Operasi Bentuk Bibir (Lip Contouring) – Prosedur dan Risiko

Operasi Bentuk Bibir (Lip Contouring) – Prosedur dan Risiko

Operasi Bentuk BibirBagi para penggemar dunia estetika wajah, tentu bibir menjadi salah satu bagian penting yang sangat diperhatikan. Pasalnya, bibir akan mempengaruhi secara keseluruhan tampilan wajah. Dengan bentuk dan ukuran bibir yang ideal, tentu akan membuat wajah bisa tampil dengan lebih menarik.

Berbicara tentang bentuk dan ukuran bibir, pasti selalu berkaitan dengan selera. Entah itu bibir tipis ataupun tebal, keduanya jelas memiliki daya tarik dan penggemarnya tersendiri. Bagi kalian yang ingin mendapatkan bentuk bibir ideal, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan operasi bentuk bibir.

Hal tersebut sangat mungkin untuk dilakukan. Namun, walaupun keberadaan jenis operasi sudah lama, masih banyak para Beauties yang tidak mengetahui tentang ini. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini klinik kecantikan Beautylogica akan berbagi informasi yang berkaitan dengan jenis operasi tersebut. Mau tahu informasinya? Simak penjelasan berikut ini:

Apa itu Operasi Bentuk Bibir (Lip Contouring)?

Dalam istilah medis, operasi pembentukan bibir dikenal dengan nama Lip Contouring. Jenis operasi ini, termasuk pada prosedur bedah plastik. Jadi dalam tindakan prosedurnya, hanya Dokter Spesialis Bedah Plastiklah yang bisa menangani operasi ini.

Dengan melakukan Lip Contouring, kamu bisa mendapatkan bentuk bibir sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Namun, hal ini harus kamu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terkait. Hal ini sangat penting, sebab, dengan konsultasi dokter jadi bisa tahu lebih jelas tentang ekspektasi yang kamu harapkan.

Baca juga: Operasi Menipiskan Bibir jadi Tren Baru Di Kalangan Wanita Indonesia

Prosedur Operasi Bentuk Bibir – Lip Contouring Surgery

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, prosedur dari operasi ini haruslah ditangani oleh Dokter Bedah Plastik. Kamu bisa menemukan jenis operasi ini di rumah sakit, ataupun klinik kecantikan tertentu.

Tindakan prosedur dari Lip Contouring  tentu saja berfokus pada area bibir. Untuk informasi lebih jelas,  simak gambaran umum tentang prosedurnya berikut ini:

  1. Anestesi

Pada tahap pertama, area tindakan akan diberikan anestesi terlebih dahulu. Pemberian anestesi ini sangat penting. Gunanya adalah untuk mengurangi efek nyeri, dan membuat pasien agar tetap merasa nyaman ketika prosedur tindakan berlangsung.

  1. Proses Insisi

Proses selanjutnya adalah insisi. Dalam proses ini, area tindakan akan dibuat sayatan. Sayatan ini berfungsi untuk menentukan tindakan apa yang akan diinginkan oleh pasien. Jika untuk mengecilkan bibir, sayatan ini berfungsi untuk jalur membuang jaringan berlebih pada bibir. Namun apabila untuk menebalkan, sayatan ini nantinya berfungsi untuk jalur memasukkan lemak ke dalam bibir.

  1. Menutup Area Insisi

Proses terakhir adalah menutup area insisi. Tindakan prosedur menutup area insisi, dilakukan dengan teknik penjahitan. Proses yang satu ini, akan sangat menentukan bagaimana hasil operasi akan terlihat. Oleh sebab itu, proses penjahitan membutuhkan tangan-tangan ahli dan profesional agar bisa maksimal.

Pemilihan benang dalam prosedur ini pun tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Apabila kamu ingin melakukan operasi bentuk bibir semacam ini, sebaiknya mengetahui setiap detail dari tindakan yang dilakukan. Biasanya, penggunaan benang dalam prosedur ini menggunakan benang yang dapat terserap oleh tubuh. Jadi, pasien tidak perlu khawatir untuk melepasnya kembali.

Masa Penyembuhan Operasi Bentuk Bibir

Karena merupakan sebuah prosedur bedah, tentu Lip Contouring memerlukan waktu untuk masa pemulihan. Setelah prosedur selesai dilakukan, biasanya pasien membutuhkan waktu sekitar 7 – 10 minggu. Setelah itu, hasil operasi baru akan terlihat membaik dalam kurun waktu sekitar 6 – 12 minggu.

Dalam masa penyembuhan, sangat disarankan pasien untuk menuruti apa anjuran dokter. Sebab, dengan menuruti anjuran dari dokter, masa penyembuhan mungkin akan selesai dengan lebih cepat. Selain itu, kamu jadi bisa lebih cepat merasakan aktivitas seperti semula, dengan bentuk bibir yang kamu idam-idamkan.

Baca juga: Operasi Bibir Tebal di Indonesia Kini Jadi Tren, Simak Faktanya!

Operasi Bentuk Bibir (Lip Contouring) – Hal yang Harus DiperhatikanHal-hal yang Harus Diperhatikan Setelah Operasi Bentuk Bibir

Untuk masa penyembuhan yang lebih cepat, serta memaksimalkan hasil tindakan operasi, ada beberapa hal yang biasanya dianjurkan, seperti:

  1. Memperhatikan Tata Cara Makan dan Minum

Ketika prosedur operasi selesai dilakukan, hasil operasi belumlah bisa terlihat sempurna. Bahkan, bentuknya akan sangat rentan mengalami kerusakan. Untuk itu, pasien disarankan untuk memperhatikan tata cara makan dan minum. Usahakan sebisa mungkin untuk tidak menyentuh, agar hasil operasi tidak rusak.

  1. Cukupi Asupan Gizi

Setelah prosedur operasi dilakukan, sangat penting bagi pasien untuk mencukupi asupan gizi bagi tubuh. Dengan mencukupi asupan gizi, proses penyembuhan pasca operas tentu akan menjadi lebih cepat. Untuk mengetahui lebih jelasnya, kamu bisa meminta rekomendasi dokter dalam hal ini.

  1. Jaga Kebersihan

Menjaga kebersihan pada area tindakan adalah sebuah hal yang wajib untuk dilakukan. Pasalnya, jika area tindakan tidak terjaga kebersihannya dengan baik, kemungkinan infeksi akan sangat mungkin untuk terjadi. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari keluar ruangan terlebih dahulu sebelum area tindakan membaik.

  1. Kurangi Bicara

Pasca operasi dilakukan, pasti pasien akan sulit untuk berbicara. Biasanya, dalam beberapa kedepan barulah pasien bisa berbicara sedikit-sedikit. Namun, bagi pasien yang melakukan operasi bentuk bibir, disarankan lebih baik untuk mengurangi bicara. Pasalnya, ketika pasien banyak berbicara, kemungkinan bibir untuk menjadi rusak akan sangat terbuka.

Risiko Operasi Bentuk Bibir

Setiap tindakan medis, pasti memiliki risiko yang kemungkinan bisa terjadi, termasuk pada Lip Contouring. Berikut adalah beberapa risiko yang dapat ditimbulkan ketika melakukan operasi bentuk bibir:

  • Kegagalan prosedur
  • Bentuk bibir tidak simetris
  • Pendarahan
  • Muncul cairan di bawah kulit bibir
  • Kerusakan kulit bibir
  • Muncul sensasi nyeri, atau bahkan mati rasa

Beberapa risiko yang telah disebutkan di atas sangat mungkin untuk terjadi apabila tidak ditangani oleh orang yang profesional. Oleh sebab itu, untuk meminimalisir terjadinya hal tersebut, sebaiknya kamu harus lebih selektif dalam memilih klinik kecantikan dan dokter yang terkait.

Klinik Kecantikan untuk Operasi Pembentukan Bibir Murah

Kita semua tahu bahwa tindakan bedah plastik identik dengan harga yang relatif tinggi. Hal ini memang sebuah kewajaran, mengingat prosedurnya begitu rumit, serta risiko yang dihadapi begitu tinggi. Oleh sebab itu, kamu perlu memilih klinik kecantikan terbaik untuk mendapatkan hasil yang terbaik pula.

Salah satu klinik kecantikan terbaik yang bisa kamu jadikan rujukan adalah Beautylogica Clinic. Di sini kamu akan ditangani langsung oleh Dokter Spesialis Bedah Plastik yang berpengalaman, serta berkompetensi tinggi. Selain itu, jika dibandingkan dengan klinik lain sekelasnya, tentu Beautylogica Clinic memberikan harga operasi bentuk bibir yang lebih murah.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *