Mengapa Rambut Sering Rontok? Temukan Jawaban & Cara Mengatasinya di Sini!

Mengapa Rambut Sering Rontok?Masalah terhadap rambut rontok, sering kali membuat orang merasa frustasi. Wajar saja, sebab hal ini dapat menimbulkan masalah penipisan rambut, yang tentunya dapat merusak penampilan.

Dalam kondisi parah, kerontokan rambut bahkan dapat menimbulkan kebotakan. Hal ini tentu sangat menakutkan bukan? Jadi bagi kalian yang mengalami masalah terhadap rambut rontok, sebaiknya segera atasi masalah ini dengan cara-cara yang benar.

Nah, pada artikel kali ini, kami akan memberikan informasi secara lengkap, seputar permasalahan rambut rontok. Mulai dari penyebab, pencegahan, serta bagaimana cara yang tepat untuk mengatasinya. Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak pembahasannya berikut ini!

Mengapa Rambut Sering Rontok?

Pada dasarnya, manusia akan kehilangan kurang lebih 100 helai rambut di tiap harinya. Kondisi seperti ini sebenarnya masih dianggap normal. Namun ketika jumlah rambut rontok melebihi 100 helai perhari, maka hal ini patut diwaspadai. Sebab, hal ini bisa jadi pemicu masalah kebotakan.

Dengan jumlah kurang lebih 100 helai perhari, kerontokan ini tidak akan menimbulkan masalah penipisan rambut. Sebab, rambut baru akan tumbuh dengan waktu yang bersamaan. Hal inilah yang membuat kondisi ini bisa dikatakan normal.

Pada dasarnya, rambut rontok memang sebuah kondisi yang wajar. Terjadinya rambut rontok, umumnya disebabkan oleh dua hal. Pertama adalah karena kerusakan pada folikel rambut, dan yang kedua adalah karena siklus pertumbuhan rambut.

Apa Penyebab Rambut Sering Rontok?

Ada beberapa hal yang dapat memicu terjadinya rambut rontok. Misalnya seperti infeksi jamur pada kulit kepala, penyakit autoimun, kemoterapi, hingga trauma terhadap suatu hal. Mungkin sebagian dari kalian masih terganggu akan pertanyaan mengapa rambut sering rontok. Untuk itu, berikut ini akan kami jelaskan, beberapa hal yang menjadi penybebab rambut rontok menurut para ahli:

Baca juga:

Penyebab Rambut Sering Rontok

Kekurangan Nutrisi dan Vitamin

Kekurangan nutrisi dan vitamin adalah salah satu penyebab dari terjadinya rambut rontok. Pasalnya, nutrisi dan vitamin berperan penting dalam membangun sel-sel pada rambut. Ketika asupan nutrisi dan vitamin tak terpenuhi, maka struktur rambut akan melemah, dan pertumbuhan rambut pun akan berkurang.

Perubahan Hormon

Perubahan hormon juga menjadi salah satu faktor penyebab dari kerontokan rambut. Dalam hal ini, hormon yang berkaitan adalah hormon estrogen dan progesteron. Perubahan dari kedua hormon tersebut, biasanya terjadi pada masa-masa tertentu, seperti pada saat hamil, melahirkan, ataupun menopause.

Stres

Stres berat merupakan sebuah kondisi yang sering kali menimbulkan banyak hal negatif bagi diri sendiri. Ternyata, hal ini juga menjadi sebuah alasan mengapa rambut sering rontok. Sebab pada saat seseorang mengalami stres, maka kondisi ini akan memengaruhi siklus pertumbuhan rambut. Hal inilah yang membuat kerontokan rambut lebih cepat terjadi.

Efek Samping Obat-obatan Tertentu

Kerontokan rambut, juga dapat terjadi akibat efek samping dari konsumsi obat-obatan. Contoh obat-obatan yang biasanya dapat menyebabkan rambut rontok adalah obat depresi, masalah jantung, kanker, dan tekanan darah tinggi. Bagi kamu yang sering mengonsumsi suplemen vitamin A, sebaiknya juga lebih berhati-hati. Sebab jika suplemen vitamin A dikonsumsi secara berlebihan, maka efeknya dapat meningkatkan risiko kerontokan rambut.

Penyakit di Kulit Kepala

Penyebab lain dari rambut rontok adalah adanya penyakit di kulit kepala. Contoh beberapa penyakit yang dimaksud adalah Folukilitis, Tinea Capitis, dan Psoriasis kulit kepala. Beberapa penyakit tersebut, dapat memengaruhi kesehatan dan pertumbuhan rambut, sehingga memicu terjadinya kerontokan pada rambut.

Faktor Genetik / Keturunan

Selain menurunkan ciri fisik dan karakteristik, faktor genetik juga berperan besar dalam menurunkan sebuah penyakit. Hal ini pun berlaku bagi masalah kerontokan rambut. Jika kamu memiliki anggota keluarga yang punya masalah rambut rontok, maka kamu pun berisiko tinggi mengalami hal yang serupa. Jika kamu sering bertanya mengapa rambut sering rontok, mungkin faktor genetik adalah salah satu penyebabnya.

Bagaimana Cara Mencegah Kerontokan Rambut?

Bagi kamu yang punya masalah terhadap rambut rontok, kamu tak perlu khawatir. Sebab ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah, maupun mengatasi permasalahan ini. Nah, berikut ini adalah beberapa cara pencegahan rambut rontok yang dapat kamu lakukan:

  • Hindari suplemen atau vitamin yang meningkatkan risiko kerontokan rambut
  • Memberi perlindungan lebih untuk rambut dari paparan sinar matahari/UV.
  • Hentikan kebiasaan merokok.
  • Jangan menguncir atau mengikat rambut terlalu kencang.
  • Hindari alat penata rambut yang menggunakan energi panas, seperti hair dryer dan curling iron.
  • Menghindari pemakaian produk-produk rambut yang dilakukan secara berlebihan.

Sebagai informasi tambahan, kerontokan yang hingga menyebabkan kebotakan, biasanya disebabkan oleh faktor genetik. Jika kerontokan terjadi karena faktor ini, maka kerontokan tidak dapat dicegah. Namun apabila kerontokan yang terjadi bukan karena faktor genetik, maka kondisi ini masih berkemungkinan untuk dicegah.

Baca juga:

Cara Mengatasi Rambut yang Sering Rontok

Untuk mengatasi masalah rambut rontok, sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan. Namun, cara yang paling efektif tentu saja adalah dengan pergi dan memeriksakannya ke dokter. Dengan pergi ke dokter, kamu pun dapat berkonsultasi seputar mengapa rambut sering rontok.

Penanganan dari dokter juga akan jauh lebih efektif. Sebab, dokter dapat mendiagnosis permasalahan dengan tepat, dan menyarankan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan pasien. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh treatment yang dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok:

Hair PRP

Hair PRP adalah sebuah perawatan rambut yang dilakukan dengan menggunakan serum khusus. Dalam tindakan prosedurnya, serum akan dioleskan ke area kulit kepala yang mengalami penipisan rambut, lalu akan diratakan dengan menggunakan alat khusus.

Perawatan ini sangat efektif untuk mengurangi kerontokan rambut. Tak hanya itu, Hair PRP juga memiliki beberapa manfaat lain, seperti mempertebal diameter rambut, dan merangsang pertumbuhan rambut baru. Jadi bagi kamu yang punya masalah terhadap kerontokan rambut, Hair PRP adalah salah satu solusi yang dapat kalian coba.

Hair PDT

Solusi lain untuk mengatasi mengapa rambut sering rontok adalah dengan melakukan perawatan Hair PDT. Perawatan ini dilakukan dengan terapi cahaya merah, yang memiliki panjang gelombang sekitar 640 nm. Terapi ini berguna untuk memperlancar aliran darah pada area kulit kepala, sehingga dapat merangsang pertumbuhan dan menguatkan rambut dengan lebih optimal.

Hair Growth Factor

Hair Growth Factor adalah sebuah perawatan yang bertujuan untuk memperkuat akar rambut, dan merangsang pertumbuhan rambut baru. Perawatan ini dilakukan dengan serum growth factor khusus, yang dapat mengoptimalkan proses atau siklus pertumbuhan rambut.

Bagi kamu yang punya masalah terhadap rambut rontok, kamu bisa pergi berkonsultasi dan melakukan perawatan di Beautylogica Clinic. Di sini kamu akan ditangani oleh praktisi medis yang berpengalaman, serta peralatan medis yang canggih dan mumpuni. Ketiga jenis perawatan di atas pun bisa kamu dapatkan hanya di Beautylogica Clinic. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

 

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.