah itu. Gosokkan pada area yang terkena, biarkan selama 15-20 menit, lalu bilas sampai bersih.

Mengatasi Jerawat dengan Metode Medis

Mengatasi jerawat dengan metode medis dianggap lebih efektif. Selain itu, dengan metode medis juga memberikan hasil yang lebih instan. Risikonya, jika kamu tidak ditangani oleh dokter yang berpengalaman, wajahmu akan berisiko menjadi rusak. Hal ini biasanya karena kulit kamu tidak teridentifikasi dengan baik dan penanganan yang kurang profesional. Berikut adalah jenis perawatan yang dapat digunakan untuk mengatasi penyebab jerawat di jidat:

Derma Peeling

Yakni sebuah perawatan guna mengangkat sel kulit mati dengan menggunakan cairan kimia yang dirancang khusus untuk kulit. Tujuan utama dari jenis perawatan ini adalah untuk menghilangkan bakteri dan jerawat. Namun di samping itu, Derma Peeling juga dapat digunakan untuk mencerahkan kulit, menghilangkan kerutan & flek hitam.

Treatment ini cocok sekali untuk kamu yang memiliki masalah seperti yang sudah disebutkan tadi. Durasi pengerjaan treatment ini sekitar 30 – 45 menit, treatment ini sangat aman. Efek sampingnya yakni terjadi pengelupasan ringan yang akan terjadi selama 7 hingga 10 hari. Dalam masa pemulihan ini, sebaiknya kamu tidak terkena paparan sinar matahari. Hal ini sangat penting agar perawatan untuk mengatasi penyebab jerawat di jidat dapat lebih maksimal.

Black Mask Laser

Perawatan ini cocok bukan hanya untuk kamu yang memiliki masalah jerawat pada jidat, namun kemunculan jerawat pada beberapa bagian wajah seperti pipi, dagu, dll juga dapat ditangani dengan perawatan ini. Dalam tindakan prosedurnya, Black Mask Laser menggunakan Laser Q-Switched Nd Yag, dimana sinar yang ditembakkan akan diserap oleh sel-sel tubuhmu dan berubah jadi panas yang kemudian diaplikasikan ke anggota tubuh guna memperbaiki beberapa permasalahan kulitmu.

Selain untuk kulit berjerawat, treatment ini juga cocok untuk mengatasi flek hitam, bercak kemerahan, bekas jerawat, juga wajah yang berminyak. Treatment ini memakan waktu 30 hingga 45 menit. Usai treatment, kamu dianjurkan untuk menggunakan krim anti iritasi dan sunscreen, serta menghentikan pemakaian krim malam dan make up untuk sementara waktu. Treatment ini adalah jawaban tepat untuk kamu yang sedang  mencari treatment mengatasi penyebab jerawat di jidat.

Cortisore Injection

Cortisore Injection adalah sebuah perawatan untuk mengatasi jerawat yang dilakukan dengan teknik penyuntikkan. Timbulnya jerawat membuat kamu kerap kali menjadi tidak percaya diri, kamu bisa melakukan perawatan ini agar jerawat tersamarkan. Treatment ini juga bisa mengurangi peradangan pada jerawatmu.

Durasi pengerjaan treatment ini kurang lebih 10 menit. Tidak ada waktu pemulihan, sehingga kamu bisa beraktivitas seperti biasa usai melakukan treatment ini. Lakukan pengulangan untuk hasil yang maksimal, tentu dengan saran dan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yaa! Jadi tunggu apalagi? Segera kunjungi Beautylogica Clinic untuk mengatasi penyebab jerawat di jidat yang ampuh!

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *