Mengenal Tren Operasi Bibir Tipis yang Banyak Digandrungi Wanita

Operasi Bibir Tipis

Operasi Bibir Tipis – Penampilan bibir merupakan sebuah hal yang tidak bisa dianggap sepele. Pasalnya, bibir memiliki daya tarik tersendiri untuk menunjang penampilan seseorang. Bahkan, beberapa orang memiliki identitas yang kuat bekat bentuk ataupun ukuran bibirnya.

Saat ini, upaya untuk mempercantik bibir dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari tindakan bedah, maupun melalui tindakan non-bedah. Tindakan untuk mempercantik bibir, biasanya dilakukan dengan membuat bibir lebih tipis, ataupun sebaliknya.

Beberapa tahun ke belakang, bibir tebal menjadi sebuah tren yang banyak digandrungi para wanita. Tren ini bahkan menyebar begitu luas hingga ke berbagai negara, dan beragam kalangan. Salah satu contoh kalangan artis yang terkenal akan bibir tebalnya adalah Kylie Jenner. Artis ini terkenal akan bibir sensualnya, yang didapatkan dengan prosedur injeksi Filler.

Kini tren bentuk bibir mulai mengalami pergeseran. Bentuk bibir yang saat ini digemari para wanita adalah bibir yang lebih tipis, dan kecil. Untuk itu, banyak para wanita yang mulai menanyakan tentang prosedur operasi bibir tipis. Untuk mengetahui lebih jelas tentang prosedur operasi menipiskan bibir, mari simak penjelasannya di bawah ini!

Lip Contouring

Lip Contouring merupakan prosedur rekonstruksi yang berfokus pada area bibir. Bedah kosmetik yang satu ini, dapat dilakukan untuk memperkecil bibir, ataupun merekonstruksi ulang bentuk bibir agar lebih ideal. Untuk tindakan memperkecil bibir, operasi ini juga dikenal dengan nama Lip Reduction Surgery.

Prosedur Lip Contouring hanya dapat dilakukan oleh dokter spesialis bedah plastik. Umumnya, operasi ini dapat ditemukan di klinik kecantikan, ataupun rumah sakit tertentu saja. Dengan melakukan prosedur Lip Contouring, bentuk bibir dapat direkonstruksi sedemikian rupa, agar sesuai dari keinginan si pasien.

Baca juga: Bentuk Bibir yang Bagus dan Kaitannya dengan Kepribadian Seseorang

Prosedur Lip Contouring – Operasi Bibir Tipis

Prosedur Operasi Bibir Tipis

Upaya untuk menipiskan bibir dengan prosedur Lip Contouring, diawali dengan tahap konsultasi. Pada tahap ini, dokter dan calon pasien akan berbincang mengenai banyak hal terkait tindakan operasi. Mulai dari ekspektasi si pasien terhadap tindakan, prosedur, tips, hingga perawatan pasca prosedur.

Setelah proses konsultasi, dokter mungkin juga melakukan pengecekan fisik dan riwayat kesehatan si calon pasien. Hal ini bertujuan untuk menentukan kelayakan, serta menjaga agar nantinya prosedur tetap berjalan dengan aman. Setelah dirasa layak, berikut adalah beberapa tahapan dari prosedur Lip Contouring:

• Anestesi – Proses pemberian bius pada pasien untuk meminimalisir rasa sakit saat prosedur dilakukan. Umumnya, pembiusan akan dilakukan secara lokal pada area tindakan.
  • Insisi – Proses insisi dilakukan pada area bibir atas, ataupun bibir bawah. Tergantung dari permintaan pasien terhadap bagian bibir mana yang ingin dikecilkan, atau ditipiskan.
  • Rekonstruksi – Pada proses operasi bibir tipis, jaringan berlebih pada area bibir akan dibuang. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan bentuk bibir yang lebih kecil, dan lebih ideal.
  • Menutup Area Insisi – Tahap terakhir dalam operasi ini adalah menutup area insisi. Pada proses ini, tindakan prosedur akan dilakukan dengan teknik jahit.

Prosedur Lip Contouring hanya membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam. Selama prosedur, kalian tidak perlu takut merasa sakit. Pasalnya, efek anestesi akan terus bekerja agar pasien tetap merasa nyaman selama prosedur dilakukan.

Pasca Prosedur Lip Contouring

Setelah operasi dilakukan, umumnya pasien akan mengalami beberapa gejala. Hal ini wajar, sebab prosedur yang dilakukan adalah pembedahan. Umumnya, gejala-gejala yang muncul pasca prosedur Lip Contouring adalah rasa nyeri, lebam, dan pembengkakan.

Gejala-gejala ini akan bertahan selama beberapa hari ke depan. Namun, kalian tidak perlu khawatir. Dengan mengikuti setiap anjuran dari dokter, gejala ini akan lebih cepat mereda. Untuk itu, mengikuti setiap anjuran dari dokter merupakan hal yang wajib. Dengan mengikuti anjuran dokter, tentu proses pemulihan akan berjalan dengan lebih cepat.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Pasca Prosedur Lip Contouring

Setelah operasi bibir tipis dilakukan, pasien harus memerhatikan beberapa hal terkait proses pemulihan. Untuk itu, tahap konsultasi harus dilakukan serinci mungkin dengan dokter terkait. Berikut adalah beberapa hal yang harus kalian perhatikan pasca operasi Lip Contouring:

• Hindari merokok dan konsumsi alkohol
  • Rutin membersihkan area tindakan untuk mencegah infeksi
  • Hindari sentuhan, gesekan, atau yang hal lain semacamnya yang dapat merusak area tindakan
  • Berhati-hati saat mengonsumsi makanan
  • Konsumsi obat yang hanya diberikan dokter

Untuk mempercepat proses pemulihan, kalian juga menanyakan tips-tips terkait operasi ini pada dokter terkait. Apabila kalian mengalami gejala yang tidak umum, sebaiknya segera konsultasikan kembali dengan dokter. Hal ini bertujuan agar kalian bisa mendapatkan penanganan secara tepat.