Pantangan Setelah Treatment HIFU yang Jarang Diketahui

Pantangan Setelah Treatment HIFU yang Jarang Diketahui | Beautylogica

Pantangan Setelah Treatment HIFU – Perawatan HIFU merupakan salah satu solusi terbaik, untuk melakukan pengencangan wajah. Prosedur kecantikan ini banyak digemari, karena tindakan prosedurnya tidak membutuhkan pembedahan.

Namun, apakah kalian tahu bahwa perawatan ini tetap memiliki beberapa pantangan? Nah, bagi kalian yang ingin mencoba perawatan ini, sebaiknya ketahui terlebih dahulu informasi tentang HIFU secara lengkap. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini:

Gambaran Umum Tentang Perawatan HIFU

HIFU atau High Intensity Focused Ultrasound adalah perawatan kosmetik yang relatif baru untuk pengencangan kulit. Sebagian orang menganggap perawatan ini sebagai prosedur pengencangan wajah terbaik, karena tindakan prosedurnya dilakukan tanpa menimbulkan rasa sakit.

Perawatan ini menggunakan energi ultrasound untuk mendorong produksi kolagen, yang menghasilkan kulit lebih kencang.HIFU paling banyak dikenal karena penggunaannya dalam mengobati tumor. Diketahui, penggunaan HIFU yang pertama kali untuk prosedur estetika adalah pada tahun 2008.

HIFU kemudian disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) pada tahun 2009 untuk pengencangan alis. Alat tersebut juga telah disetujui oleh FDA pada tahun 2014 untuk memperbaiki garis dan kerutan pada dada bagian atas dan garis leher. Selain mengetahui tentang seluk beluk perawatan HIFU, kalian juga harus mengetahui pantangan setelah treatment HIFU.

Beberapa uji klinis kecil telah menemukan HIFU aman dan efektif untuk mengangkat wajah dan menghaluskan kerutan. Orang dapat melihat hasilnya dalam beberapa bulan setelah perawatan, tanpa risiko yang terkait dengan operasi.

Bukti lebih lanjut akan diperlukan untuk mengetahui siapa yang paling cocok untuk jenis prosedur ini. Sejauh ini, HIFU dianggap sebagai perawatan yang menjanjikan, dan dapat menggantikan pengencangan wajah, terutama pada orang muda yang tidak menginginkan risiko dan waktu pemulihan yang terkait dengan operasi.

Baca juga: Perawatan Agar Wajah Mulus Secara Instan di Beautylogica Clinic

HIFU Wajah

Pantangan Setelah Treatment HIFU yang Jarang Diketahui

HIFU menggunakan energi ultrasound terfokus untuk menargetkan lapisan kulit tepat di bawah permukaan. Energi ultrasound dapat menghantarkan energi panas, dan merangsang pertumbuhan kolagen dalam lapisan kulit.

Begitu sel di area target mencapai suhu tertentu, mereka mengalami kerusakan sel. Meskipun ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, kerusakan sebenarnya merangsang sel untuk memproduksi lebih banyak kolagen – protein yang memberikan struktur pada kulit.

Peningkatan hasil kolagen akan membuat kulit lebih kencang dan mengurangi kerutan. Karena gelombang ultrasound yang dipancarkan, akan difokuskan pada suatu jaringan tertentu di bawah permukaan kulit. Walaupun dapat menghantarkan panas, perawatan ini tidak menimbulkan kerusakan pada lapisan atas kulit dan masalah di sekitarnya. Penting juga bagi kalian untuk mengetahui pantangan setelah treatment HIFU.

HIFU mungkin tidak sesuai untuk semua orang. Secara umum, prosedur ini bekerja paling baik pada orang yang berusia di atas 30 tahun dengan kelemahan kulit ringan hingga sedang. Orang dengan kulit rusak karena sinar matahari atau kulit kendur tingkat tinggi mungkin memerlukan beberapa perawatan sebelum melihat hasilnya.

HIFU tidak disarankan untuk orang dengan infeksi dan lesi kulit terbuka di area target, jerawat parah atau kistik, dan implan logam di area perawatan. Untuk itu, proses konsultasi sangat wajib untuk dilakukan, khususnya sebelum prosedur dimulai.

Manfaat HIFU Treatment untuk Kulit Wajah

Menurut American Society for Aesthetic Plastic Surgery (ASAPS), HIFU dan alternatif non-bedah lainnya untuk pengencangan wajah telah mengalami peningkatan popularitas yang besar selama beberapa tahun terakhir. Jumlah total prosedur yang dilakukan meningkat 64,8 persen antara tahun 2012 dan 2017.

HIFU memiliki banyak manfaat estetika untuk kulit wajah, antara lain:

  • Mengurangi kerutan
  • Mengencangkan kulit kendur di leher
  • Mengangkat pipi, alis, dan kelopak mata
  • Mempertegas garis rahang
  • Mengencangkan dan menghaluskan kulit

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2017, dan melibatkan 32 orang Korea menunjukkan bahwa HIFU secara signifikan meningkatkan elastisitas kulit pipi, perut bagian bawah, dan paha setelah 12 minggu. Dalam penelitian yang lebih besar terhadap 93 orang, 66 persen dari mereka yang diobati dengan HIFU merasakan perbaikan pada penampilan wajah dan leher mereka setelah 90 hari.

Baca juga: Mengenal Peran & Jenis Masalah yang Dapat Ditangani Dokter Kulit

Apa yang Kita Rasakan Selama Perawatan HIFU

Pantangan Setelah Treatment HIFU

Sebelum mengetahui pantangan setelah treatment HIFU, apakah kalian suka bertanya bagaimana rasanya perawatan HIFU? Apakah perawatan ini menimbulkan rasa sakit? Simak jawabannya di bawah ini.

Pasien mungkin mengalami sedikit ketidaknyamanan selama prosedur HIFU. Beberapa orang menggambarkannya sebagai denyut listrik kecil atau sensasi tusukan ringan.

Jika kalian khawatir terhadap rasa sakit, dokter  mungkin akan menyarankan untuk mengonsumsi obat-obatan tertentu untuk meredakan rasa sakit.

Setelah perawatan, kalian mungkin akan mengalami kemerahan atau bengkak ringan. Namun kalian tak perlu khawatir, gejala ini akan mereda dalam beberapa jam kemudian.

Bagaimana Prosedur Treatment HIFU untuk Wajah?

Prosedur HIFU tidak memerlukan persiapan khusus ketika kalian ingin melakukannya. Kalian hanya perlu menghapus semua riasan dan produk perawatan kulit dari area target sebelum perawatan.

Inilah yang diharapkan saat janji temu Anda:

  • Seorang dokter atau teknisi pertama-tama membersihkan area tindakan.
  • Pasien akan dioleskan krim anestesi dan gel ultrasonik.
  • Alat HIFU akan diaplikasikan ke permukaan kulit sekitar 30 menit.
  • Pembersihan area tindakan secara menyeluruh

Saat energi ultrasonik diterapkan, kalian mungkin merasakan sensasi panas dan kesemutan. Setelah prosedur selesai dilakukan, pasien dapat langsung pulang, atau melanjutkan aktivitas normal seperti biasa.

Baca juga: Penyebab Kulit Kering dan Keriput di Usia Muda

Efek Samping dari Setelah Treatment HIFU

Saat perawatan selesai dilakukan, pasien memang dapat melanjutkan aktivitas seperti biasa. Namun dalam beberapa kasus, tindakan ini dapat menyebabkan rasa nyeri, atau bahkan pembengkakan. Walaupun begitu, hal ini tidak perlu kalian khawatirkan. Sebab, gejala efek samping ini akan mereda hanya dalam kurun waktu beberapa jam.

Pantangan Setelah Treatment HIFU

Setelah melakukan perawatan HIFU, sebenarnya tidak ada pantangan resmi yang harus dihindari oleh pasien. Upaya ini lebih tepat dikatakan untuk menjaga hasil perawatan, agar tetap pada kondisi primanya. Biasanya, dokter akan menyarankan pasien untuk menjaga kebersihan wajah, dan menerapkan pola hidup sehat.

Hal tersebut berguna untuk menjaga kesehatan kulit wajah, dari luar maupun dari dalam. Selain itu, pantangan yang harus diperhatikan oleh pasien adalah menghindari hal-hal yang menyebabkan kulit semakin keriput. Misalnya seperti jarang membersihkan kulit wajah, aktif merokok, dan mengonsumsi alkohol.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *