Maskne adalah

Maskne Adalah? – Pengertian, Penyebab, & Cara Mengatasinya

Maskne Adalah?

Maskne adalah jerawat yang muncul akibat terlalu sering memakai masker. Umumnya, jerawat ini muncul pada area di sekitar hidung, dagu, dan pipi. Kondisi seperti ini mulai banyak dialami oleh masyarakat. Pasalnya, selama pandemi Covid-19, kita dituntut untuk lebih disiplin dalam menggunakan masker.

Bagi sebagian orang, istilah maskne atau mask acne mungkin masih terdengar begitu asing. Hal ini wajar, mengingat istilah ini baru populer ketika kebiasaan memakai masker mulai menimbulkan banyak masalah kulit. Untuk itu, dokter kecantikan dari Beautylogica Clinic akan membahas lebih lanjut tentang permasalahan tersebut. Yuk, kita simak penjelasannya!

Apa Penyebab Maskne?

Munculnya maskne disebabkan oleh adanya gesekan yang terlalu lama pada kulit. Gesekan ini terjadi antara bahan masker dan kulit yang tertutup pada area masker. Saat kulit terlalu lama menerima gesekan, maka ini akan memicu terjadinya iritasi. Hal inilah yang membuat jerawat mulai muncul dan kita kenal sekarang dengan istilah maskne.

Maskne adalah sebuah permasalahan kulit yang sangat mengganggu. Sebab selain dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, kondisi ini juga dapat merusak penampilan. Selain terjadi karena adanya gesekan antara kulit dan bahan masker, maskne juga dapat terjadi karena beberapa hal lain.

Penyebab lain dari timbulnya maskne adalah hawa panas yang terjebak di dalam masker. Ketika kita sedang bernapas ataupun berbicara, hawa panas tersebut akan mengendap dan membuat kulit lebih berkeringat dan lembap. Kondisi inilah yang memicu munculnya bakteri dan jamur penyebab dari jerawat masker.

Bagaimana Cara Mencegah Kemunculan Maskne?

Menurut dokter kecantikan dari Beautylogica Clinic, mencegah kemunculan maskne adalah sebuah hal yang wajib untuk dilakukan. Pasalnya, hal ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan serta penampilan kulit wajah.

Untuk mencegah kemunculan maskne, ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan, yaitu:

Baca juga:

Maskne adalah jerawat yang timbul akibat pemakaian maskerPilih dan Gunakan Masker dengan Tepat

Selama pandemi Covid-19, kita dituntut untuk selalu menggunakan masker. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya persebaran virus corona ketika kita sedang berinteraksi. Namun, ternyata masih banyak ditemukan bahwa orang tidak memerhatikan masker yang mereka gunakan.

Pemilihan dan cara menggunakan masker sebenarnya menjadi sebuah hal yang sangat penting. Dalam kaitannya dengan kemunculan maskne, sebaiknya pilih dan gunakan masker yang sesuai dengan kondisi kita. Sebab hal ini akan sangat berpengaruh terhadap efektivitas masker, serta mencegah kulit agar terhindar dari beragam permasalahan.

Jika kalian menggunakan masker bedah, sebaiknya hindari pemakaian yang lebih dari lima jam sehari. Untuk itu agar aktivitas bisa berjalan dengan lancar, sebaiknya bawalah beberapa masker cadangan saat ingin berpergian. Cara ini adalah langkah pencegahan maskne yang cukup efektif bagi kalian yang sering mengalaminya.

Apabila kalian memilih untuk menggunakan masker kain, pilihlah masker yang terbuat dari bahan katun. Sebab, bahan katun akan memberikan sirkulasi lebih baik sehingga kulit lebih mudah untuk bernapas. Pencucian masker kain juga harus dilakukan secara khusus. Agar bakteri dan kotoran bisa hilang secara optimal, cucilah masker kain dengan menggunakan air panas dan detergen tanpa pewangi.

Hindari Pemakaian Makeup yang Terlalu Tebal

Salah satu penyebab kemunculan maskne adalah pemakaian makeup yang terlalu tebal. Saat pemakaian makeup dilakukan secara berlebihan, maka pori-pori akan lebih mudah tersumbat. Oleh sebab itu, ketika kalian rentan mengalami jerawat, sebaiknya hindari kebiaasaan tersebut. Agar kalian tetap tampil menawan dan terhindar dari jerawat masker, sebaiknya gunakan makeup dengan secukupnya.

Gunakan Pelembap untuk Kulit

Selama pemakaian masker, kulit akan lebih rentan terkena berbagai permasalahan. Bagi kalian pemilik jenis kulit kering, penggunaan pelembap kulit sebenarnya sangatlah disarankan. Selain untuk menghidrasi kulit, pelembap juga dapat berguna untuk memproteksi kulit dari gesekan masker.

Namun, penggunaan pelembap tidaklah bisa dipilih secara sembarangan. Dalam kondisi ini, sebaiknya pilihlah pelembap dengan bahan yang ringan dan tidak mengandung banyak minyak. Selain untuk menghidrasi kulit lebih baik, penggunaan pelembap juga dapat berguna untuk menjaga kulit agar tidak kusam.

Gunakan Tabir Surya

Langkah pencegahan maskne yang berikutnya adalah rutin menggunakan tabir surya. Sebab, selain dapat memberi proteksi lebih pada kulit, tabir surya juga dapat mencegah iritasi kulit akibat gesekan masker. Dalam kasus ini, sebaiknya gunakan tabir surya dengan kadar SPF 30, serta tabir surya yang mengandung zat Zinc dan Titanium.

Bersihkan Wajah Saat Selesai Beraktivitas

Cara mudah untuk pencegahan maskne adalah dengan rutin membersihkan wajah. Khususnya saat setelah menggunakan masker, ataupun ketika selesai beraktivitas. Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan berbagai kotoran dan bakteri yang menempel pada permukaan kulit.

Agar pembersihan lebih aman dan optimal, pilihlah sabun yang sesuai dengan jenis kulit kalian. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, sebab penggunaan sabun yang salah dapat memicu terjadinya kerusakan pada kulit. Dengan penggunaan sabun yang tepat, maka lapisan kulit teratas akan lebih terlindungi dan terhindar dari segala iritasi.

Baca juga:

Cara Mengatasi Maskne

Mengatasi maskne pada wajah bukanlah sebuah perkara yang mudah. Sebab jika tidak dilakukan dengan benar, langkah mengatasi maskne dapat membuahkan hal yang sebaliknya. Untuk itu, diperlukan langkah-langkah yang tepat agar maskne bisa teratasi dengan lebih optimal.

Menurut dokter kecantikan dari Beautylogica Clinic, cara mengatasi maskne yang tepat adalah dengan melakukan perawatan estetika. Ada dua jenis perawatan yang direkomendasikan dokter untuk mengatasi masalah ini, yaitu Face Photorejuvenation  dan Derma Peeling. Agar lebih jelas, mari simak penjelasannya berikut ini:

Face Photorejuvenation

Jenis perawatan yang pertama untuk mengatasi masalah maskne adalah Face Photorejuvenation. Perawatan ini dilakukan dengan terapi cahaya berspektrum luas, yang dipancarkan dari alat medis berteknologi canggih. Dengan gelombang cahaya yang dipancarkan, segala bakteri dan kotoran penyebab jerawat akan hilang dengan lebih optimal.

Selain mengatasi masalah jerawat, perawatan ini juga dapat memberikan beberapa manfaat lain bagi kulit. Contohnya seperti mengatasi masalah kulit kusam, kemerahan, serta flek hitam. Dalam tindakan tertentu, perawatan ini juga mampu berguna untuk menyamarkan guratan-guratan pembuluh darah yang muncul pada permukaan kulit.

Derma Peeling

Derma Peeling adalah sebuah perawatan kulit yang dilakukan dengan menggunakan chemical peeling atau cairan kimia berbahan khusus. Cairan ini telah melewati uji klinis, dan terbukti aman untuk kulit. Bagi kalian yang mengalami masalah maskne, perawatan ini sangatlah direkomendasikan. Sebab dengan proses pengangkatan sel kulit mati, bakteri dan kotoran penyebab jerawat akan lebih mudah untuk dihilangkan.

Selain untuk mengatasi masalah maskne, derma peeling juga dapat memberikan cukup banyak manfaat bagi kulit. Contohnya seperti meremajakan kulit, mencerahkan, dan memperbaiki tekstur kulit. Selain dapat diterapkan pada kulit wajah, perawatan ini juga dapat diaplikasikan di hampir seluruh bagian tubuh manusia.

Selain menggunakan perawatan di atas, kalian juga dapat mengatasi masalah maskne dengan penggunaan skincare.  Namun untuk hasil yang lebih optimal, dibutuhkan konsultasi lebih lanjut dalam memilih dan menggunakan produk skincare.

Salah satu rekomendasi terbaik untuk skincare jerawat adalah produk dari Beautylogica. Bagi kalian yang penasaran, kalian bisa langsung klik di sini. Untuk konsultasi lebih lanjut tentang masalah maskne, silahkan hubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *