Operasi Hidung Permanen, Apakah Bisa Direvisi? Simak Penjelasannya Berikut ini!

Operasi Hidung Permanen, Apakah Bisa Direvisi? Simak Penjelasannya

Operasi Hidung Permanen – Memiliki hidung mancung tentu menjadi sebuah keinginan bagi setiap orang. Sebab, hidung mancung dinilai lebih menarik, dan memiliki daya estetika yang lebih tinggi. Selain itu, tampilan hidung yang mancung juga dapat membuat bentuk wajah menjadi lebih ideal. Itulah sebabnya mengapa setiap orang ingin memiliki hidung yang mancung.

Proses pembentukan hidung sudah dimulai sejak manusia berada di dalam kandungan. Setelah lahir, hidung akan terus tumbuh hingga seseorang berusia sekitar 15-19 tahun. Setelah melewati usia tersebut, bentuk dan ukuran hidung akan berhenti tumbuh.

Bagi kalian yang terlahir dengan hidung mancung, sebaiknya kalian bersyukur atas anugerah ini. Sebab, kalian tidak membutuhkan tindakan apa-apa untuk memerbaiki bentuk hidung kalian. Namun bagi kalian yang memiliki hidung kurang ideal, kalian juga tak patut untuk berkecil hati. Sebab, banyak tindakan yang dapat dilakukan untuk membuat hidung menjadi lebih mancung.

Beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk memancungkan hidung contohnya seperti Nose Filler, dan Rhinoplasty. Kedua jenis tindakan tersebut dilakukan dengan prosedur yang berbeda. Jika filler dilakukan tanpa tindakan bedah, maka Rhinoplasty dilakukan dengan proses pembedahan.

Hasil yang didapatkan pun berbeda. Prosedur filler dapat membuat hidung lebih mancung, namun tidaklah memberi hasil yang permanen. Kebalikan dari filler, Rhinoplasty merupakan sebuah prosedur yang dapat memberikan hasil permanen. Itulah mengapa Rhinoplasty sering disebut dengan operasi hidung permanen.

Baca juga:

Apa itu Rhinoplasty?

Revisi operasi hidung

Rhinoplasty adalah sebuah tindakan bedah plastik yang dilakukan untuk memancungkan bentuk hidung. Dalam upaya membuat hidung mancung, prosedur Rhinoplasty dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama adalah dengan menggunakan implan, dan yang kedua adalah dengan menggunakan tulang rawan.

Operasi memancungkan hidung termasuk pada tindakan bedah plastik. Jadi tindakan prosedurnya hanya bisa dilakukan oleh dokter spesialis bedah plastik. Jenis operasi ini merupakan salah satu bedah plastik paling terkenal dan terfavorit di kalangan para penggemar dunia kecantikan. Sebab, hasil  yang didapatkan dari operasi ini sangatlah menakjubkan.

Operasi Hidung Permanen

Rhinoplasty sering disebut-sebut dengan istilah operasi hidung permanen. Hal tersebut memang benar adanya. Sebab dalam tindakan prosedurnya, bentuk hidung akan direkonstruksi sedemikian rupa agar bisa lebih mancung.

Berbeda dengan prosedur filler yang menggunakan zat khusus, tentu lama-kelamaan zat tersebut akan memudar. Dalam prosedur tindakan Rhinoplasty, dokter akan menggunakan implan ataupun tulang rawan. Penggunaan bahan tersebut, tentu akan memberikan efek mancung yang permanen. Sebab, implan dan tulang rawan bukanlah sebuah zat yang dapat diserap oleh tubuh.

Prosedur Rhinoplasty

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, operasi hidung permanen ini dapat dilakukan dengan dua metode. Pertama adalah dengan implan, dan yang kedua adalah menggunakan tulang rawan. Sebelum tindakan prosedur dimulai, tentu tahap awal yang harus dijalani pasien adalah konsultasi.

Pada proses konsultasi, dokter akan melakukan pengecekan fisik, serta diskusi mengenai harapan pasien terhadap operasi ini. Setiap pasien sangat wajib untuk melakukan konsultasi dengan jelas. Selain itu, pasien juga diharapkan untuk memiliki keinginan yang realistis terhadap operasi ini.

Setelah proses konsultasi, berikut adalah tindakan prosedur dari operasi Rhinoplasty:

  • Pemberian anestesi, lokal ataupun total.
  • Pembuatan ѕауаtаn dari bаgіаn dаlаm аtаu luаr hіdung.
  • Dоktеr lаlu mеmроѕіѕіkаn tulаng dаn tulаng rawan dі bаwаh kulіt hidung.
  • Dоktеr kеmudіаn mеngubаh bеntuk tulang аtаu tulang rаwаn dеngаn bеbеrара tеknіk.
  • Dоktеr dараt mеlаkukаn рrоѕеdur реnсаngkоkаn tulаng dari tulаng rаwаn dаrі tеlіngа atau bаgіаn hidung уаng lebih dalam. Untuk perubahan уаng lеbіh ѕіgnіfіkаn, dоktеr bіѕа mеmаkаі tulang rawan dаrі rusuk, tulang dі bаgіаn tubuh lain, аtаu іmрlаn.
  • Sеtеlаh perubahan dіlаkukаn, dоktеr аkаn mеngеmbаlіkаn kulіt dаn jаrіngаn hidung pada tempatnya.
  • Dоktеr lаlu menutup sayatan dengan jаhіtаn.

Untuk melakukan operasi hidung permanen, kalian bisa pergi ke klinik kecantikan yang menyediakan jasa operasi plastik. Di Indonesia sendiri, klinik kecantikan semacam itu sudah sangat banyak tersedia. Salah satu tempat yang dapat kalian jadikan rujukan terbaik adalah Beautylogica Clinic.

Baca juga:

Tempat Operasi Plastik di Jakarta yang Bagus

Ukuran Payudara Ideal Menurut Dokter & Cara Mendapatkannya

Apakah Operasi Hidung Permanen dapat Direvisi?

Walaupun dikenal sebagai operasi yang permanen, namun hasil dari Rhinoplasty tentu saja dapat direvisi. Jadi bagi kalian yang ingin melakukan operasi ini, tak perlu lagi khawatir. Lalu, mengapa melakukan operasi jika ingin kembali merevisinya?

Prosedur revisi Rhinoplasty, biasanya dilakukan ketika seorang pasien merasa kurang cocok dengan hasil operasi. Hal ini wajar, mengingat hasil operasi hidung sangat erat hubungannya dengan selera. Jadi ketika seorang pasien merasa belum puas terhadap hasil operasi, maka proses revisi sangat mungkin untuk dilakukan.

Dalam beberapa kasus, dokter bedah plastik akan memberikan dosis anestesi yang tidak terlalu banyak. Hal ini bertujuan agar pasien masih merasa sadar dan bisa diajak berkomunikasi. Hal ini bertujuan agar ketika prosedur berlangsung, pasien dapat langsung menilai hasil dari operasi. Hal inilah yang dapat meminimalisir terjadinya revisi pasca operasi.

Risiko Operasi Rhinoplasty

Sama seperti semua tindakan bedah lainnya, prosedur Rhinoplasty juga memiliki risiko komplikasi. Sebab, tindakan prosedur dilakukan dengan proses rekonstruksi tulang. Berikut adalah beberapa risiko yang dapat muncul ketika melakukan prosedur Rhinoplasty:

  • Mengalami pеrdаrаhаn dan infeksi
  • Muncul bеkаѕ lukа di sekitar area hidung
  • Muncul rеаkѕі аlеrgі akibat proses аnеѕtеѕі
  • Mengalami kesulitan dalam bernapas
  • Sеnѕаі mati rasa dі sekitar hіdung
  • Kеmungkіnаn hіdung уаng tіdаk ѕіmеtrіѕ
  • Nуеrі, bеngkаk, dаn реrubаhаn wаrnа раdа hidung
  • Kеmungkіnаn dіbutuhkаnnуа ореrаѕі tambahan

Beberapa risiko tersebut memang sangat mungkin untuk muncul. Namun, kemungkinan terjadinya sangatlah kecil. Jadi kalian tak perlu khawatir untuk melakukan operasi hidung permanen. Untuk meminimalisir terjadinya kemungkinan risiko, pilihlah dokter spesialis bedah plastik yang telah teruji pengalamannya. Bagi kalian yang ingin berkonsultasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *