Operasi Plastik Indonesia

Operasi Plastik Indonesia – Tindakan operasi plastik kini kian diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal ini terjadi karena orang-orang semakin sadar, terhadap pentingnya berpenampilan menarik. Selain itu, operasi plastik juga dilihat sebagai solusi instan, bagi mereka yang ingin memperbaiki penampilan tubuhnya.

Perlu diketahui, tindakan bedah plastik pada awalnya dilakukan untuk alasan medis. Namun seiring perkembangan zaman, tindakan medis yang satu ini kini lebih populer untuk tujuan estetika. Artinya, prosedur operasi yang dilakukan, bertujuan untuk memperbaiki penampilan. Mulai dari penampilan wajah, bentuk tubuh, hingga fungsional tubuh.

Nah, pada artikel kali ini, Beautylogica Clinic akan membahas secara lebih lengkap, seputar operasi plastik Indonesia. Mulai dari sejarah singkat, jenis-jenis operasi plastik, hingga biaya yang dibutuhkan untuk tindakan ini. Tanpa berlama-lama lagi, yuk, simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

Sejarah Operasi Plastik

Kata “Plastik” dalam operasi plastik, merupakan sebuah kata serapan yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu “Plastikos”. Kata ini memiliki makna mengubah atau memberi bentuk. Dalam awal kemunculannya, prosedur bedah ini ditujukan untuk alasan medis.

Dilansir dari laman Kompas.com, Dr. Ahmad Fawzy selaku Kepala Departemen Ilmu Bedah Fakultas Kedokteran Universitas Jendral Soedirman, mengatakan bahwa bedah plastik adalah sebuah cabang ilmu kedokteran, yang di dalam prosesnya memakai keterampilan tangan  si dokter, untuk membuat perlukaan pada jaringan pasien.

Diperkirakan, prosedur operasi plastik tertua sudah ada sejak zaman Mesir Kuno. Hal ini diperkuat dari adanya temuan mumi pada tahun 2000, yang memiliki jari palsu pada kakinya. Selain itu, dari catatan teks medis kuno, diketahui juga bahwa operasi plastik telah dilakukan sejak tahun 1600 SM. Di dalam teks tersebut, tindakan bedah umumnya melibatkan perbaikan pada area hidung.

Berbeda dari awal kemunculannya, kini operasi plastik Indonesia lebih dikenal untuk tujuan estetika. Bahkan kini, ada sebuah negara yang dijuluki sebagai surganya operasi plastik, yaitu Korea Selatan. Sebab dari penelitian yang telah dilakukan, ditemukan statistik bahwa 1 dari 3 wanita di Korea Selatan, telah menjalani prosedur operasi plastik pada tubuhnya.

Baca juga:

Operasi Plastik Indonesia

Operasi Plastik di Indonesia

Tindakan bedah plastik di Indonesia, lebih populer dilakukan untuk alasan estetika atau kosmetik. Hal ini sebenarnya sangat wajar, mengingat pesatnya perkembangan zaman, terutama di bidang fashion dan kecantikan. Selain itu, peran mode kecantikan juga memiliki andil yang besar terhadap hal ini.

Kita semua tahu, bahwa kini Korea Selatan menjadi kiblat utama dalam hal kecantikan. Hal inilah yang membuat banyak orang, lebih mengadaptasi budaya-budaya dari negeri tersebut, termasuk operasi plastik. Jadi rasanya sangat wajar, apabila bedah kosmetik ini kian populer di berbagai negara.

Untuk di Indonesia sendiri, kini sudah tak terhitung jumlahnya dokter yang mengambil spesialisasi bedah plastik. Hal tersebut merupakan sebuah dampak, dari marak dan semakin populernya tindakan bedah yang satu ini. Bahkan kini pun, klinik bedah plastik sudah tersebar luas di berbagai sudut kota di Indonesia.

Hal inilah yang membuat banyak kalangan, mulai tertarik untuk melakukan operasi plastik Indonesia. Selain dari kalangan artis Indonesia, tindakan bedah kosmetik bahkan juga digemari oleh kalangan anak muda, pekerja kantoran, selebgram, atau bahkan ibu rumah tangga. Bahkan kini pun, tak sedikit para pria yang mulai berani untuk melakukan tindakan bedah plastik.

Jenis-jenis Operasi Plastik

Operasi plastik adalah sebuah tindakan operasi yang dilakukan memperbaiki penampilan tubuh. Prosedur medis ini sering juga dikenal dengan istilah bedah kosmetik, bedah estetika, atau bedah rekonstruksi.

Tindahan bedah plastik sendiri terdiri dari berbagai macam jenis. Sebab dalam tindakan prosedurnya, operasi plastik dapat dilakukan di hampir seluruh bagian tubuh manusia. Mulai dari rambut, wajah, tubuh, atau bahkan area intim sekalipun.

Untuk informasi lebih lengkapnya, berikut telah kami rangkum beberapa jenis operasi plastik Indonesia yang paling populer:

Blepharoplasty

Blepharoplasty adalah sebuah tindakan bedah kosmetik, yang berfokus pada area kelopak mata dan kantung mata. Dengan operasi ini, seseorang dapat membuat lipatan pada kelopak mata, ataupun menghilangkan lemak yang ada di kantung mata.

Tindakan operasi dilakukan untuk membuat tampilan wajah menjadi lebih muda, dan menghindari kesan lesu pada wajah. Untuk alasan medis, operasi ini juga dapat dilakukan untuk memperbaiki pandangan, akibat gangguan pada kulit kelopak mata.

Rhinoplasty

Rhinoplasty adalah sebuah tindakan bedah plastik yang bertujuan untuk memancungkan hidung. Tindakan bedah ini dapat dilakukan dengan menggunakan implan buatan, ataupun implan yang diambil dari tulang rawan.

Operasi hidung Rhinoplasty menjadi salah satu tindakan yang sangat populer, karena punya andil besar dalam memperbaiki penampilan wajah. Dengan operasi ini, bentuk hidung dan wajah tentu akan menjadi lebih proporsional.

Breast Augmentation

Breast Augmentation menjadi salah satu operasi plastik Indonesia yang juga tak kalah populer. Fungsi utama dari tindakan bedah plastik ini adalah untuk memperbesar ukuran payudara. Dengan operasi ini, seorang wanita dapat memiliki bentuk dan ukuran payudara yang lebih ideal, sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Ada dua metode yang dapat dilakukan dalam prosedur Breast Augmentation. Pertama adalah dengan menggunakan implan buatan, dan yang kedua adalah dengan proses perpindahan lemak. Prosedur operasi ini sudah terbukti sangat aman. Namun jika tidak dilakukan oleh orang yang ahli di bidangnya, risiko yang mungkin terjadi dari operasi ini adalah kerusakan pembuluh darah di area payudara.

Liposuction

Liposuction sering dikenal juga dengan istilah sedot lemak. Operasi plastik ini bertujuan untuk memperbaiki bentuk tubuh, dengan cara mengangkat lemak membandel yang tidak diinginkan. Ada banyak sekali teknik yang dapat dilakukan dalam operasi ini. Contohnya adalah teknik konvensional, dan teknik menggunakan alat yang bernama body jet.

Dalam tindakan prosedurnya, Liposuction mampu menghilangkan lemak hingga kurang lebih 5kg. Sebagai informasi, prosedur sedot lemak juga sangat minim terhadap munculnya bekas luka. Sebab pada saat tindakan prosedur, pembuatan insisi hanya dilakukan sekitar 1-3 cm saja. Hal inilah yang menjadikan Liposuction, menjadi salah satu operasi plastik Indonesia yang punya banyak penggemar.

Hymenoplasty

Hymenoplasty adalah sebuah tindakan bedah plastik yang bertujuan untuk merekonstruksi selaput dara. Dengan operasi ini, kerusakan yang terjadi pada selaput dara dapat diperbaiki, sehingga menyerupai kondisi seperti semula. Pasca operasi Hymenoplasty, pasien juga minim terhadap risiko ataupun efek samping. Oleh karena itu, Hymenoplasty sering dikenal juga dengan istilah operasi keperawanan.

Baca juga:

Biaya Operasi Plastik di Indonesia

Operasi Plastik Indonesia: Jenis-jenis, Biaya, dan Alamat Klinik Kecantikan

Saat berbicara mengenai harga atau biaya, tentu tidak ada patokan resmi yang dapat dijadikan acuan. Selain itu, ada banyak faktor yang dapat menentukan harga dari operasi plastik. Misalnya seperti jenis tindakan, pengalaman dokter, brand klinik kecantikan yang dituju, atau bahkan tingkat kesulitan.

Oleh sebab itu, di sini kami akan memberikan harga kisaran, bagi kamu yang ingin melakukan operasi plastik Indonesia. Berikut adalah daftar lengkapnya:

Biaya Operasi Plastik untuk Area Wajah

Jenis Operasi PlastikBiaya Operasi Plastik
Eye Brow Lifting (Operasi Pengangkatan Alis)Mulai dari Rp. 12.000.000
Upper Blepharoplasty (Operasi Kelopak Mata Atas)Mulai dari Rp. 15.000.000
Lower Blepharoplasty (Operasi Kelopak Mata Bawah)Mulai dari Rp. 15.000.000
Rhinoplasty (Operasi Memancungkan Hidung)Mulai dari Rp. 18.000.000
Tip Rhinoplasty (Operasi Ujung Hidung)Mulai dari Rp. 12.000.000
Nose Reduction (Operasi Mengecilkan Hidung)Mulai dari Rp. 12.000.000
Nose Alar Reduction (Operasi Mengecilkan Cuping Hidung)Mulai dari Rp. 12.000.000
Contouring Nose Bone (Operasi Kontur Tulang Hidung)Mulai dari Rp. 7.000.000
Chin Augmentation (Operasi Implan Dagu)Mulai dari Rp. 15.000.000
Chin Reduction (Operasi Pengecilan Dagu)Mulai dari Rp. 25.000.000
Lipo Double Chin (Operasi Lemak Dagu)Mulai dari Rp. 12.000.000
Lip Contouring (Operasi Kontur Bibir)Mulai dari Rp. 16.000.000
Face Lift (Operasi Pengencangan Kulit Wajah)Mulai dari Rp. 30.000.000
Buccal Fat Removal (Operasi Pengecilan Pipi)Mulai dari Rp. 15.000.000
Dimple Creation (Operasi Pembuatan Lesung Pipi)Mulai dari Rp. 10.000.000
Otoplasty (Operasi Rekonstruksi Telinga)Mulai dari Rp. 15.000.000

Biaya Operasi Plastik Indonesia untuk Area Tubuh

Jenis Operasi PlastikBiaya Operasi Plastik
Breast Augmentation (Op erasi Memperbesar Payudara)Mulai dari Rp. 60.000.000
Breast Lifting (Operasi Pengencangan Payudara)Mulai dari Rp. 45.000.000
Breast Reduction (Operasi Mengecilkan Payudara)Mulai dari Rp. 55.000.000
Nipple / Areola Reduction (Operasi Pengecilkan Puting / Areola)Mulai dari Rp. 30.000.000
Liposuction (Sedot Lemak)Mulai dari Rp. 35.000.000
Buttocks Augmentation (Implan Bokong)Mulai dari Rp. 75.000.000
Brachioplasty (Operasi Pengecilan Lengan)Mulai dari Rp. 40.000.000
Thigh Lift (Operasi Pengecilan Paha)Mulai dari Rp. 40.000.000
Tummy Tuck (Operasi Pengecilan Perut)Mulai dari Rp. 50.000.000
Fat Transfer (Operasi Perpindahan Lemak)Mulai dari Rp. 15.000.000
Scar Revision (Operasi Menghilangkan Bekas Luka)Mulai dari Rp. 2.500.000

Biaya Operasi Plastik Indonesia untuk Area Keintiman

Jenis Operasi PlastikBiaya Operasi Plastik
Labiaplasty (Operasi Perbaikan Bibir Vagina)Mulai dari Rp. 15.000.000
Vaginoplasty (Operasi Pengencangan Otot Vagina)Mulai dari Rp. 18.000.000
Hymenoplasty (Operasi Selaput Dara)Mulai dari Rp. 18.000.000
Penile Enlargement (Operasi Memperbesar Penis)Mulai dari Rp. 30.000.000

Baca juga:

Rekomendasi Klinik Bedah Plastik di Indonesia

Meskipun jumlah klinik bedah plastik di Indonesia sudah sangat banyak, bukan berarti kamu bisa memilihnya dengan sembarangan. Pasalnya, agar tindakan operasinya aman, kamu perlu pergi ke klinik kecantikan atau rumah sakit yang kredibel.

Selain memastikan reputasi klinik bedah plastik, kamu juga perlu memerhatikan seputar kompetensi dokter, ataupun testimoni dari pasien-pasien yang sebelumnya sudah melakukan tindakan. Hal ini berguna agar tindakan bedah yang dilakukan, dapat memberikan hasil yang sesuai dengan keinginan.

Nah, Beautylogica Clinic adalah salah satu rekomendasi klinik bedah plastik terbaik yang dapat kamu kunjungi. Di sini kamu akan mendapatkan penanganan langsung dari dokter yang ahli dan berpengalaman, serta peralatan  medis yang lengkap.

Selain kualitas dari tenaga medis, Beautylogica juga punya keunggulan dalam segi kelengkapan prosedur. Hingga saat ini, Beautylogica setidaknya telah menyediakan lebih dari 30 jenis operasi plastik, yang dapat dilakukan hampir di seluruh bagian tubuh manusia.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan operasi plastik Indonesia yang berkualitas, berikut adalah alamat Beautylogica yang dapat kamu kunjungi:

Beautylogica Clinic Pejaten

Jl. Pejaten Raya No.033, RT.9/RW.10, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540

Minggu – Sabtu (09.00 – 17.00)

0878 8225 1242

@beautylogica_pejaten

Beautylogica Clinic Mangga Besar

Jl. Raya Mangga Besar No.103, RT.15/RW.1, Tangki, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11170

Minggu – Sabtu (09.00 – 21.00)

0821 9907 5000

@beautylogica.manggabesar

 Beautylogica Clinic Bandung

Jl. Terusan Jakarta No. 97 RT/RW 001/02, Kota Bandung, Jawa Barat

Minggu – Sabtu (09.00 – 17.00)

0822 1389 5000

@beautylogica.bandung

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.