Penyebab Bintik Hitam di Wajah & Cara Ampuh untuk Mengatasinya

Penyebab Bintik Hitam di Wajah & Cara Ampuh untuk Mengatasinya

Penyebab Bintik Hitam di Wajah – Bintik hitam di wajah merupakan sebuah masalah kulit yang sangat meresahkan. Sebab dengan kemunculannya, bintik hitam dapat membuat wajah menjadi kurang menarik. Selain itu, bintik hitam di wajah juga meninggalkan jejak yang kontras dengan kulit.

Ketika bintik hitam sudah muncul pada kulit wajah, banyak orang menjadi kurang percaya diri. Hal ini terasa wajar. Mengingat bintik hitam di wajah sangatlah sulit untuk dihilangkan. Untuk mengatasi permasalahan kulit ini, tindakan biasa tidak akan cukup untuk dilakukan.

Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya? Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas secara tuntas tentang permasalahan kulit tersebut. Mulai dari penyebab bintik hitam di wajah, cara untuk mengatasinya, serta berbagai informasi lain terkait permasalahan kulit tersebut. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita simak penjelasannya di bawah ini!

Apa itu Bintik Hitam di Wajah?

Dalam bahasa medis, bintik hitam dikenal juga dengan nama Ephelis. Kemunculan flek hitam merupakan salah satu permasalahan yang sering terjadi pada kulit. Permasalahan kulit ini dapat muncul di beberapa area pada tubuh, seperti wajah, dada, lengan, ataupun leher.

Kemunculan bintik hitam di wajah, lebih rentan dialami oleh mereka yang memiliki warna kulit cerah. Walaupun kemunculannya tidaklah berbahaya, namun orang yang memiliki bintik hitam di wajah tetap harus berwaspada. Pasalnya, bintik hitam memiliki ciri yang mirip dengan tumor kulit, ataupun melanoma.

Baca juga:

Penyebab Bintik Hitam di Wajah

Bintik Hitam di Wajah

Pada dasarnya, kemunculan bintik hitam di wajah disebabkan oleh peningkatan melanin yang ada pada kulit. Bagi yang belum tahu, melanin adalah pigmen alami yang menentukan warna kulit seorang manusia. Ketika seseorang memiliki jumlah melanin lebih banyak, otomatis kulit yang dimiliki pasti akan lebih gelap.

Nah, berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko munculnya bintik hitam di wajah:

Terpapar Sinar Matahari dalam Waktu Lama

Paparan sinar matahari merupakan faktor utama yang memengaruhi produksi melanin dalam tubuh. Pada jam-jam tertentu, paparan sinar matahari dapat menghantarkan sinar UV yang berbahaya bagi kulit. Selain dapat membuat kulit lebih gelap, paparan sinar matahari juga dapat membuat kulit menjadi terbakar, dan bahkan kanker kulit.

Jika kalian terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang lama, hal ini dapat meningkatkan risiko kemunculan bintik hitam. Jadi untuk meminimalisir terjadinya hal tersebut, sebaiknya kurangi intensitas paparan sinar matahari, dan selalu gunakan tabir surya.

Polusi Udara

Penyebab bintik hitam di wajah yang berikutnya adalah polusi udara. Hal ini dapat terjadi karena polusi udara dapat menimbulkan iritasi pada kulit. Saat iritasi terjadi, maka kulit akan mengalami inflamasi yang dapat merusak lapisan kulit.

Kondisi seperti ini nantinya dapat meningkatkan produksi melanin dalam tubuh, dan mengakibatkan bintik hitam dapat muncul. Untuk menghindarinya, kalian dapat menggunakan masker atau penutup wajah ketika berada di luar ruangan.

Penggunaan Produk Kosmetik yang Salah

Setiap orang pasti memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, kalian tidak bisa menggunakan produk kosmetik secara sembarangan. Pasalnya, ketika kalian menggunakan produk kosmetik yang tidak cocok, hal ini dapat menimbulkan kemunculan bintik hitam pada wajah.

Hal ini dapat terjadi karena bahan atau zat kimia yang terdapat di dalam produk kosmetik. Salah satu contoh zat yang berbahaya adalah merkuri. Ketika penggunaannya tidak cocok dengan kulit, merkuri dapat membuat produksi melanin menjadi berlebih, dan mengakibatkan kemunculan bintik hitam pada wajah.

Terjadinya Perubahan Hormon

Pada kondisi tertentu, wanita sering mengalami perubahan hormon pada tubuhnya. Contohnya  adalah pada saat dalam keadaan hamil. Pada kondisi seperti ini, hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh wanita menjadi tidak stabil.

Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab bintik hitam di wajah dapat muncul. Ketika hormon diproduksi terlalu berlebihan, maka risiko kemunculan bintik hitam pun akan semakin tinggi. Namun ketika hormon kembali normal, kondisi seperti ini pun akan ikut mereda.

Luka Bekas Jerawat

Bintik hitam di wajah juga dapat terjadi akibat luka bekas jerawat. Biasanya hal ini terjadi karena penanganan jerawat yang salah. Selain itu, hal ini juga dapat terjadi karena terlalu sering menyentuh, ataupun memencet jerawat. Jadi untuk menghindarinya, lakukanlah perawatan dengan tepat.

Baca juga:

Cara Ampuh untuk Mengatasi Bintik Hitam di Wajah

Peeling Wajah untuk Mengatasi Bintik Hitam

Untuk mengatasi bintik hitam di wajah, dibutuhkan tindakan khusus agar bisa lebih efektif. Salah satu cara yang dapat kalian lakukan adalah perawatan di klinik kecantikan. Dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan, setiap tindakan nantinya akan dilakukan dengan lebih aman dan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Di klinik kecantikan pula, kalian akan mendapatkan rekomendasi berbagai perawatan untuk mengatasi bintik hitam di wajah. Nah, salah satu yang paling terkenal ampuh untuk mengatasi masalah ini adalah perawatan Derma Peeling. Mau tahu lebih lanjut tentang perawatan ini? Mari simak pembahasan berikut:

Derma Peeling

Derma Peeling adalah sebuah perawatan kulit yang dilakukan dengan menggunakan cairan chemical. Cairan ini telah diformulasi khusus agar aman untuk kulit, dan dapat mempercepat proses peremajaan kulit. Bagi kalian yang risau akibat penyebab bintik hitam di wajah, maka perawatan ini sangatlah direkomendasikan.

Perawatan ini dapat memberikan manfaat yang cukup banyak bagi kulit. Selain dapat menghilangkan bintik hitam di wajah, perawatan ini juga mampu mengatasi garis halus, dan mencerahkan kulit wajah. Pada tindakan tertentu, derma peeling bahkan dapat digunakan untuk mengurangi kerutan, menghaluskan kulit, serta memperbaiki tekstur kulit.

Derma peeling bisa kalian temukan dengan mengunjungi klinik kecantikan. Prosedur perawatan ini pun sangat aman untuk dilakukan. Sebab, tindakan prosedur akan ditangani oleh dokter estetika langsung, ataupun para terapis kecantikan yang sudah berpengalaman.

Salah satu klinik kecantikan yang menyediakan jasa perawatan ini adalah Beautylogica. Bagi kalian yang berminat melakukan perawatan ini, silahkan lakukan reservasi terlebih dulu dengan kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *