Operasi Kantung Mata – Kemunculan kantung mata, dapat memberi efek yang signifikan bagi wajah. Salah satu yang paling terlihat adalah membuat tampilan wajah menjadi lebih tua.

Meskipun tak berbahaya, namun kantung mata dapat merusak penampilan wajah. Hal inilah yang membuat sebagian besar orang merasa kurang percaya diri.

Bagi kamu yang punya masalah serupa, maka ini adalah artikel yang tepat bagimu. Sebab di artikel kali ini, kami akan membahas seputar cara menghilangkan kantung mata dengan metode medis. Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak info lengkapnya di sini!

Penyebab Munculnya Kantung Mata

Sebelum membahas seputar operasi kantung mata, kamu juga wajib mengetahui penyebab dari permasalahan ini. Pasalnya, sebagian besar orang yang memiliki masalah kantung mata, belum mengetahui penyebabnya.

Menurut dokter spesialis bedah plastik dari Beautylogica, setidaknya ada 8 faktor penyebab dari munculnya kantung mata, yaitu:

  • Faktor genetik
  • Faktor usia
  • Penumpukan cairan dan lemak di sekitar area mata
  • Kulit dan otot di area mata melemah
  • Terlalu sering terpapar sinar matahari
  • Kurangnya jam tidur atau jam istirahat
  • Dehidrasi
  • Reaksi alergi

Jadi bagi kalian yang punya masalah terhadap kantung mata, sebaiknya lebih memerhatikan beberapa faktor di atas. Agar masalah kantung mata tak muncul kembali, sebaiknya hindari faktor-faktor di atas sebisa mungkin.

Baca juga:

Operasi Kantung Mata

Prosedur Operasi Kantung Mata

Upaya untuk mengatasi kantung mata, sebenarnya dapat dilakukan dengan banyak cara. Jika kamu mencarinya di internet, maka kamu bisa melihat berbagai cara alami menghilangkan kantung mata dengan mudah.

Beberapa contoh cara untuk menghilangkan kantung mata adalah seperti cukupi waktu istirahat, perbanyak konsumsi makanan bervitamin C, hingga rutin mengompres kantung mata. Nah, lalu bagaimana dengan cara menghilangkan kantung mata dengan metode medis?

Dalam bahasa medis, operasi kantung mata dikenal dengan nama Blepharoplasty. Jika lebih spesifik, tindakan ini diberi nama Lower Blepharoplasty. Operasi yang satu ini termasuk pada tindakan bedah plastik. Artinya, tindakan prosedur harus dilakukan oleh dokter spesialis bedah plastik.

Prosedur Operasi Kantung Mata

Lower Blepharoplasty adalah sebuah prosedur operasi yang bertujuan untuk menghilangkan kantung mata. Operasi ini dilakukan dengan cara mengencangkan jaringan otot dan kulit, serta menghilangkan lemak dan cairan pada area kelopak mata bagian bawah.

Prosedur Lower Blepharoplasty dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu:

  • Konsultasi

Tahapan pertama dari prosedur Lower Blepharoplasty adalah konsultasi. Pada tahap ini, dokter akan melakukan pengecekan fisik pada area tindakan. Selain itu, dokter dan pasien juga akan berdiskusi seputar riwayat kesehatan, dan ekspektasi pasien terhapap tindakan operasi.

  • Anestesi

Ketika konsultasi telah selesai dilakukan, anestesi adalah tahap selanjutnya dalam prosedur operasi kantung mata. Karena termasuk operasi ringan, biasanya anestesi yang digunakan dalam operasi ini adalah jenis anestesi lokal.

Proses pemberian anestesi bertujuan untuk meminimalisir rasa sakit, dan membuat pasien tetap merasa nyaman saat prosedur dilakukan.

  • Insisi

Ketika efek anestesi mulai bekerja, maka dokter akan melanjutkan ke proses pembuatan insisi. Tahap ini dilakukan pada area kelopak mata bagian bawah. Tujuannya adalah sebagai membuat jalur untuk membuang jaringan berlebih pada area kelopak mata bawah.

  • Rekonstruksi

Saat insisi telah dibuat, dokter akan melanjutkan proses ke tahap rekonstruksi. Pada tahap ini,  dokter akan membuang jaringan berlebih seperti otot dan kulit pada area kelopak mata bawah. Dalam beberapa kasus, dokter juga dapat mengencangkan jaringan tersebut.

  • Menutup Area Insisi

Tahap terakhir dari prosedur operasi kantung mata adalah menutup area insisi. Dalam tahap ini, biasanya dokter akan menggunakan teknik penjahitan dengan benang medis khusus.

Secara umum, prosedur Lower Blepharoplasty tidak membutuhkan waktu banyak. Dalam satu kali tindakan prosedur, waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 90 menit. Lamanya waktu prosedur, juga dipengaruhi oleh tingkat kesulitan dari area tindakan.

Baca juga:

Proses dan Tips Saat Proses Pemulihan

Pengalaman Operasi Kelopak Mata dan Biayanya

Karena termasuk tindakan bedah, Lower Blepharoplasty membutuhkan beberapa waktu untuk masa pemulihan. Menurut dokter spesialis bedah plastik dari Beautylogica, masa pemulihan dari operasi ini umumnya berlangsung selama 1 – 2 minggu.

Pada 2 – 7 hari pertama pasca operasi, jahitan pada area kelopak mata akan dilepas. Dalam proses pemulihan ini, biasanya pasien akan mengalami sedikit kemerahan, dan pembengkakan pada area tindakan. Lamanya waktu pemulihan, juga dipengaruhi oleh kondisi fisik dari pasien itu sendiri.

Ada beberapa tips yang dianjurkan selama proses pemulihan operasi kantung mata, yaitu:

  • Rutin membersihkan area tindakan dengan salep yang direkomendasikan dokter.
  • Gunakan kompres dingin untuk mengurangi efek bengkak pada area mata.
  • Hindari gesekan pada area mata.
  • Hindari debu, angin, dan paparan sinar matahari.
  • Tidak merokok dan melakukan aktivitas berat pasca operasi.
  • Konsumsi obat penghilang rasa sakit yang dianjurkan dokter.
  • Untuk mengurangi pembengkakan, topang kepala lebih tinggi saat sedang berbaring.

Efek Samping Operasi Kantung Mata

Setiap tindakan bedah pasti memiliki risiko dan efek samping. Begitu juga dengan operasi kantung mata bawah. Ada beberapa efek samping yang diketahui dari operasi ini, yaitu:

  • Timbul rasa nyeri, kemerahan, dan pembengkakan pada area kantung mata.
  • Kondisi mata menjadi kering atau bisa juga berair.
  • Mengalami iritasi mata.
  • Mata menjadi lebih sensitif, terutama pada cahaya.
  • Proses pemulihan berjalan lama.
  • Timbul bekas luka.

Biaya Operasi Kantung Mata

Biaya yang dibutuhkan untuk operasi kantung mata cukup bervariasi. Pasalnya, operasi ini dapat dilakukan dengan beberapa teknik.

Beberapa faktor lain seperti pengalaman dokter, brand klinik kecantikan, hingga tingkat kesulitan, juga menjadi salah satu faktor yang dapat menentukan biaya dari operasi ini.

Dari beberapa sumber yang telah kami telusuri, operasi Lower Blepharoplasty di Indonesia, lebih sering dilakukan dengan teknik Transconjunctival (sayatan dalam) dan Transcutaneous (sayatan luar).

Kedua teknik tersebut memiliki harga yang berbeda-beda. Untuk teknik Transconjunctival dibanderol dengan harga sekitar Rp14.000.000. Lalu untuk teknik Transcutaneous, dibanderol dengan biaya sekitar Rp15.000.000.

Pengalaman Operasi Kantung Mata

Bagi kamu yang ingin mencari testimoni dari pasien operasi kantung mata, kamu bisa melihatnya di YouTube Channel dari Beautylogica Clinic.

Pasien yang bernama Yenny Irene ini mengungkap, bahwa alasan utamanya melakukan operasi ini adalah untuk menghilangkan lemak di kelopak matanya.

Nah, agar tidak lebih penasaran, mari simak video lengkapnya di bawah ini!

Untuk kamu yang ingin berkonsultasi seputar operasi kantung mata, silahkan hubungi layanan hotline kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.