Operasi Sedot Lemak di Bagian Perut: Prosedur, Risiko, dan Kriteria Orang yang Tepat

Operasi Sedot Lemak Perut – Penumpukan lemak merupakan salah satu masalah yang paling menyebalkan. Pasalnya, ketikan penumpukan lemak terjadi, dapat memberikan banyak negatif bagi tubuh. Selain dapat mengganggu kesehatan, penumpukan lemak pada tubuh juga dapat merusak penampilan.

Walaupun begitu, sebenarnya lemak tidak selalu berdampak negatif bagi tubuh. Bagaimana pun juga, lemak juga diperlukan untuk cadangan energi, dan melindungi organ dalam tubuh manusia. Namun, jumlah lemak dalam tubuh harus tetap dalam batas kenormalan.

Penumpukan lemak dapat terjadi di hampir setiap bagian tubuh manusia. Salah satu bagian tubuh yang paling rawan mengalami hal ini adalah perut. Ketika penumpukan lemak terjadi pada perut, tentu akan membuat perut menjadi terlihat buncit, dan kurang enak untuk dipandang.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan. Mulai dari olahraga, memilah asupan makanan, serta melakukan operasi sedot lemak perut. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan coba jelaskan lebih dalam mengenai operasi lemak pada bagian perut. Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak pembahasannya berikut ini!

Cara Menghilangkan Lemak Berlebih di Bagian Perut

Menghilangkan lemak berlebih pada bagian perut sebenarnya dapat dilakukan dengan berbagai cara. Namun, untuk mendapatkan hasil efektif dalam waktu yang instan, maka tindakan yang harus dilakukan adalah dengan melakukan operasi plastik.

Tindakan operasi yang paling efektif untuk menghilangkan lemak di perut adalah Liposuction. Dengan prosedur ini, lemak yang sulit dihilangkan akan disedot menggunakan alat medis khusus. Untuk mengetahui lebih dalam tentang jenis tindakan tersebut, mari simak penjelasannya di bawah ini:

Baca juga: Sedot Lemak Turun Berapa Kg? Simak Penjelasan Dokter Berikut ini!

Liposuction

Liposuction - Operasi Sedot Lemak Perut

Liposuction dikenal juga dengan istlah sedot lemak. Tindakan ini banyak dicari dan dilakukan oleh masyarakat, khususnya yang mengalami permasalahan terhadap lemak membandel. Bedah plastik ini banyak digemari karena dapat memberikan hasil yang efektif, dan dalam waktu yang singkat.

Operasi sedot lemak perut ini dapat dilakukan dengan beberapa metode. Di Beautylogica Clinic sendiri, metode Liposuction yang digunakan adalah Water Assisted. Metode ini banyak dipilih karena minim terhadap rasa sakit, dan dapat membuat pasien lebih nyaman saat prosedur dilakukan.

Selain untuk menghilangkan lemak perut, Liposuction juga dapat digunakan pada beberapa anggota tubuh lain. Misalnya seperti dagu, leher, lengan atas, paha, dan bokong. Dengan melakukan Liposuction, pasien akan mendapatkan berat dan bentuk tubuh ideal, sesuai dengan apa yang mereka impikan.

Prosedur Operasi Sedot Lemak pada Bagian Perut

Sedot lemak harus ditangani oleh dokter spesialis bedah plastik. Pasalnya, tindakan ini membutuhkan keahlian khusus agar prosedur bisa berjalan aman. Selain itu, prosedur sedot lemak juga membutuhkan peralatan medis yang canggih. Jadi, bagi kalian yang ingin melakukan operasi sedot lemak perut, sebaiknya pilih klinik kecantikan yang terbaik.

Berikut adalah prosedur sedot lemak secara umum:

  • Pasien akan dibius dengan bius lokal, ataupun total.
  • Dokter akan membuat sayatan kecil pada bagian yang akan disedot lemaknya.
  • Dilakukan pemecahan lemak dengan metode-metode Liposuction tertentu.
  • Lemak akan disedot dengan selang penghisap dan mesin medis khusus.
  • Bila diperlukan, dokter akan membuat beberapa area sayatan agar hasilnya lebih natural.
  • Setelah lemak disedot, dokter akan menutup area insisi dengan teknik penjahitan.

Saat prosedur dilakukan, pasien akan tetap merasa nyaman karena telah dilakukan pembiusan. Untuk prosedur yang lebih aman, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terkait, khususnya mengenai riwayat kesehatan, dan obat-obatan yang sedang dikonsumsi.

Apakah Aman Melakukan Operasi Sedot Lemak di Bagian Perut?

Operasi sedot lemak perut sangat aman untuk dilakukan. Walaupun begitu, tindakan ini juga memiliki beberapa risiko yang dapat muncul kapan saja. Agar prosedur bisa lebih aman, ada banyak faktor yang harus pasien lakukan. Contohnya seperti hindari mengonsumsi obat-obatan pengencer darah, hindari aktivitas berat sebelum/sesudah operasi, dan memilih klinik kecantikan terbaik.

Selektif dalam memilih dokter juga menjadi sebuah hal yang berpengaruh besar. Dengan memilih dokter bedah plastik yang berpengalaman, hasil dari operasi yang dilakukan pun akan lebih aman. Berkonsultasi dengan dokter juga harus dilakukan dengan jelas. Usahakan untuk menceritakan setiap alergi, ataupun riwayat kesehatan lainnya terkait dengan prosedur yang akan dilakukan.

Baca juga: Informasi Seputar Sedot Lemak yang Harus Diketahui – Teknik, Prosedur, & Biaya

Risiko Tindakan Operasi Sedot Lemak

Cara Mendapatkan Perut Ideal dengan Instan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, walaupun aman sedot lemak tetaplah memiliki beberapa risiko. Oleh karena itu, calon pasien disarankan untuk selalu berhati-hati, dan mengikuti setiap anjuran dokter. Berikut adalah beberapa risiko yang mungkin saja dapat muncul dari tindakan Liposuction:

  • Timbul infeksi pada area tindakan
  • Pendarahan, atau terjadinya gumpalan darah
  • Pembuluh darah tersumbat oleh gumpalan lemak
  • Kelebihan atau kekurangan cairan tubuh
  • Bentuk tubuh menjadi tidak simetris karena intensitas sedot lemak yang berbeda
  • Kerusakan saraf pada area tindakan
  • Muncul luka pada permukaan kulit
  • Timbul reaksi alergi akibat obat yang digunakan
  • Muncul cekungan di permukaan kulit

Walaupun jarang terjadi, risiko tindakan operasi sedot lemak perut dapat muncul kapan saja. Pada beberapa kasus, pasien sedot lemak juga mengalami rasa nyeri dan lebam pada area tindakan. Namun dalam beberapa hari, gejala-gejala tersebut akan mereda. Masa pemulihan dari prosedur sedot lemak umumnya berlangsung sekitar 1-2 minggu.

Kriteria Orang yang Boleh dan Tidak Boleh Melakukan Sedot Lemak

Prosedur sedot lemak juga memiliki beberapa kriteria sendiri untuk tindakan prosedurnya. Untuk orang yang diperbolahkan, biasanya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, seperti:

  • Berusia minimal 18 tahun
  • Memiliki keelastisitas kulit yang masih baik
  • Orang yang sulit dalam mengatasi penumpukan lemak

Lalu untuk orang yang tidak diperbolehkan, misalnya seperti:

  • Kekebalan tubuhnya kurang baik
  • Mengalami masalah terhadap sirkulasi dan aliran darah
  • Mengidap penyakit jantung, ataupun diabetes

Dimana Bisa Menemukan Prosedur Sedot Lemak?

Prosedur operasi sedot lemak perut tidak bisa dilakukan di sembarang tempat. Di Indonesia sendiri, tindakan ini hanya dapat ditemukan di rumah sakit, ataupun klinik kecantikan tertentu. Salah satu klinik kecantikan terbaik yang dapat dijadikan rujukan sedot lemak adalah Beautylogica Clinic.

Dengan menghadirkan dokter-dokter ternama, serta peralatan medis yang canggih, tentu akan membuat prosedur sedot lemak berjalan lebih aman. Untuk berkonsultasi lebih jelas tentang tindakan ini, kalian bisa melakukan live chat dengan kami di nomor 0819 0500 0000.

Ridwan
About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *