Melasma Adalah - Penyebab, Gejala, & Cara Mengatasi

Melasma adalah kondisi permasalahan kulit yang ditandai dengan bercak berwarna kecokelatan atau keabuan. Kondisi ini dikenal juga dengan istilah Chloasma. Bercak berwarna tersebut, muncul akibat kulit mengalami kondisi yang disebut hiperpigmentasi.

Bercak melasma sering muncul pada area kulit yang terpapar sinar matahari. Kondisi permasalahan kulit ini umumnya lebih sering dialami oleh wanita. Pada kasus ibu hamil, melasma juga seringkali ditemui. Namun setelah masa kehamilan selesai, melasma yang muncul biasanya akan memudar dengan sendirinya.

Kemunculan melasma juga sering dialami oleh orang yang memilki warna kulit gelap. Selain itu, melasma juga dapat muncul akibat kondisi cuaca dan iklim. Contohnya, orang yang tinggal di daerah tropis, maka kemunculan melasma akan berisiko lebih tinggi. Hal ini terjadi karena daerah beriklim tropis, memiliki lebih banyak pancaran sinar matahari.

Apa Penyebab Melasma?

Hingga saat ini, penyebab dari kemunculan melasma sebenarnya belum begitu jelas. Namun beberapa pakar mengatakan bahwa, kemunculan melasma adalah karena produksi melanosit yang terlalu banyak. Hal ini pun sering juga dikaitkan dengan kondisi hiperpigmentasi kulit.

Sebagai informasi, melanosit adalah sel yang bertugas untuk memberikan warna kulit. Saat produksi melanosit terlalu tinggi, maka kulit akan menjadi lebih gelap. Dalam kondisi tertentu, bercak kecokelatan akan muncul dan itulah yang kita kenal  dengan apa itu melasma.

Ada beberapa faktor yang dapat memicu produksi melanosit menjadi lebih tinggi, seperti:

Baca juga:

Cara mengatasi melasma

Paparan Sinar Matahari

Sinar UV dari paparan sinar matahari, menjadi salah satu faktor yang dapat memicu terjadinya produksi berlebih pada melanosit. Selain dapat menjadi penyebab munculnya melasma, paparan sinar matahari juga dapat memperburuk keadaan melasma, ataupun memicu kemunculan melasma yang sudah sembuh.

Perubahan Hormon pada Tubuh

Melasma adalah bercak kulit yang sangat mengganggu. Untuk itu, permasalahan kulit ini harus diatasi dengan cara yang tepat. Selain sinar matahari, melasma juga dapat disebabkan oleh perubahan hormon pada tubuh. Beberapa hormon yang dapat mempengaruhi kondisi ini adalah hormon estrogen, progesteron, dan hormon perangsang melanosit. Kondisi seperti ini umumnya lebih rentan terjadi pada seorang ibu hamil.

Produk Perawatan Wajah

Selain kedua faktor tersebut, kemunculan melasma juga dapat disebabkan oleh penggunaan produk perawatan wajah. Biasanya, hal ini terjadi saat produk perawatan yang digunakan menimbulkan iritasi pada kulit. Selain dapat menjadi pemicu, kondisi ini juga dapat memperburuk keadaan melasma.

Faktor Genetik atau Keturunan

Genetik juga menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi melasma pada kulit. Jika kamu memiliki orangtua dengan riwayat melasma, maka kamu juga rentan untuk mengalami hal tersebut. Untuk meminimalisir risiko ini, sebaiknya hindari hal-hal yang dapat memicu terjadinya hiperpigmentasi kulit.

Gejala Kemunculan Melasma

Cara mudah untuk mengetahui gejala melasma adalah dengan melihat bercak pada permukaan kulit. Gejala melasma, ditandai dengan kemunculan bercak berwarna kecokelatan, keabuan, atau lebih gelap dari permukaan kulit lain yang ada di sekitarnya.

Kemunculan warna pada bercak melasma, dipengaruhi juga oleh seberapa dalam pigmen yang ada pada kulit tersebut. Oleh sebab itu, melasma terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu Dermal, Epidermal, dan campuran.

Kemunculan melasma umumnya terjadi pada area wajah, seperti dahi, pipi, hidung, dan bibir atas. Namun dalam beberapa kasus, melasma juga dapat muncul pada bagian-bagian tubuh lain. Misalnya seperti leher, bahu, dan lengan.

Pengobatan Melasma

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengobati melasma. Umumnya, solusi  yang sering disarankan untuk mengatasi melasma adalah dengan menggunakan produk atau obat-obatan. Berikut adalah beberapa contoh pengobatan yang dapat digunakan untuk mengatasi melasma:

  • Hydroquinone: Obat dengan kandungan Hydroquinone, bekerja dengan cara mencerahkan kulit. Cara pemakaiannya pun cukup mudah, kalian hanya perlu mengoleskan obat tersebut pada permukaan kulit yang membutuhkan.
  • Tretinoin dan Kortikosteroid: Kedua obat tersebut memiliki cara kerja yang sama dengan Hydroquinone, yaitu mencerahkan kulit. Namun dalam penggunaannya, kedua obat ini umumnya digunaan bersamaan dengan obat topikal lainnya. Misalnya seperti Azelaic Acid, atau Kojic Acid.

Agar pengobatan melasma lebih aman, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Dengan begitu, dokter dapat mendiagnosis dengan tepat, dan memberikan rekomendasi pengobatan yang sesuai dengan kebutuhan.

Mengatasi Melasma dengan Perawatan Kecantikan

Melasma adalah gangguan kulit yang tidak akan hilang jika biarkan begitu saja. Bahkan jika tidak ditangani dengan tepat, bukan tidak mungkin kondisi melasma akan menjadi semakin parah. Nah, selain dengan menggunakan obat-obatan, ada cara lain yang dapat digunakan untuk mengatasi melasma. Cara yang dimaksud adalah dengan melakukan perawatan kecantikan.

Mau tahu perawatan apa saja yang dapat digunakan untuk mengatasi melasma? Berikut adalah daftarnya:

Baca juga:

Penyebab dan Pengobatan Melasma

Perawatan Laser

Perawatan laser dilakukan dengan pancaran sinar yang memiliki panjang gelombang 1064 dan 532 nm. Sinar ini dikenal juga nama Laser Q-Switched Nd Yag. Perawatan ini merupakan salah satu cara paling ampuh untuk mengatasi melasma.

Cara kerja dari perawatan laser pun sangat efektif. Dengan efek panas yang dihantarkan sinar laser, bercak melasma dapat dipecah dan diserap dengan baik oleh tubuh. Dengan begitu, bercak melasma akan tersamarkan dan hilang secara bertahap.

Chemical Peeling

Chemical peeling adalah cairan berbahan kimia khusus yang berfungsi untuk mempercepat proses peremajaan kulit. Perawatan ini bekerja dengan cara pengelupasan kulit bagian terluar. Dengan chemical peeling, permasalahan bercak, bakteri, dan kulit kusam pada wajah dapat teratasi dengan lebih cepat. Prosedur perawatan ini merupakan salah satu metode yang cukup ampuh untuk mengatasi melasma.

Dermabrasi

Perawatan untuk mengatasi melasma berikutnya adalah dermabrasi. Sama seperti chemical peeling, perawatan ini bekerja dengan cara pengelupasan kulit bagian terluar. Namun perbedaanya, ada pada tindakan prosedurnya.

Perawatan dermabrasi dilakukan dengan menggunakan serum khusus dan capsugen. Nantinya, wajah akan dioleskan serum secara merata, dan alat capsugen akan berputar untuk mempercepat proses peremajaan kulit. Dengan cara kerja ini, bercak melasma pada permukaan kulit dapat disamarkan dengan lebih efektif.

Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah prosedur peremajaan kulit yang tindakan prosedurnya dilakukan dengan batu kristal khusus. Saat prosedur dilakukan, butiran-butiran kristal nantinya akan disemprotkan pada wajah. Butiran ini bertugas untuk mengikis lapisan kulit teratas, tepat di mana bercak-bercak melasma berada.

Bagi yang belum tahu, prosedur perawatan tersebut umumnya dilakukan oleh dokter kulit, dokter estetika, ataupun terapis kecantikan yang telah berpengalaman. Jadi untuk mendapatkan perawatan di atas, tempat yang harus kamu kunjungi adalah klinik kecantikan.

Sebagai informasi, pengobatan dan perawatan melasma akan lebih efektif jika dilakukan sesuai dengan kebutuhan kulit. Untuk itu, sebelum kamu memilih dan melakukan tindakan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter yang terkait. Untuk berkonsultasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *