Solusi Menghilangkan Bekas Luka di Wajah yang Sulit Dihilangkan

Perawatan untuk Menghilangkan Bekas Luka di Wajah

Menghilangkan Bekas Luka di Wajah – Bekas luka yang muncul pada wajah, tentu akan sangat mengganggu penampilan. Bahkan pada beberapa kasus, munculnya bekas luka di wajah dapat membuat seseorang merasa minder terhadap penampilannya.

Kemunculan bekas luka pada wajah dapat disebabkan oleh banyak hal. Selain itu, bekas luka di wajah juga memiliki jenis dan ciri yang berbeda-beda. Jadi untuk menghilangkannya, dibutuhkan tindakan khusus yang sesuai dengan kondisi dan jenis luka yang dialami.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas lebih dalam tentang cara menghilangkan bekas luka di wajah. Tidak hanya itu, kami juga akan menjelaskan tentang jenis-jenis bekas luka, serta apa yang menyebabkan bekas luka tersebut dapat terjadi. Tanpa berlama-lama lagi, mari simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Penyebab Munculnya Bekas Luka di Wajah?

Bekas luka yang muncul pada wajah dapat terjadi karena beragam faktor, seperti:

  • Permasalahan kulit seperti jerawat, cacar air, ataupun prosedur pembedahan.
  • Bekas luka akibat faktor genetik. Bekas luka ini dapat memengaruhi ketebalan, warna, serta tekstur kulit.
  • Cedera ataupun kecelakaan. Contohnya seperti benturan, ataupun luka bakar.

Beberapa faktor di atas merupakan contoh yang dapat menyebabkan munculnya bekas luka pada wajah. Namun pada dasarnya, bekas luka dapat muncul karena kerusakan yang terjadi pada lapisan dermis. Saat lapisan dermis rusak, tubuh akan membentuk serat kolagen baru untuk memperbaiki kerusakan.

Karena hal tersebut, tekstur kulit akan mengalami perubahan yang menjadikannya tidak rata dengan area kulit sekitarnya. Selain kerusakan pada tekstur kulit, kondisi tersebut juga dapat meninggalkan noda kehitaman yang sulit untuk dihilangkan. Oleh sebab itu, untuk mengatasinya dibutuhkan cara menghilangkan bekas luka di wajah yang tepat.

Baca juga: 

Jenis-jenis Bekas Luka di Wajah

Perawatan untuk Menghilangkan Bekas Luka

Dilansir dari laman Medical News Today, setidaknya ada lima jenis bekas luka yang paling sering muncul di wajah. Apa saja jenis bekas luka tersebut? Berikut adalah penjelasannya:

1. Bekas Luka Keloid

Keloid adalah salah satu contoh bekas luka yang sangat merusak tekstur kulit. Pasalnya, bekas luka jenis ini dapat tumbuh lebih besar daripada luka itu sendiri. Ciri bekas luka keloid ditandai dengan tekstur kulit yang menonjol, serta berwarna lebih gelap dari area kulit sekitarnya.

Selain dapat merusak tekstur dan penampilan kulit, keloid juga dapat menimbulkan beberapa efek samping. Contohnya seperti munculnya rasa gatal, nyeri, dan mengganggu pergerakan. Kemunculan keloid, biasanya lebih sering terjadi pada orang yang memiliki warna kulit lebih gelap.

2. Bekas Luka Hipertrofik

Bekas luka hipertrofik bisa dikatakan hampir mirip dengan bekas luka keloid. Perbedaannya, bekas luka ini hanya muncul pada area yang mengalami luka ataupun cedera. Bekas luka hipertrofik ditandai dengan ciri kemerahan, dan tekstur kulit yang menonjol.

Hipertrofik merupakan salah satu jenis luka yang sangat sulit untuk dihilangkan. Selain dapat merusak tekstur kulit, bekas luka ini juga dapat menimbulkan gatal dan rasa yang menyakitkan. Dalam proses penyembuhan, seseorang yang memiliki bekas luka ini membutuhkan waktu beberapa bulan atau bahkan bertahun-tahun.

3. Bekas Luka Atrofi

Bekas luka atrofi ditandai dengan tekstur kulit yang menjorok ke dalam. Mudahnya, bekas luka ini dapat dikenali dengan ciri tekstur kulit yang berlubang. Saat seseorang memiliki bekas luka atrofi, maka cara menghilangkan bekas luka di wajah harus dilakukan dengan lebih intens.

Jenis bekas luka  ini disebabkan oleh kerusakan pada kolagen. Umumnya, bekas luka atrofi dapat muncul ketika seseorang mengalami cacar air, atau radang jerawat yang cukup parah. Oleh sebab itu, apabila kalian mengalami cacar air ataupun radang jerawat, sebaiknya hindari sentuhan terhadap luka tersebut.

4. Bekas Luka Kontraktur

Bekas luka kontraktur dapat muncul ketika kulit mengalami luka bakar. Akibat luka bakar, kulit akan menjadi lebih kencang dan menimbulkan kontraksi lebih banyak. Karena hal tersebut, bekas luka ini dapat mengganggu pergerakan tubuh pada area yang mengalami luka.

Selain dapat mengganggu pergerakan tubuh, bekas luka ini juga dapat mempengaruhi kinerja otot dan saraf yang ada di bawah kulit. Umumnya, orang yang dengan bekas luka kontraktur akan mengalami sensasi rasa yang menyakitkan.

5. Bekas Luka Widespread

Bekas luka widespread dapat terjadi akibat proses pembedahan. Setelah operasi dilakukan, luka sayatan yang dibuat dapat berisiko menjadi lebih lebar dan memanjang. Walaupun begitu, biasanya bekas luka ini tidak menimbulkan kerusakan tekstur kulit yang terlalu parah.

Beberapa jenis luka di atas, tidak hanya dapat terjadi pada area wajah. Artinya, setiap bagian tubuh dan permukaan kulit memiliki potensi yang sama untuk mengalami bekas luka tersebut. Oleh sebab itu, sebaiknya lebih berhati-hati dalam memperlakukan kulit kalian, yaa!

Baca juga:

Perawatan untuk Menghilangkan Bekas Luka di Wajah

Treatment Menghilangkan Bekas Luka

Bekas luka tertentu memang sangat sulit untuk dihilangkan. Oleh sebab itu, dibutuhkan tindakan khusus untuk benar-benar memulihkan kondisi kulit. Salah cara yang dapat dilakukan adalah dengan metode perawatan di klinik kecantikan.

Dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan, bekas luka akan ditangani secara lebih aman dan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Berikut ini adalah beberapa daftar perawatan yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka:

1. Growth Factor Rejuve

Growth Factor Rejuve adalah perawatan yang dilakukan dengan alat Microneedling. Dengan alat tersebut, perawatan ini mampu memberikan beberapa manfaat bagi kulit. Contohnya seperti memperbaiki tekstur kulit, meremajakan kulit, serta mengencangkan kulit.

Dalam tindakan prosedurnya, perawatan ini dapat mengatasi beberapa jenis bekas luka pada kulit. Contohnya seperti bekas luka atrofi, bekas luka akibat jerawat, serta bekas luka kehitaman. Selain itu, perawatan ini juga mampu untuk menyamarkan bekas luka yang ditimbulkan akibat stretch mark.

Prosedur growth factor rejuve dilakukan dengan cukup mudah. Pertama-tama, wajah akan dibersihkan secara menyeluruh. Lalu wajah akan dioleskan krim anestesi secara merata. Setelah itu, alat Microneedling akan diaplikasikan pada wajah khususnya pada area yang mengalami luka. Ketika sudah, wajah akan dioleskan serum khusus untuk mempercepat proses pemulihan.

2. Derma Peeling

Derma Peeling merupakan salah satu solusi yang cukup efektif untuk menghilangkan bekas luka di wajah. Perawatan ini dilakukan dengan menggunakan cairan kimia yang telah diformulasi khusus. Walaupun menggunakan cairan kimia, namun perawatan ini sangat aman untuk dilakukan.

Perawatan ini dapat mengatasi bekas luka kehitaman yang ada pada kulit. Dengan proses pengelupasan, bekas luka kehitaman akan tersamarkan dalam jangka waktu tertentu. Untuk hasil yang optimal, biasanya dokter akan menyarankan beberapa kali sesi pengulangan prosedur.

3. Terapi Laser

Terapi laser merupakan salah satu metode yang cukup ampuh untuk menghilangkan bekas luka di wajah. Bahkan, terapi laser mampu mengatasi empat dari lima jenis bekas luka yang telah disebutkan sebelumnya. Bekas luka tersebut adalah keloid, atrofi, hipertrofik, dan kontraktur.

Dalam tindakan prosedurnya, terapi laser menggunakan peralatan medis khusus dengan teknologi canggih. Laser yang digunakan adalah jenis sinar yang bernama Laser Q-Switched Nd Yag. Selain dapat menghilangkan bekas luka, terapi ini bahkan dapat digunakan untuk menyamarkan dan menghilangkan tinta tato.

4. Cortisore Injection

Dalam dunia medis, cortisore injection dikenal juga dengan nama suntikan kortikosteroid. Jenis perawatan ini mampu digunakan untuk menghilangkan bekas luka keloid. Dengan suntikan kortikosteroid, tekstur kulit yang menonjol pada kelodi akan dibuat lebih kempis. Selain dapat digunakan untuk bekas luka keloid, perawatan ini juga dapat digunakan untuk meredakan radang jerawat.

Beberapa perawatan di atas memang sudah terbukti efektif untuk menghilangkan bekas luka. Namun sebelum kalian melakukannya, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter terkait. Hal ini bertujuan agar dokter dapat mendiagnosis bekas luka secara tepat, dan merekomendasikan perawatan sesuai dengan yang dibutuhkan. Untuk berkonsultasi tentang cara menghilangkan bekas luka di wajah, kalian bisa menghubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *