Pakai masker malah jerawatan, ternyata ini penyebabnya

Pakai Masker Malah Jerawatan? Begini Cara Menghilangkannya!

Pakai Masker Malah Jerawatan – Selama pandemi Covid-19, kita dituntut untuk selalu menjaga jarak dan lebih steril terhadap tubuh kita. Hal tersebut merupakan sebuah upaya untuk mencegah dan menekan angka persebaran virus corona.

Salah satu hal yang diwajibkan bagi setiap orang adalah rutin menggunakan masker. Sebab dengan penggunaan masker, interaksi antar setiap orang menjadi lebih aman dan mencegah virus tersebar ke mana-mana. Namun, tahukah kalian bahwa penggunaan masker juga dapat menyebabkan permasalahan kulit?

Salah satu masalah yang sering dialami akibat penggunaan masker adalah munculnya jerawat. Hal ini sering dikeluhkan oleh banyak orang, karena efeknya dianggap kurang baik bagi kulit. Nah, pada artikel kali ini, Beautylogica Clinic akan memberikan tips dan solusi bagi kalian yang mengalami hal serupa. Untuk lebih jelasnya, mari simak pembahasan berikut ini.

Pakai Masker Malah Jerawatan? Ternyata ini Penyebabnya

Penggunaan masker dalam jangka waktu yang lama memang dapat memicu terjadinya jerawat pada kulit. Hal ini dapat terjadi karena adanya gesekan antara kulit dan masker. Gesekan tersebut akan memicu terjadinya iritasi yang lama kelamaan dapat memunculkan jerawat.

Selain karena gesekan, penggunaan masker juga dapat memicu jerawat karena hawa panas yang terperangkap di dalam masker. Kondisi seperti ini terjadi ketika kita bernapas ataupun berbicara saat menggunakan masker.

Hawa panas yang terperangkap, dapat membuat kulit menjadi lebih lembap dan berminyak. Kondisi seperti ini tentu sangat tidak baik bagi kulit. Pasalnya, bakteri dan kotoran akan lebih mudah bersarang dan menyebabkan berbagai permasalahan kulit dapat muncul.

Baca juga:

Bagaimana Cara Mencegah Jerawat Akibat Penggunaan Masker?

Bagaimana Cara Mencegah Maskne

Karena banyaknya keluhan terhadap pakai masker malah jerawatan, beberapa orang mulai menanyakan tentang bagaimana langkah pencegahannya. Bagi kalian yang mengalami hal serupa, sebaiknya jangan khawatir. Sebab jerawat masker atau maskne memang sangat mungkin untuk dicegah.

Ada beberapa tips bagi kalian yang ingin mencegah kemunculan maskne, yaitu:

Pilih Masker yang Tepat

Untuk mencegah kemunculan maskne, kalian harus memilih dan menggunakan masker dengan jenis yang tepat. Apabila memilih jenis masker bedah, maka sebaiknya hindari pemakaian yang berulang-ulang. Artinya setiap lima jam sekali, sebaiknya ganti masker tersebut dengan yang baru. Hal ini berguna untuk menjaga masker tetap steril, dan menghindari kulit terkena iritasi.

Lalu jika kalian memilih jenis masker kain, maka sebaiknya pilihlah masker berbahan katun. Sebab, penggunaan bahan katun dianggap lebih aman terhadap kulit. Selain lebih halus, bahan katun juga baik untuk sirkulasi udara. Hal ini tentunya akan lebih memudahkan kulit untuk bernapas, dan terhindar dari kelembapan yang terlalu berlebih.

Rutin Membersihkan Wajah

Walaupun wajah lebih tertutup ketika menggunakan masker, bukan berarti kulit wajah terhindar dari kotoran. Faktanya, kulit yang tertutup masker juga rentan terhadap pengendapan bakteri dan kotoran. Hal inilah yang membuat pakai masker malah jerawatan dialami oleh banyak orang.

Agar terhindar dari masalah tersebut, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan rutin membersihkan wajah. Dalam membersihkan wajah, sebaiknya pilihlah sabun yang sesuai dengan jenis kulit. Sebab hal ini akan mempengaruhi efektivitas pembersihan, serta keamanan bagi kulit kalian.

Gunakan Produk Perawatan Wajah

Cara mencegah maskne berikutnya adalah dengan rutin menggunakan produk perawatan wajah. Dalam kasus ini, produk yang dianjurkan adalah pelembap kulit dan tabir surya. Sebab, pelembap kulit dan tabir surya dapat berfungsi untuk menghidrasi dan memberi proteksi lebih bagi kulit dari gesekan.

Baca juga:

Cara Menghilangkan Jerawat Karena Pakai Masker

Bagi sebagian orang, menghindari kemunculan maskne adalah sebuah hal yang sangat sulit. Biasanya, hal ini terjadi karena jenis kulit yang lebih sensitif. Jika kalian mengalami hal yang serupa, maka sebaiknya lakukanlah cara-cara yang dapat menghilangkan jerawat dengan efektif.

Untuk menghilangkan jerawat masker, sebenarnya ada cukup banyak cara yang dapat dilakukan. Nah, bagi kalian yang penasaran, berikut adalah rekomendasi perawatan yang dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat karena masker:

Face Photorejuvenation

Rekomendasi perawatan yang pertama untuk mengatasi masalah maskne adalah Face Photorejuvenation. Perawatan ini dilakukan dengan pancaran cahaya berspektrum luas, yang dapat membunuh bakteri dan kotoran penyebab kemunculan jerawat.

Face Photorejuvenation sangat direkomendasikan bagi kalian, khususnya yang sering mengalami pakai masker malah jerawatan. Dengan melakukan perawatan ini, jerawat pada permukaan kulit akan menjadi lebih mudah dan aman untuk diatasi.

Derma Peeling

Perawatan berikutnya untuk mengatasi masalah maskne adalah Derma Peeling. Perawatan estetika ini, dilakukan dengan menggunakan cairan chemical peeling. Denan peeling tersebut, bakteri, kotoran, dan sel kulit mati akan dibersihkan secara optimal. Hal inilah yang membuat jerawat pada kulit wajah lebih mudah teratasi.

Acne Skincare Package

Jika kalian ingin melakukan perawatan sendiri di rumah, maka skincare adalah solusi terbaik yang dapat kalian coba. Namun untuk melakukannya, kalian harus lebih selektif dan berhati-hati. Sebab penggunaan skincare yang tidak tepat, malah akan membuat risiko permasalahan jerawat semakin parah.

Untuk mengatasi masalah jerawat masker, maka produk yang direkomendasikan adalah Beautylogica Acne Package. Paket ini tersedia dalam beberapa jenis produk, yaitu Cleanser Wash, Acne Toner, Acne Serum, Acne Cream, dan UV Protection.

Beberapa perawatan di atas, sangat cocok untuk kalian yang sedang mengalami masalah maskne. Namun perlu diperhatikan, sebelum kalian melakukan perawatan-perawatan tersebut, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terkait.

Dengan berkonsultasi, dokter dapat mendiagnosis secara tepat, dan memberikan rekomendasi perawatan yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk konsultasi lebih lanjut, kalian bisa menghubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.