Operasi Hidung dengan Tulang Iga sebagai Solusi Memperbaiki Penampilan Hidung

Klinik Hits di Medan Paling Murah

Operasi Hidung dengan Tulang IgaOperasi Hidung dengan Tulang Iga – Struktur hidung yang terlalu kecil membuat pipimu terlihat begitu besar. Kondisi tersebut sedikit banyak mempengaruhi dan menganggu penampilanmu. Hidung mancung dan proporsional kini menjadi impianmu. Tenang, ada masalah ada jalan keluar.

Beberapa dari kita percaya mitos memancungkan hidung dengan cara mencubit batang hidung, hal tersebut belum dibuktikan dengan penelitian ilmiah.

Proses pembentukan hidung ini akan selesai secara keseluruhan pada usia 10 tahun. Meskipun ukuran hidung akan terus berkembang secara perlahan sesuai dengan usia. Seperti perkembangan hidung pada wanita akan berhenti pada 15 – 17 tahun, sedangkan pria pada 17 – 19 tahun.

Bentuk hidung, pada dasarnya ditentukan oleh posisi tulang hidung dan tulang rawan bagian atas dan bawah. Perbedaan posisi pada tulang-tulang tersebutlah yang kemudian menghasilkan bentuk hidung setiap orang yang berbeda-beda.

Guna memperbaiki penampilan, kamu bisa melakukan operasi hidung dengan tulang iga atau yang biasa dikenal dengan istilah Rhinoplasty. Tindakan bedah plastik ini pada dasarnya bisa terjadi karena 2 alasan ; alasan estetika dan juga alasan medis. Alasan medis yang dimaksud disini adalah seperti kesulitan bernapas karena hidung yang kurang ideal, memperbaiki cacat bawaan pada hidung, atau posisi hidung yang tidak proporsional pasca kecelakaan, seperti retak atau patah. Hal tersebut tentu membutuhkan biaya operasi patah tulang hidung yang cukup besar.

Tentang Operasi Hidung dengan Tulang Iga

operasi hidung dengan tulang igaKebanyakan, operasi hidung diperlukan untuk memperbaiki proporsi hidung dan keharmonisan wajah. Rhinoplasty biasanya dilakukan pada beberapa kondisi seperti :

  • Memperbaiki posisi septum, yakni sekat di antara kedua lubang hidung. Ini alasan umum kebanyakan orang melakukan operasi rhinoplasty.
  • Mengubah ukuran hidung yang tidak sesuai dengan ukuran wajah, seperti ukuran hidung yang terlalu besar atau terlalu kecil.
  • Untuk memperbaiki bentuk di bagian pangkal atau ujung hidung
  • Mengubah ukuran dan bentuk lubang hidung
  • Guna memperbaiki hidung yang tidak simetris
  • Memperbaiki gangguan pernapasan akibat struktural di dalam hidung
  • Memperbaiki kelainan bentuk hidung karena cacat lahir maupun cedera

Hidung memiliki 2 (dua) bagian yang terdiri dari tulang di bagian atas hidung dan tulang rawan di bagian bawahnya. Struktur tulang rawan, tulang, kulit, atau kombinasi ketiganya bisa direkayasa dengan operasi hidung.

Rhinoplasty :

Biasanya, pasien yang akan melakukan operasi hidung atau Rhinoplasty dihadapkan dengan dua pilihan, antara menggunakan implan L hidung atau jenis implan hidung lainnya dan operasi tulang hidung dengan tulang iga. Keduanya memiliki hasil yang sama-sama baik, meskipun operasi hidung tulang rawan atau tulang iga ini memiliki hasil yang jauh lebih natural. Tulang rawan ini diambil dari belakang telinga dan diletakkan di bagian tip atas. Sayatan akan dibuat di dalam cuping hidung bagian atas sebelah kanan dan dilakukan pemasangan implan atau tulang rawan.

Baik rhinoplasty dengan tulang iga maupun implan memakan waktu kurang lebih 90 menit, efek yang timbul setelah melakukan tindakan ini adalah kamu akan mengalami bengkak pada daerah operasi selama kurang lebih 5 hingga 7 hari, kamu disarankan untuk memakai plester pada daerah hidung. Pada hari ke 7 bengkak akan mulai berkurang dan jahitan bisa dilepas pada hari ke 7 hingga 10 pasca operasi hidung dengan tulang iga. Apabila kamu merasa hasilnya masih tidak memuaskan setelah beberapa waktu melakukan operasi hidung, kamu bisa melakukan operasi revisi hidung guna memperbaiki lagi bentuk hidung seperti yang kamu inginkan.

 

Tip Rhinoplasty :

Memiliki hidung yang proporsional adalah hal yang didambakan banyak orang. Tip Rhinoplasty adalah jenis operasi hidung yang digemari oleh banyak orang. Bagaimana tidak? Tindakan ini bertujuan untuk meninggikan ujung hidung dengan tulang rawan atau implan guna meningkatkan estetika dan kepercayaan dirimu. Tindakan ini salah satu tindakan implan hidung terbaik di Jakarta.

Tip Rhinoplasty adalah salah satu operasi yang dilakukan dengan cara menyayat cuping hidung bagian dalam sebelah atas dan kemudian dilakukan pemasangan implant/tulang rawan telinga yang sudah dibentuk sedemikian rupa. Dalam tindakan ini, efek yang akan timbul adalah kemerahan dan bengkak diarea operasi, bisa juga disertai kebiruan dan lebam. Kamu tidak perlu khawatir, tidak butuh waktu yang panjang untuk pemulihan.

Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan tindakan ini adalah 60 hingga 90 menit, efek yang ditimbul berupa kemerahan dan bengkak di area operasi, bisa juga disertai kebiruan atau lebam yang akan hilang pada waktu pemulihan, yakni kurang lebih 5 – 7 hari kemerahan dan bengkak, 7 – 14 hari penyembuhan.

Hal yang harus diperhatikan sebelum menjalani operasi hidung

Operasi Hidung dengan Tulang Iga

Perlu kamu ketahui bahwa akan ada resiko di setiap tindakan. Pasalnya, operasi hidung ini akan mengubah bentuk hidungmu secara permanen. Ada beberapa informasi dan harus kamu cermati sebelum melakukan operasi hidung dengan tulang iga. Diantaranya adalah:

  • Pemeriksaan Fisik

Hal ini sebagai informasi guna mencermati kemungkinan resiko dan perubahan yang terjadi pada hidung. Proses ini dilakukan dengan memeriksa kulit, kekuatan tulang rawan, bentuk hidung, serta tes penunjang seperti cek darah dan rontgen hidung. Setelah itu, dokter akan memotretmu dari berbagai sisi sebagai perkiraan operasi.

 

  • Riwayat Kesehatan

Informasikan lah kepada dokter dengan sejelas-jelasnya, seperti apa saja obat-obatan yang sedang kamu konsumsi, riwayat penyakit yang pernah atau sedang kamu derita, atau apakah ada gangguan pada hidung yang perlu diketahui dokter.

Dengan begitu, kamu juga harus mencermati beberapa hal yang harus kamu kurangi untuk meminimalisir resiko yang tidak diinginkan seperti mewaspadai obat-obatan yang kamu konsumsi seperti hindari pemakaian aspirin dan ibuprofen selama dua minggu sebelum dan sesudah operasi. Juga kamu harus berhenti merokok karena hal tersebut dapat memperlambat proses penyembuhan pascaoperasi dan meningkatkan resiko infeksi.

Untuk menghindari resiko, sebaiknya prosedur operasi hidung hanya dilakukan dengan dokter spesialis ahli bedah plastik di rumah sakit atau klinik kecantikan dengan fasilitas yang memadai. Operasi hidung dengan tulang iga ini juga sebaiknya dilakukan setelah pertumbuhan hidung sempurna, yaitu, di usia 16 tahun keatas.

Operasi ini juga dapat memberikan efek seperti pendarahan, infeksi, atau kesulitan bernapas. Pastikan kamu memilih rumah sakit atau klinik kecantikan terbaik dan berkualitas, pastikan juga dokter yang menanganimu adalah dokter-dokter yang sudah tersertifikasi dan berpengalaman.

Operasi Hidung Bertahan Berapa Lama?

Harus selalu diingat bahwa operasi hidung atau rhinoplasty ini harus dilakukan oleh dokter bedah plastik yang ahli dan dilakukan oleh dokter yang berpengalaman. Mengapa? Karena, hasil dari operasi hidung baik menggunakan implan ataupun tulang rawan hasilnya permanen. Hasil dari operasi ini bertahan seumur hidup, asalkan bahan implan yang digunakan adalah bahan yang aman untuk tubuh. Selain karena hasilnya yang permanen, operasi ini harus dikerjakan oleh dokter yang berpengalaman untuk meminimalisir resiko dan efek pasca operasi lainnya.

Operasi Hidung dengan Tulang Iga di Beautylogica Clinic

Operasi Hidung dengan Tulang IgaBeautylogica Clinic, sebagai klinik kecantikan terbaik memberikan pelayanan yang terlengkap dan berkualitas. Hal tersebut bukan tanpa alasan tetapi karena kami unggul dalam banyak hal.

Kami memiliki banyak sekali ragam treatment terlengkap yang bisa kamu coba. Mulai dari treatment rambut, wajah, tubuh, hingga operasi plastik. Kami juga menyediakan dokter-dokter terbaik yang berpengalaman, berkompeten, dan professional. Tak hanya itu, kami juga memberikan harga yang terjangkau untukmu.

Harga yang terjangkau dan cenderung murah ini tidaklah menjadi alasan kualitas kami menurun. Karena pada dasarnya kami selalu memberikan yang terbaik untukmu. Kami juga selalu memperhatikan kebersihan klinik guna kenyamananmu selama melakukan treatment. Staf dan tenaga kerja kami juga menjunjung tinggi profesionalitas, sehingga, Beautylogica Clinic adalah tempat yang tepat untuk mu melakukan berbagai treatment dan tindakan termasuk operasi hidung dengan tulang iga.

About dr Risa Crisanti

Bidang Bedah Plastik adalah suatu impiannya sejak tamat SMA. dr Risa Crisanti, SpBP-RE yang akrab disapa dengan dr. Risa memulai dengan memasuki sekolah Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (UNPAD) sebagai dokter umum kemudian melanjutkan sekolah spesialis Bedah Plastik di Universitas Indonesia. Beliau pernah mengikuti konfrensi luka bakar di Vienna, Austria dan training bedah plastik selama 3 bulan di Showa University Japan tahun 2015. Dokter yang memiliki hobi traveling dan kuliner ini juga sangat menyukai art yang selalu dikaitkan dengan bidang bedah plastik, menurutnya mendalami bedah plastik adalah sesuatu yang artistik dan unik yang bertujuan sebagai harmonisasi (penyempurnaan) bentuk anggota tubuh secara fisik menjadi lebih indah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *