Penyebab Garis Halus di Wajah & Cara Tepat untuk Mengatasinya

Penyebab Garis Halus di Wajah & Cara Tepat untuk Mengatasinya

Penyebab Garis Halus di Wajah – Garis halus yang muncul di permukaan kulit, menjadi sebuah masalah yang tak bisa dianggap sepele. Sebab apabila kondisi ini dibiarkan,  garis halus dapat menimbulkan rasa kurang percaya diri karena merusak penampilan.

Munculnya garis halus dapat dialami oleh siapa saja. Baik itu pria, wanita, tua, dan muda, semua memiliki risiko yang sama. Jadi, siapa saja harus berhati-hati terhadap permasalahan ini. Jika kemunculan garis halus dibiarkan, maka kondisi ini juga dapat menimbulkan permasalahan kulit yang lain.

Salah satu permasalahan yang erat kaitannya dengan garis halus adalah keriput atau kerutan. Kedua permasalahan ini sebenarnya sangatlah berbeda. Namun, masih banyak orang yang salah mengira dan menganggap kedua hal tersebut adalah sama.

Pada artikel kali ini, Beautylogica Clinic akan membahas informasi terkait dengan garis halus di wajah. Mulai dari penyebab garis halus di wajah, perbedaan garis halus dan keriput, serta bagaimana cara yang tepat untuk mengatasinya. Untuk pembahasan lebih lanjut, mari simak penjelasannya di bawah ini!

Baca juga:

Apa Penyebab Garis Halus di Wajah?

Faktor munculnya garis halus di wajah

Garis halus yang sering muncul di wajah dapat disebabkan oleh beberapa hal. Setidaknya, ada tiga faktor penting yang dianggap paling sering memicu terjadinya garis halus. Berikut adalah diantaranya:

Sinar UV

Radiasi sinar UV merupakan salah satu penyebab dari munculnya garis halus di wajah. Paparan sinar UV pada kulit yang terjadi dalam jangka waktu yang lama dapat merusak kesehatan kulit. Kulit akan kehilangan kekenyalannya, menjadi kering dan kusam. Hal tersebutlah yang dapat memicu kemunculan garis-garis halus.

Dehidrasi

Dehidrasi tidak hanya dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Saat asupan cairan pada tubuh tidak terpenuhi, maka sel-sel tubuh akan mengalami dehidrasi, termasuk pada sel kulit. Sel- sel kulit yang dehidrasi akan mengganggu kondisi ideal kulit, dan menimbulkan terjadinya garis halus. Itulah mengapa dehidrasi dapat dikatakan sebagai salah satu penyebab garis halus di wajah.

Merokok

Zat-zat berbahaya di dalam rokok bisa membuat kulit menjadi kering dan kusam. Kontraksi otot-otot mulut saat mengisap rokok juga memicu kehadiran garis-garis halus di sekitar mulut. Jika hal ini dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, maka garis halus akan menjadi semakin dalam dan menimbulkan keriput.

Perbedaan Keriput dan Garis Halus pada Wajah

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, keriput dan garis halus sebenarnya adalah dua hal yang berbeda. Namun faktanya, masih banyak orang yang menganggap hal ini adalah sama. Untuk lebih memahami perbedaan antara kedua hal tersebut, mari kita uraikan definisinya.

Garis halus adalah lipatan kulit kecil yang biasanya muncul dan terlihat pada area wajah yang paling ekspresif. Beberapa area tersebut bisa kita lihat seperti di area sekitar mata, mulut, dan dahi. Dari ketiga penyebab yang telah disebutkan di atas, garis ekspresif menjadi salah satu penyebab garis halus di wajah yang paling tidak disadari. Padahal, garis ekspresif sangat berperan besar terhadap munculnya garis halus pada wajah.

Berbeda dengan garis halus, keriput terjadi karena faktor bertambahnya usia. Keriput juga tampak lebih jelas dibandingkan garis halus. Kerutan bahkan cenderung terlihat jelas di permukaan kulit, meski kamu tidak membuat ekspresi wajah.

Selain itu, hal penting yang perlu diingat adalah garis-garis halus bisa menjadi permanen dan berubah menjadi lipatan kulit yang lebih dalam dan jelas. Kondisi inilah yang mengakibatkan munculnya kerutan pada kulit. Jadi ketika kalian tidak ingin memiliki keriput pada kulit, sebaiknya hindari hal-hal yang dapat memicu terjadinya garis halus, yaa!

Baca juga:

Cara yang Tepat untuk Mengatasi Garis Halus di Wajah

cara untuk Mengatasi Garis Halus di Wajah

Untuk mengatasi masalah garis halus di wajah, kalian tidak bisa melakukannya dengan sembarangan. Sebab, jika penanganan dilakukan dengan tidak tepat, maka bukan tidak mungkin hal ini dapat menimbulkan permasalahan kulit lainnya.

Agar proses perawatan dapat berjalan dengan lancar, kalian membutuhkan konsultasi dan penangan yang tepat dari dokter ahli. Dengan melakukan pengecekan fisik, dokter akan menyarankan jenis perawatan apa yang cocok untuk dilakukan.

Pada kasus penyebab garis halus di wajah, ada beberapa jenis perawatan yang dapat digunakan, yaitu:

1. Derma Skin Booster

Derma skin booster adalah sebuah perawatan yang dilakukan dengan kombinasi serum khusus dan capsugen. Kombinasi antara kedua hal tersebut, dapat mempercepat proses peremajaan kulit. Dengan proses peremajaan yang sempurna, wajah tentu akan terhindar dari kemunculan garis halus.

Selain dapat mengatasi penyebab garis halus di wajah, perawatan ini juga dapat memberikan beberapa manfaat lain. Contohnya seperti menutrisi kulit, mengatasi minyak berlebih dan flek hitam, serta mengecilkan pori-pori yang besar.

2. Botox

Botox adalah sebuah perawatan injeksi yang dilakukan dengan obat bernama botulinum toxin. Cara kerja obat ini adalah untuk merileksasikan otot. Dengan membuat otot rileks, maka kulit akan menjadi lebih kencang dan terhindar dari kerutan.

Dalam tindakan prosedurnya, botox juga dapat digunakan untuk mengatasi garis halus pada wajah. Dengan suntikan yang dianjurkan oleh dokter, kulit kalian akan tampak lebih kencang dan awet muda. Selain untuk mengatasi kerutan dan garis halus, botox juga dapat digunakan untuk mengurangi keringat berlebih.

3. Thread Lift

Jika garis halus sudah terlalu parah dan mengarah pada terjadinya keriput, maka perawatan ini sangat cocok untuk dilakukan. Thread Lift atau tanam benang adalah sebuah metode perawatan yang bertujuan untuk mengencangkan kulit, dengan menggunakan metode benang.

Dalam tindakan prosedurnya, benang akan dimasukkan ke dalam kulit untuk menciptakan tarikan yang nantinya dapat mengencangkan kulit. Perawatan ini sangat aman untuk dilakukan. Sebab, tindakan prosedur hanya bisa ditangani oleh dokter kulit ataupun dokter estetika yang ada di klinik kecantikan.

Bagi kalian yang ingin berkonsultasi lebih lanjut seputar perawatan dan penyebab garis halus di wajah, segera hubungi kami di nomor 0819 0500 0000.  Kami akan dengan senang melayani dan memberikan pelayanan terbaik bagi kalian yang membutuhkan.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *