Jenis-jenis Operasi Plastik Mata yang Harus Kamu Ketahui!

Jenis-jenis Operasi Plastik Mata yang Harus Kamu Ketahui!

Operasi Plastik MataSaat ini, tindakan bedah plastik sudah menjadi sebuah hal yang lumrah di masyarakat Indonesia. Berbagai kalangan sudah tidak canggung lagi untuk mengumbar bahwa dirinya telah melakukan operasi plastik. Mulai dari kalangan pejabat, public figure, pengusaha, dll.

Selain operasi plastik pada area hidung, ada satu lagi jenis operasi yang sangat populer di kalangan para penggemar dunia kecantikan. Jenis operasi plastik yang dimaksud adalah pada area mata. Namun, apa saja sih tindakan bedah plastik pada area mata?

Nah, pada artikel kali ini, klinik kecantikan Beautylogica akan berbagi informasi secara lengkap tentang jenis-jenis operasi plastik mata. Mau tahu informasi selengkapnya? Simak ulasan berikut ini, yaa!

Alasan Kenapa Operasi Bedah Plastik Mata Dilakukan

Alasan orang melakukan operasi plastik pada bagian mata sebenarnya beragam. Namun secara garis besar, alasan utama tersebut terbagi menjadi dua, yaitu:

  1. Alasan Kosmetik / Estetika

Salah satu tujuan dari operasi plastik pada area mata adalah untuk estetika. Oleh sebab itu, prosedur bedah plastik ini sangatlah populer, khususnya di kalangan orang dengan ras oriental. Selain dapat membuat tampilan mata jadi lebih indah, bedah plastik yang satu ini juga dapat membuat seseorang tampil lebih muda.

  1. Alasan Medis

Selain untuk alasan kosmetik atau estetika, tindakan bedah pada area mata ini juga dapat diperuntukan bagi alasan medis. Untuk alasan medis, biasanya operasi ini dilakukan ketika kelopak atau lipatan mata mengganggu penglihatan. Dengan melakukan operasi plastik mata, area lipatan mata akan direkonstruksi sedemikian rupa agar tidak lagi mengganggu penglihatan.

Baca juga: Cara Menghilangkan Lipatan di Bawah Mata dalam 1 Hari!

Jenis-jenis Operasi Plastik Mata

Di Beautylogica Clinic, operasi plastik pada area mata tersedia dalam tiga pilihan, yaitu Eyebrow Lifting, Upper Blepharoplasty, dan Lower Blepharoplasty. Ketiga tindakan bedah plastik ini pada dasarnya berfokus untuk merekonstruksi dan memperindah tampilan mata. Berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya:

Eyebrow Lifting (Operasi Menaikkan Alis)

Eyebrow Lifting IndonesiaWalaupun area tindakannya berada pada alis, namun Eyebrow Lifting termasuk pada kategori Oculoplasty Surgery. Bedah plastik mata ini bertujuan untuk menaikkan alis yang turun akibat penuaan. Selain itu, Eyebrow Lifting juga bisa digunakan untuk membuat tampilan alis menjadi simetris, dan mengatasi kendurnya kulit pada bagian alis.

Prosedur Eyebrow Lifting

Tindakan prosedur dari Eyebrow Lifting dilakukan dengan membuat sayatan kecil pada area antara rambut alis, atau di bawah alis. Sayatan ini nantinya berguna untuk membuang jaringan berlebih yang membuat alis terlihat turun. Pemilihan area sayatan yang berada di bawah alis, berguna agar nantinya bekas sayatan tidak terlalu nampak.

Berapa Lama Waktu yang Diperlukan untuk Melihat Hasilnya?

Untuk melihat hasil dari operasi plastik mata yang satu ini, biasanya pasien akan membutuhkan waktu sekitar 1-2 minggu setelah masa penyembuhan. Hal ini tergantung dari kondisi fisik dari si pasien. Untuk tindakan prosedurnya sendiri, Eyebrow Lifting hanya membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam.

Upper Blepharoplasty (Operasi Kelopak Mata Atas)

Upper Blepharoplasty JakartaUpper Blepharoplasty adalah sebuah tindakan bedah plastik yang bertujuan untuk mengoreksi tampilan kelopak mata bagian atas. Upaya mengoreksi di sini bisa diartikan sebagai memperbaiki bentuk lipatan kelopak mata. Caranya adalah dengan membuat lipatan kelopak mata, maupun membuang kelebihan jaringan (kulit atau lemak) pada area kelopak mata.

Prosedur Upper Blepharoplasty

Secara umum, prosedur dari Upper Blepharoplasty yang sering digunakan adalah dengan teknik sayatan. Namun di Beautylogica Clinic, prosedur dari operasi plastik mata ini tersedia dalam dua pilihan, yaitu:

DST Technique                                  : Prosedur menggunakan media benang, dan tanpa teknik sayatan.

Transcutaneous Incision               : Prosedur dilakukan dengan menggunakan teknik sayatan.

Kedua jenis prosedur tersebut tentu memiliki masing-masing kriteria pasien. Oleh sebab itu, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter agar mendapat rekomendasi yang tepat.

Baca juga: Cara Menghilangkan Lipatan Mata Atas dengan Prosedur Bedah Plastik

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Melihat Hasilnya?

Berbeda jenis prosedur, tentu berbeda juga waktu yang dibutuhkan untuk melihat hasilnya. Prosedur Upper Blepharoplasty yang dilakukan dengan sayatan,  biasanya membutuhkan waktu sekitar 1 – 2 minggu. Untuk prosedur yang menggunakan media benang, mungkin hasilnya akan dapat terlihat dalam waktu yang lebih cepat.

Lower Blepharoplasty (Operasi Kelopak Mata Bawah)

Lower Blepharoplasty JakartaLower Blepharoplasty merupakan sebuah tindakan bedah plastik yang bertujuan untuk mengoreksi tampilan kelopak bawah mata. Biasanya, tindakan ini ditujukan bagi orang yang kelopak mata bagian bawahnya kendur. Dengan melakukan prosedur operasi plastik mata ini, tampilan kelopak mata yang kendur nantinya akan menjadi lebih kencang, serta membuat tampilan mata jadi lebih muda.

Prosedur Lower Blepharoplasty

Di Beautylogica Clinic, tindakan prosedur dari Upper Blepharoplasty terbagi menjadi dua jenis, yaitu Transconjunctival (Tanpa sayatan luar), dan Transcutaneous (Dengan sayatan luar). Namun pada umumnya, prosedur akan dilakukan dengan membuat sayatan pada area sekitar bulu mata bagian bawah.

Sayatan yang dibuat, nantinya bertujuan untuk membuang lemak serta kulit yang berlebih pada area tersebut.  Dengan membuat jaringan lemak dan kulit yang berlebih, tampilan kelopak mata tentu akan menjadi lebih kencang dan muda.

Baca juga: Lipatan Mata Tidak Sama? Temukan Solusinya di Sini!

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Melihat Hasilnya?

Untuk melihat hasil dari prosedur Lower Blepharoplasty, biasanya akan membutuhkan waktu sekitar 1 – 2 minggu. Lalu, untuk tindakan prosedurnya sendiri, biasanya dokter membutuhkan waktu sekitar 90-120 menit.

Biaya yang Dibutuhkan untuk Bedah Plastik Mata

Biaya yang dibutuhkan untuk melakukan Oculoplasty Surgery pastilah berbeda antara satu tempat dengan tempat lainnya. Bahkan dalam satu jenis operasi, kemungkinan untuk adanya perbedaan harga sangatlah mungkin terjadi. Sebab, tindakan yang dilakukan pun tidak hanya ada satu saja.

Di Beautylogica Clinic, operasi plastik pada area mata terbagi menjadi tiga jenis. Berikut adalah kisaran harga yang dibutuhkan untuk melakukan Oculoplasty Surgery di Beautylogica Clinic:

Eyebrow Lifting (Operasi Menaikkan Alis)                           : Rp. 12.000.000

Upper Blepharoplasty (Operasi Kelopak Mata Atas)       : Rp. 14.000.000

Lower Blepharoplasty

Transconjunctival (Tanpa sayatan luar)                                 : Rp. 12.000.000

Transcutaneous (Dengan sayatan luar)                                  : Rp. 14.000.000

Bagi kalian yang ingin berkonsultasi lebih lanjut tentang bedah plastik mata, kalian bisa menghubungi layanan hotline kami di nomor 0819 0500 0000. Hal yang harus kamu perhatikan adalah, pilihlah tempat atau klinik kecantikan yang berpengalaman dalam menangani jenis operasi ini. Salah satu yang terbaik untuk melakukan operasi plastik mata, bisa kamu temukan di Beautylogica Clinic Jakarta.

About Ridwan

2 thoughts on “Jenis-jenis Operasi Plastik Mata yang Harus Kamu Ketahui!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *