Operasi Payudara – Jenis-jenis, Prosedur, & Biaya

Operasi Payudara merupakan sebuah prosedur medis yang termasuk pada kategori bedah plastik. Prosedur operasi ini dilakukan untuk alasan estetika. Artinya, tindakan yang dilakukan bertujuan untuk mempercantik penampilan diri.

Dalam dunia medis, prosedur operasi pada area payudara memiliki beragam manfaat dan fungsi.  Ada yang berfungsi untuk memperbesar ukuran payudara, mengecilkan ukuran payudara, atau bahkan memerbaiki puting payudara.

Nah, pada artikel kali ini, kami akan membahas secara lengkap tentang operasi tersebut. Mulai dari jenis-jenis, prosedur, harga dan berbagai hal penting lainnya. Tanpa berlama-lama lagi, mari simak pembahasan lengkapnya di bagian bawah ini!

Jenis-jenis Operasi Payudara

Berikut adalah jenis-jenis operasi bedah plastik pada area payudara:

1. Breast Augmentation

Breast Augmentation adalah prosedur bedah plastik yang bertujuan untuk memperbesar ukuran payudara. Dalam upaya memperbesar ukuran payudara, operasi ini dapat dilakukan dengan dua metode, yaitu:

  • Breast Augmentation with Implant

Breast Augmentation - Operasi Implan Payudara

Breast Augmentation with Implant dilakukan dengan menggunakan implan buatan. Dengan penggunaan implan, ukuran payudara dapat diperbesar sesuai dengan keinginan pasien. Setidaknya ada dua jenis implan yang sering digunakan dalam operasi ini, yaitu implan Saline dan Silicon.

  • Breast Augmentation with Fat Transfer

Fat transfer to breast - Transfer lemak ke payudara

Breast Augmentation with Fat Transfer dilakukan dengan proses perpindahan lemak. Dalam tindakan prosedurya, dokter akan menggunakan lemak dari tubuh pasien sendiri. Hal ini tentu akan membuatnya lebih aman, dan dapat memberikan hasil operasi payudara yang lebih natural.

Prosedur Breast Augmentation

Secara umum, prosedur Breast Augmentation yang dilakukan dengan implan ataupun perpindahan lemak, memiliki tindakan prosedur yang mirip. Prosedur dimulai dengan proses anestesi pada pasien. Proses ini bertujuan untuk meminimalisir rasa sakit saat tindakan bedah dilakukan.

Setelah anestesi mulai bekerja, dokter akan melanjutkan ke proses pembuatan insisi. Proses ini dilakukan untuk jalur pemasukan implan, ataupun lemak nantinya. Setelah implan atau lemak sudah dimasukkan, maka area yang tadi dibedah akan ditutup kembali dengan proses penjahitan.

Baca juga:

2. Breast Reduction

Breast Reduction - Operasi Mengecilkan Payudara

Breast Reduction adalah prosedur bedah plastik yang bertujuan untuk mengecilkan ukuran payudara. Jenis operasi payudara ini, sangat efektif untuk menyempurnakan bentuk dan ukuran payudara yang dirasa terlalu besar.

Dalam proses pengecilan, dokter akan membuang jaringan berlebih pada area payudara. Jaringan berlebih yang dimaksud bisa berupa lemak, ataupun jaringan kulit yang berlebih. Proses rekonstruksi ini sangat berguna untuk membuat payudara menjadi lebih ideal.

Prosedur Breast Reduction

Tindakan prosedur Breast Reduction dimulai dengan proses anestesi. Setelah anestesi mulai bekerja, dokter akan melanjutkan ke proses pembuatan insisi atau sayatan. Selanjutnya, jaringan berlebih seperti lemak dan kulit akan dibuang untuk mendapatkan bentuk dan ukuran payudara yang lebih ideal. Proses terakhir dari operasi ini adalah menutup area insisi dengan teknik penjahitan.

3. Breast Lifting

Breast Lift Surgery

Breast Lifting adalah prosedur bedah plastik yang bertujuan untuk mengencangkan payudara. Dalam dunia medis, jenis operasi ini dikenal juga dengan istilah Mastopexy. Tindakan prosedur dari Breast Lifting, sangat cocok dilakukan bagi wanita yang mengalami masalah terhadap payudara kendur.

Dalam tindakan prosedurnya, Breast Lifting dilakukan dengan proses pembuangan jaringan berlebih. Jaringan seperti lemak dan kulit yang berlebih, akan diangkat agar payudara bisa menjadi lebih kencang. Dengan proses ini, tentu bentuk dan ukuran payudara akan menjadi lebih ideal. Selain dapat mengencangkan, operasi payudara ini juga dapat digunakan untuk membuat payudara menjadi lebih simetris.

Prosedur Breast Lifting

Sama seperti jenis operasi sebelumnya, Breast Lifting dimulai dengan pemberian anestesi pada pasien. Setelah itu, dokter akan melanjutkan proses ke pembuatan insisi. Umumnya, area insisi akan dibuat di sekitar areola, ataupun lipatan payudara.

Setelah proses pembuatan insisi selesai, maka jaringan kulit dan lemak yang berlebih akan diangkat. Lalu, dokter akan memulai proses pengencangan ulang pada payudara yang kendur. Setelah dirasa cukup, dokter akan menutup kembali area insisi dengan cara dijahit.

4. Areola Reduction

Areola Reduction - Operasi Mengecilkan Lingkaran Hitam Areola

Areola Reduction adalah prosedur bedah plastik yang bertujuan untuk mengecilkan lingkaran hitam di payudara. Bagi yang belum tahu, areola adalah lingkaran hitam yang mengelilingi puting payudara. Biasanya, operasi ini dilakukan bagi orang yang memiliki ukuran areola terlalu besar, sehingga dianggap tidak harmonis dengan ukuran payudara yang mereka miliki.

Prosedur Areola Reduction

Operasi payudara ini dimulai dengan proses anestesi. Setelah itu, dokter akan membuat sayatan di sekitar areola. Proses ini bertujuan untuk pembentukan ulang areola, agar bentuk dan ukurannya menjadi lebih ideal. Setelah selesai, maka dokter akan menutup kembali area insisi dengan cara dijahit.

5. Nipple Reduction

Nipple Reduction Surgery

Nipple Reduction adalah sebuah operasi plastik yang bertujuan untuk mengecilkan ukuran puting payudara. Dalam tindakan prosedurnya, operasi ini dapat dilakukan untuk mengurangi tinggi maupun lebar dari puting payudara.

Prosedur Areola Reduction

Sama seperti jenis-jenis operasi sebelumnya, prosedur areola dimulai dengan pemberian anestesi. Proses pemberian anestesi dapat dilakukan secara lokal maupun total. Setelah efek anestesi mulai bekerja, dokter akan mulai merekonstruksi puting payudara. Dalam proses ini, dokter akan membuat sayatan pada area sekitar puting, ataupun areola.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Operasi Payudara

Operasi payudara merupakan sebuah tindakan yang sangat privasi. Untuk itu, jika kalian ingin melakukan operasi ini, haruslah didasari atas keinginan diri sendiri. Sebelum tindakan prosedur dimulai, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi para calon pasien, seperti:

  • Sehat secara fisik
  • Memiliki usia yang cukup
  • Memiliki sebuah keinginan yang realistis
  • Payudara telah mencapai masa akhir pertumbuhan
  • Berkonsultasi secara jelas dengan dokter terkait
  • Perhatikan setiap anjuran yang diberikan oleh dokter
  • Hindari konsumsi obat pengencer darah

Memerhatikan setiap anjuran dokter merupakan hal yang mutlak bagi para calon pasien. Sebab, hal ini bertujuan agar prosedur bisa lebih aman, dan proses pemulihan bisa berjalan dengan cepat. Untuk itu, kalian harus benar-benar memerhatikan instruksi yang diberikan oleh dokter, yaa!

Baca juga:

Apakah Operasi Payudara Aman untuk Dilakukan?

Pertanyaan semacam ini sangat sering ditemukan, khususnya bagi mereka yang baru ingin melakukan operasi plastik. Untuk itu, kami akan menjelaskan secara singkat tentang jawaban dari pertanyaan tersebut.

Pada faktanya, operasi payudara sangat aman untuk dilakukan. Sebab, tindakan operasi dilakukan oleh para dokter spesialis, serta dibantu oleh praktisi medis yang telah berpengalaman. Tindakan prosedur juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Sebab, segala tindakan yang dilakukan harus sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku.

Oleh karena itu, sangat disarankan bagi kalian untuk mencari dokter yang telah teruji pengalaman serta kemampuannya. Untuk mengetahuinya, kalian dapat melihat rekam jejak dokter tersebut dari sosial media mereka, ataupun klinik kecantikan tempat mereka berpraktik.

Adakah Risiko atau Efek Samping dari Operasi Payudara?

Setiap tindakan bedah yang dilakukan pada tubuh manusia, pasti selalu memiliki risiko efek samping. Hal ini pun juga berlaku bagi operasi payudara. Jadi walaupun diklaim sebagai operasi yang aman, kalian tidak bisa menganggap operasi ini sebagai sebuah hal yang sepele. Sebab jika kalian tidak mengikuti setiap anjuran dokter, risiko efek samping dapat muncul kapan saja.

Berikut adalah beberapa efek samping yang dapat muncul ketika melakukan operasi payudara:

  • Mengalami infeksi, pembengkakan, atau pendarahan
  • Mengalami pusing dan mual akibat proses anestesi
  • Memiliki bekas luka
  • Implan mengalami kerusakan
  • Perubahan sensasi pada puting payudara
  • Bentuk atau ukuran payudara tidak simetris

Beberapa efek samping yang telah disebutkan di atas, dapat dialami oleh siapa saja. Oleh sebab itu, kalian harus mengikuti setiap anjuran yang telah diberikan oleh dokter. Dengan menaati setiap anjuran dari dokter, tentu risiko efek samping dapat diminimalisir dengan lebih baik.

Kisaran Biaya Operasi Payudara di Indonesia

Setelah mengetahui jenis-jenis operasi payudara, pasti kalian penasaran tentang berapa biaya yang dibutuhkan untuk operasi ini. Dari pembahasan di atas, kita semua tahu bahwa setiap operasi memiliki tujuan dan manfaat yang berbeda-beda. Untuk itu, biaya yang dibutuhkan pun pasti berbeda-beda.

Perbedaan biaya dapat terjadi karena tingkat kesulitan atau faktor penunjang lainnya. Untuk itu, di sini kami akan memberi gambaran secara umum tentang berapa kisaran biaya yang dibutuhkan untuk operasi payudara.

Berikut ini adalah daftar biaya operasi payudara yang telah kami rangkum dari beberapa sumber:

  1. Breast Augmentation with Implant: Rp. 60.000.000
  2. Breast Augmentation with Fat Transfer: Rp. 55.000.000
  3. Breast Reduction: Rp. 55.000.000
  4. Breast Lifting: Rp. 45.000.000
  5. Areola Reduction: Rp. 20.000.000
  6. Nipple Reduction: Rp. 30.000.000

Biaya operasi bedah plastik memang terdengar cukup mahal. Namun sebenarnya, hal ini sebanding dengan tingkat kesulitan, serta hasil yang didapatkan. Untuk itu, sebelum kalian ingin melakukan bedah plastik, sebaiknya pilihlah dokter dan klinik kecantika yang tepat.

Perlu kalian ketahui juga, biaya operasi untuk alasan estetika tidaklah bisa ditanggung oleh asuransi kesehatan. Sebab, tindakan operasi yang dilakukan bertujuan untuk mempercantik penampilan diri. Jadi bagi kalian yang ingin melakukan operasi payudara, haruslah menyiapkan dana pribadi, yaa!

Rekomendasi Klinik Kecantikan untuk Operasi Payudara

Bagi kalian yang ingin melakukan prosedur operasi payudara, Beautylogica Clinic adalah sebuah tempat yang paling tepat untuk dikunjungi. Sebab, Beautylogica menjadi salah satu klinik kecantikan dengan jasa operasi plastik terlengkap. Selain itu, biaya operasi plastik yang ada di Beautylogica juga terbilang sangat kompetitif.

Hingga saat ini, setidaknya ada lebih dari 30 jenis operasi plastik yang tersedia di Beautylogica. Tindakan bedah plastik yang ada di Beautylogica, hampir dapat menangani setiap bagian tubuh yang ada pada manusia, termasuk payudara. Dari lima jenis operasi payudara yang sudah disebutkan di atas, kelimanya tersedia di Beautylogica Clinic.

Untuk melakukan operasi payudara, kalian dapat mengunjungi Beautylogica Clinic yang berada di cabang Pejaten dan Mangga Besar. Bagi kalian yang ingin berkonsultasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.