Operasi Cuping Hidung Jakarta

Operasi Cuping Hidung – Memiliki bentuk dan ukuran hidung yang ideal, tentu menjadi idaman bagi setiap orang. Pasalnya, bentuk dan ukuran hidung, memegang peranan penting terhadap keharmonisan bentuk wajah.

Dengan bentuk dan ukuran hidung yang ideal, wajah seseorang dapat tampak lebih cantik dan proporsional. Oleh sebab itu, jangan heran jika kini telah banyak orang yang melakukan operasi plastik pada bagian hidungnya.

Nah, selain untuk memancungkan, ternyata ada juga lho operasi plastik hidung yang bertujuan untuk mengecilkan cuping. Sebagian dari kalian mungkin masih asing dengan operasi ini. Untuk itu yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Mengenal Apa itu Operasi Cuping Hidung

Dalam bahasa medis, operasi cuping hidung dikenal dengan nama Nose Alar Reduction atau Alarplasty. Jenis bedah plastik yang satu ini, berguna untuk mengecilkan cuping hidung yang terlalu lebar, dan membuatnya agar tampak lebih proporsional.

Tindakan bedah ini hanya dapat ditangani oleh dokter spesialis bedah plastik. Dalam tindakan prosedurnya, ahli bedah akan membuang jaringan berlebih pada area hidung, sehingga membuatnya tampak lebih ideal.

Nose Alar Reduction sangat disarankan bagi mereka yang ingin memperbaiki hidung lebarnya. Selain itu, bagi mereka yang memiliki hidung kurang simetris, operasi ini pun juga dapat dilakukan. Tergantung dari bagaimana ekspektasi pasien dan tindakan yang direkomendasikan oleh ahli bedah.

Baca juga:

Siapa Kandidat untuk Operasi Cuping Hidung?

Operasi Cuping Hidung

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, operasi ini disarankan bagi mereka yang ingin memperbaiki tampilan hidungnya. Terutama bagi mereka yang memiliki hidung lebar, ataupun tampilan hidung yang kurang simetris.

Nose Alar Reduction juga dapat dilakukan, bagi mereka yang ingin ukuran lubang hidungnya terlihat lebih ideal. Dengan operasi ini, dokter juga dapat membuat tampilan hidung menjadi lebih harmonis dengan bentuk wajah.

Dari kacamata medis, ada beberapa kriteria atau kandidat khusus untuk melakukan operasi ini, yaitu:

  • Kondisi tubuh yang sehat.
  • Tidak sedang luka atau infeksi pada area tindakan.
  • Sebaiknya tidak sedang mengonsumsi obat-obatan pengencer darah.
  • Konsultasikan tentang riwayat kesehatan atau tindakan operasi kosmetik sebelumnya jika ada.
  • Tidak merokok atau setidaknya berhenti merokok dalam dua minggu terakhir.
  • Memiliki ekspektasi yang realistis terhadap tindakan operasi.

Bagaimana Prosedur dari Operasi Cuping Hidung?

Prosedur dari operasi cuping hidung dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu:

  • Konsultasi dengan dokter spesialis bedah plastik. Pada tahap ini, dokter akan berdiskusi seputar riwayat kesehatan dan espektasi pasien terhadap operasi. Dokter juga akan membuatkan sketsa sayatan, untuk melihat gambaran dari hasil operasi.
  • Pemberian anestesi untuk meminimalisir rasa sakit dan membuat pasien tetap merasa nyaman. Anestesi yang diberikan biasanya adalah jenis anestesi lokal.
  • Dokter akan melakukan insisi pada area tindakan. Terutama pada bagian cuping hidung yang terlalu besar atau lebar.
  • Dokter akan memperkuat bentuk hidung baru dengan membuat jahitan. Teknik jahitan akan dilakukan dengan benang medis khusus.
  • Luka pasca operasi akan dibalut dengan perban. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir risiko terjadinya infeksi.

Sebelum dan Sesudah Operasi

Karena merupakan sebuah tindakan bedah, tentu pasien Alarplasti membutuhkan persiapan khusus, baik itu sebelum maupun sesudah prosedur dilakukan. Untuk info lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut ini:

Sebelum Operasi

  • Konsultasikan segala hal tentang operasi pada ahli bedah yang bersangkutan.
  • Hentikan kebiasaan merokok minimal dua minggu sebelum operasi.
  • Hindari konsumsi alkohol.
  • Hindari konsumsi obat pengencer darah.
  • Perhatikan jenis anestesi yang diberikan.
  • Pastikan untuk menghadirkan pendamping agar lebih aman saat pulang ke rumah.

Sesudah Operasi

Ketika operasi cuping hidung selesai dilakukan, pasien disarankan untuk menggunakan perban selama beberapa hari. Selain itu, dokter juga akan merekomendasikan obat pereda rasa nyeri untuk meminimalisir rasa sakit.

Masa pemulihan Nose Alar Reduction, biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar 1-2 minggu. Waktu ini tentu lebih cepat, daripada operasi plastik wajah lain pada umumnya. Setelah itu, jahitan biasanya akan dilepas dalam satu minggu setelah operasi dilakukan.

Baca juga:

Risiko dari Operasi Cuping Hidung

Operasi Cuping Hidung - Prosedur, Kandidat, BiayaSama seperti tindakan bedah lainnya, operasi mengecilkan cuping hidung pun juga memiliki risiko. Beberapa risiko yang dimaksud, ada yang langsung timbul setelah operasi dilakukan, ataupun beberapa minggu pasca prosedur selesai. Berikut adalah beberapa kemungkinan risiko dari operasi ini:

  • Kemerahan,
  • Pembengkakan,
  • Pendarahan,
  • Timbul jaringan parut,
  • Infeksi,
  • Keluarnya cairan nanah,
  • Hidung menjadi asimetris.

Berapa Biaya untuk Operasi Cuping Hidung

Nose Alar Reduction adalah sebuah operasi bedah kosmetik. Artinya, operasi yang dilakukan bertujuan untuk memperbaiki atau mempercantik tampilan. Oleh karena itu, biaya yang dibutuhkan biasanya tidak bisa ditanggung oleh asuransi.

Dilansir dari laman healthline.com, harga alarplasty biasanya berkisar antara $2.000 – $3.000. Biaya tersebut tentu lebih murah ketimbang Rhinoplasty tradisional pada umumnya. Lalu untuk Alarplasty di Indonesia, biaya yang dibutuhkan adalah sekitar Rp10.000.000.

Konsultasi dengan Ahli Bedah Terbaik di Sini!

Bagi kamu yang ingin melakukan operasi ini, sebaiknya temukan ahli bedah terbaik dan sudah terbukti berpengalaman. Pasalnya, meskipun tergolong operasi kecil, namun dibutuhkan keahlian dan pengalaman khusus untuk menangani tindakan ini.

Pengalaman dokter akan sangat berpengaruh, terutama terhadap keamanan dan hasil dari prosedur yang dilakukan. Oleh sebab itu, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu sebelum memilih klinik bedah plastik. Pastikan ahli bedah plastik yang kamu pilih, sudah teruji pengalaman dan kompetensinya.

Nah, salah satu rekomendasi terbaik yang dapat kamu kunjungi adalah Beautylogica Clinic. Di sini kamu akan ditangani langsung oleh para ahli bedah plastik terbaik, dan telah teruji pengalamannya. Klinik kecantikan Beautylogica pun sangat mudah untuk ditemukan.

Bagi kamu yang ingin melakukan bedah plastik di Beautylogica, kamu bisa mengunjungi kami di kota Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Bandung, dan Medan. Untuk info lebih lanjut seputar operasi cuping hidung, silahkan hubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.