Operasi Kelopak Mata Turun: Pengertian, Prosedur, Hingga Biaya Berikut Penjelasan Lengkapnya

Operasi Kelopak Mata Turun

Operasi Kelopak Mata Turun – Kelopak mata yang turun adalah kondisi yang dapat dialami oleh siapapun. Walau biasanya terjadi pada orang lanjut usia,  namun tidak menutup kemungkinan kondisi ini juga dialami oleh orang yang berusia muda.

Untuk megatasi masalah kelopak  mata yang turun, ada sebuah cara yang dapat dilakukan. Cara tersebut adalah dengan melakukan tindakan bedah plastik. Sebagai tindakan bedah estetik, tentu jenis operasi ini bertujuan untuk mempercantik penampilan. Mau tahu jenis operasi apa yang dimaksud? Simak ulasannya berikut ini:

Operasi Kelopak Mata Turun

Dalam dunia medis, operasi pada area kelopak mata disebut dengan Blepharoplasty. Di klinik kecantikan Beautylogica sendiri, jenis operasi ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu Upper Blepharoplasty, dan Lower Blepharoplasty.

Karena permasalahan pada area mata bisa terjadi pada bagian atas maupun bawah, maka jenis operasi ini terbagi menjadi dua jenis. Lalu apasih sebenarnya Blepharoplasty itu? dan bagaimana tindakan prosedurnya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Upper Blepharoplasty

Semakin bertambahnya usia, kulit manusia pasti akan berkurang tingkat keelastisitasannya. Hal ini membuat kulit menjadi keriput, dan kendur, termasuk pada area mata. Dengan kendurnya kulit pada area mata, serta otot yang tidak lagi bekerja dengan maksimal, akan membuat kelopak mata menjadi turun.

Blepharoplasty sendiri adalah sebuah tindakan bedah plastik yang bertujuan untuk mengoreksi area lipatan mata. Selain karena faktor usia, biasanya orang yang melakukan operasi ini bertujuan untuk merubah bentuk kelopak matanya.

Biasanya, orang yang melakukan operasi kelopak mata turun ini adalah orang dengan ras oriental, seperti Asia Timur. Alasan dilakukannya operasi ini tentu saja untuk merubah tampilan mata menjadi lebar, serta membuat wajah menjadi lebih ekspresif.

Baca juga: Operasi Lipatan Mata: Pengertian, Proses, Hingga Hasil

Pengertian Lower Blepharoplasty

Selain lipatan mata bagian atas, keluhan juga sering terjadi pada bagian lipatan mata bagian bawah. Untuk itu, tindakan yang cocok untuk mengatasinya adalah dengan melakukan Lower Blepharoplasty. Kondisi lipatan mata bawah yang kendur akan sangat mengganggu penampilan. Apabila tidak ditangani dengan benar, kondisi semacam ini akan membuat wajah tampak lebih tua.

Lower Blepharoplasty merupakan tindakan bedah plastik yang bertujuan untuk mengencangkan. dan memperindah tampilan kelopak mata bawah mata yang kendur. Biasanya, orang melakukan operasi ini karena alasan estetik. Artinya, tujuan utama dari jenis operasi ini adalah untuk mempercantik penampilan.

Bagaimana Prosedur dari Operasi Kelopak Mata?

Prosedur BlepharoplastyProsedur dari operasi kelopak mata turun sebenarnya dapat dilakukan dengan berbagai teknik. Namun secara umum, operasi plastik ini dilakukan dengan teknik sayatan. Berikut adalah tahapan-tahapannya:

  1. Konsultasi

Sebelum orang melakukan tindakan bedah plastik, pasti konsultasi adalah langkah pertama yang harus dilakukan. Dengan berkonsultasi, dokter akan mengetahui kondisi fisik pada area tindakan, dan kondisi kesehatan si pasien. Selain itu, dokter juga akan mengetahui ekspektasi pasien terhadap operasi plastik mata ini.

  1. Anestesi

Ketika tindakan dimulai, maka prosedur pertama yang dilakukan adalah dengan memberikan anestesi. Jenis anestesi pun akan disesuaikan dengan seberapa rumit area tindakan. Entah itu denggan bius lokal, ataupun bius umum.

  1. Pensterilan Area Tindakan

Langkah selanjutnya adalah dengan membersihkan area tindakan. Upaya pensterilan dilakukan dengan menggunakan cairan antiseptik khusus. Hal ini sangat penting dilakukan untuk mencegah terjadinya infeksi pada area tindakan.

  1. Proses Sayatan

Setelah area tindakan telah steril, maka selanjutnya adalah tindakan inti dari operasi kelopak mata turun, yaitu sayatan. Proses penyayatan ini nantinya berguna untuk mengurangi jaringan berlebih berupa kulit, ataupun lemak. Untuk Upper Blepharoplasty, lokasi sayatan dilakukan di atas bulu mata. Lalu untuk Lower Blepharoplasty, sayatan akan dilakukan pada bagian bawah mata, yaitu antara bulu mata dan kantung mata.

Baca juga: Lipatan Mata Tidak Sama? Temukan Solusinya di Sini!

Adakah Risiko Komplikasi dari Operasi Kelopak Mata Turun?

Setiap tindakan medis, apalagi bedah, pasti memiliki risiko dan efek samping yang membayanginya. Hal ini juga berlaku bagi operasi kelopak mata. Berikut adalah beberapa risiko yang mungkin saja dapat terjadi:

  • Gangguan penglihatan
  • Infeksi pada area tindakan
  • Muncul luka jaringan parut
  • Mati rasa pada area mata
  • Kesulitan menutup kelopak mata

Beberapa risiko yang telah disebutkan di atas, sebenarnya sangatlah jarang terjadi. Hal ini pun terkait juga pada dokter yang menangani tindakan. Oleh sebab itu, sangat penting untuk selektif dan hati-hati dalam memilih klinik kecantikan. Pilihlah yang memang benar-benar kompeten dan punya pengalaman baik.

Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Operasi Kelopak Mata?

Setiap rumah sakit ataupun klinik kecantikan, pasti memiliki perbedaan harga untuk tindakan operasi yang disediakan. Terjadinya perbedaan harga juga disebabkan oleh berbagai faktor. Di Beautylogica Clinic sendiri, biaya yang dibutuhkan untuk operasi kelopak mata tidaklah semahal yang dibayangkan. Berikut adalah daftarnya:

  • Upper Blepharoplasty : Rp. 14.000.000
  • Lower Blepharoplasty : Rp. 12.000.000 – Rp. 14.000.000

Perbedaan harga juga sangat mungkin terjadi karena area tindakan, Maksudnya, tingkat kesulitan pada area tindakan setiap orang pastilah berbeda-beda. Jadi ketika dirasa memiliki kesulitan dan ekspektasi yang lebih tinggi, bukan tidak mungkin biaya yang dikeluarkan pun akan lebih mahal.

Bagi kamu yang ingin melakukan jenis operasi semacam ini, sebaiknya segera konsultasikan langsung ke dokter bedah di Beautylogica Clinic. Untuk booking reservation, silahkan hubungi layanan hotline kami di nomor 0819 0500 0000. Untuk hasil operasi kelopak mata turun yang maksimal, segera kunjungi Beautylogica Clinic cabang Jakarta!

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *