Penyebab Flek Hitam dan Cara Cepat untuk Mengatasinya

Penyebab Flek Hitam – Flek hitam menjadi salah satu masalah kulit yang paling menyebalkan. Pasalnya, flek hitam mampu merusak penampilan wajah, serta mengurangi rasa percaya diri bagi penderitanya. Selain itu, flek hitam juga sangat sulit untuk dihilangkan.

Orang dengan flek hitam di kulitnya, pasti akan merasa minder dengan penampilannya. Oleh sebab itu, informasi mengenai cara menghilangkan flek hitam sangat banyak dicari orang. Nah, apakah kamu adalah salah satunya?

Pada artikel kali ini, kami akan mengupas secara tuntas seputar masalah flek hitam. Mulai dari penyebab, diagnosa, cara mencegah, hingga cara mengatasi. Bagi kamu yang punya masalah serupa, simak baik-baik artikel ini, yaa!

Penyebab Flek Hitam Menurut Dokter

Menurut dr. Ratri Ramadianningtyas, penyebab utama dari munculnya flek hitam adalah karena produksi melanin yang berlebih. Bagi yang belum tahu, melanin adalah sebuah pigmen alami yang bertugas untuk memberi warna pada kulit. Semakin banyak seseorang memiliki melanin, maka semakin gelap pula kulit yang mereka miliki.

Nah, kemunculan flek hitam, disebabkan karena produksi melanin berlebih pada suatu area kulit. Hal inilah yang menyebabkan kulit tersebut lebih gelap, dibandingkan dengan area kulit lain di sekitarnya. Menurut dr. Ratri, ada beberapa hal yang dapat memicu terjadinya hal ini, yaitu:

Penyebab Flek Hitam Menurut Dokter

Paparan Sinar UV

Sinar UV merupakan salah satu penyebab utama dari kemunculan flek hitam. Sebagai informasi, paparan sinar UV secara berlebih, dapat menstimulasi produksi melanin menjadi lebih banyak. Hal inilah yang membuat kulit menjadi lebih gelap, atau dikenal juga dengan istilah Hiperpigmentasi. ‘

Pengaruh Obat-obatan

Beberapa obat-obatan tertentu, juga dapat menjadi faktor penyebab flek hitam. Hal ini bisa terjadi, karena efek samping dari obat tersebut. Biasanya, efek samping yang dirasakan adalah membuat kulit lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari. Hal inilah yang akibatnya menyebabkan flek hitam muncul pada kulit.

Faktor Genetik

Genetik atau keturunan menjadi penyebab lain dari munculnya flek hitam. Biasanya, hal ini terjadi pada orang yang memiliki warna kulit cerah. Kemunculan flek hitam jenis ini, biasanya muncul di sekitar area dahi, hidung, bawah mata, dan pipi.

Faktor Lingkungan

Munculnya flek hitam juga tak lepas dari faktor lingkungan. Contohnya, orang yang hidup di negara tropis, cenderung lebih berisiko mengalami permasalahan ini. Hal ini disebabkan, karena negara tropis lebih akrab dengan paparan sinar matahari. Faktor ini juga menjadi penyebab, mengapa orang-orang di negara tropis memiliki kulit yang berwarna lebih gelap.

Beberapa penyebab flek hitam di atas, sangat penting untuk diwaspadai. Jika kamu termasuk orang yang rentan mengalami flek hitam, sebaiknya hindari beberapa faktor tersebut. Hal ini guna mencegah risiko kemunculan flek hitam, ataupun mencegah flek hitam menjadi lebih banyak.

Diagnosis Flek Hitam

Flek hitam umumnya berbentuk oval dan berwarna kecokelatan atau lebih gelap. Gangguan kulit yang satu ini, dapat muncul di beberapa area tubuh. Misalnya seperti wajah, leher, dada, lengan, bahu, dan bagian-bagian tubuh lainnya.

Munculnya flek hitam pada kulit, sebenarnya bukanlah sebuah hal yang berbahaya. Bagi kita orang Indonesia, flek hitam bahkan bisa dikatakan sebagai sebuah hal yang umum. Namun karena kemunculannya dapat merusak penampilan, banyak orang menjadi terganggu dengan kehadirannya.

Meskipun tidak berbahaya, gejala flek hitam juga dapat menjadi penyebab timbulnya melanoma. Oleh karena itu, jika flek hitam muncul dengan rasa perih dan sedikit pembengkakan, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Cara Mencegah Flek Hitam

Setelah mengetahui beberapa faktor dari penyebab flek hitam, kamu juga wajib tahu bagaimana cara mencegah permasalahan yang satu ini. Jika kamu ingin terhindar dari masalah flek hitam, berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan:

Mencegah Flek Hitam

Hindari Aktivitas di Bawah Paparan Sinar Matahari

Beraktivitas di luar ruangan memang sangat menyenangkan. Namun jika kamu memiliki masalah terhadap flek hitam, sebaiknya mulai kurangi aktivitas semacam ini. Terutama pada saat matahari sedang terik, yaitu dari pukul 10 pagi hingga 4 sore.

Gunakan Pakaian Tertutup

Memakai pakaian tertutup, menjadi salah satu cara mencegah flek hitam yang paling mudah untuk dilakukan. Dengan cara ini, kamu dapat meminimalisir paparan sinar matahari pada kulit. Gunakan pakaian tertutup, terutama jika ingin beraktivitas di luar ruangan, ataupun pada saat cuaca sedang terik.

Pakai Produk Skincare untuk Mencerahkan

Rutin memakai produk skincare, tidak hanya baik untuk kesehatan dan penampilan wajah. Namun, hal ini juga baik untuk mencegah kemunculan flek hitam. Dengan rutin memakai produk skincare, kamu bahkan dapat memberi nutrisi lebih pada kulit, sehingga kulit dapat menjadi lebih cerah. Untuk hasil optimal, hindari juga berbagai penyebab flek hitam yang telah disebutkan sebelumnya.

Memakai Sunscreen

Sunscreen adalah salah satu produk yang sangat berguna untuk kulit. Produk ini berguna untuk memberi perlindungan lebih pada kulit, terutama dari paparan sinar UV. Rutin menggunakan sunscreen, merupakan cara yang sangat efektif untuk mencegah kemunculan flek hitam. Untuk di Indonesia sendiri, disarankan memakai produk sunscreen yang memiliki kadar SPF 30.

Cara Cepat Mengatasi Flek Hitam

Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk mengatasi flek hitam. Jika kamu ingin mengatasi masalah ini dengan cepat, kamu bisa coba dengan menggunakan krim topikal, chemical peeling, ataupun perawatan mikrodermabrasi.

Ketiga cara tersebut, sudah terbukti secara ampuh untuk mengatasi permasalahan  dan penyebab flek hitam. Nah, namun ada satu cara lagi yang dinilai lebih ampuh, dan dapat dengan cepat digunakan untuk mengatasi flek hitam. Cara tersebut adalah dengan menggunakan teknologi laser. Untuk informasi lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut!

Laser Flek Hitam

Pengobatan flek hitam dengan menggunakan laser, dilakukan dengan laser yang bernama Q-Switched Nd YAG. Sinar laser jenis ini, memiliki panjang gelombang sekitar 1064 nm dan 532 nm.

Cara kerja dari perawatan ini sebenarnya cukup simpel. Dengan alat yang digunakan, perawatan ini mampu menghantarkan energi panas, sehingga memecah pigmen-pigmen pengganggu pada kulit.

Dengan cara kerja tersebut, pigmen penyebab flek hitam dapat dipecah. Sehingga dapat membuatnya pudar, dan terlihat lebih cerah.

Selain dapat mengatasi flek hitam, jenis laser ini juga dapat mengatasi beberapa hal lain. Misalnya seperti mematikan bakteri penyebab jerawat, mengatasi kulit kusam, mengecilkan pori-pori, dan mengontrol minyak berlebih.

Biaya Laser untuk Menghilangkan Flek Hitam

Untuk menghilangkan flek hitam dengan cepat, perawatan laser adalah opsi yang paling tepat untuk dilakukan. Selain prosedurnya mudah dan cepat, perawatan ini juga sudah terbukti efektif untuk mengatasi permasalahan kulit.

Biaya laser untuk menghilangkan flek hitam pun cukup bervariasi pada setiap klinik kecantikan. Namun umumnya, biaya dari perawatan ini adalah sekitar Rp. 1.000.000 – Rp. 1.200.000. Tergantung di klinik mana kamu melakukan perawatan, serta dokter kecantikan yang mengatasi.

Bagi kamu yang ingin menghilangkan flek hitam dengan cepat, segeralah lakukan treatment di Beautylogica. Di sini, kamu juga bisa berkonsultasi lebih lanjut seputar penyebab flek hitam dengan dokter. Untuk informasi dan reservasi, silahkan hubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.