Laser Tahi Lalat, Cara Aman Hilangkan Tahi Lalat dengan Cepat!

laser tahi lalat murah

Laser Tahi Lalat – Apakah kamu salah satu orang yang memiliki jumlah tahi lalat banyak? Walaupun tidak berbahaya, namun tahi lalat dengan jumlah yang banyak tentu akan sangat mengganggu, khususnya bagi penampilan. Dalam beberapa kasus, bahkan ada orang yang merasa minder dengan jumlah tahi lalatnya.

Kemunculan tahi lalat yang ada di wajah, dinilai merusak nilai estetika wajah. Apalagi, jika tahi lalat tersebut berukuran cukup besar. Hal ini tentu akan membuat kulit wajah seakan menjadi tidak mulus. Oleh sebab itu, banyak orang yang berupaya untuk menghilangkannya.

Pada artikel kali ini, klinik kecantikan Beautylogica akan berbagi informasi terkait tahi lalat dan bagaimana cara menghilangkannya. Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak pembahasan selengkapnya di bawah ini!

Apa Penyebab Munculnya Tahi Lalat?

Kemunculan tahi lalat pada kulit disebabkan oleh adanya melanosit yang berkumpul pada suatu area. Melanosit yang berkumpul tadi, kemudian akan membentuk pigmen dan nantinya akan menutupi permukaan kulit. Sebagian besar tahi lalat sudah muncul sejak  dari lahir. Namun ada juga tahi lalat yang baru tumbuh setelah lahir. Biasanya, tahi lalat akan tumbuh dalam rentang waktu 25 tahun pertama (usia 0-25 tahun). Biasanya, orang yang kurang senang akan kemunculan tahi lalat ketika sudah dewasa, akan melakukan laser tahi lalat untuk menghilangkannya.

permukaan kulit. Selain kedua warna tersebut, ada juga tahi lalat yang memiliki mirip dengan warna kulit. Bentuknya pun beragam, ada yang bulat dan ada juga yang oval. Begitu pula teksturnya, tekstur tahi lalat ada yang menonjol, halus, kasar dan juga datar. Jumlah tahi lalat yang normal, biasanya berkisar 10-40 buah.

Jenis-jenis Tahi Lalat

Sebagian besar orang, biasanya hanya mengenali tahi lalat tanpa mengetahui jenis-jenisnya. Padahal, sebenarnya tahi lalat sendiri muncul dengan beberapa jenis. Berikut penjelasannya:

  1. Tahi lalat biasa

Jenis tahi lalat Ini biasanya muncul di kulit dari sejak lahir. Kemungkinan dari munculnya jenis tahi lalat ini juga masih bisa terjadi hingga umur 25 tahun. Pada umumnya, tahi lalat ini dapat muncul di kulit mana saja pada bagian tubuh manusia. Jika kamu ingin menghilangkannya, segeralah lakukan laser tahi lalat. Berikut adalah ciri-ciri tahi lalat yang umum dimiliki banyak orang:

  • Memiliki bentuk yang bulat atau oval
  • Memiliki tepi yang rata
  • Teksturnya bisa rata, menonjol, halus, hingga kasar
  • Tahi lalat terdiri dari satu warna
  • Biasanya, berukuran 0.5 cm atau lebih kecil
  • Bentuk dan ukurannya permanen

Pada umumnya, seseorang masih dianggap normal ketika memiliki jumlah tahi lalat 10 – 40 buah. Namun jika sudah melebihi dari jumlah tersebut, pemiliknya akan dianggap berpotensi  menderita kanker kulit. Walaupun jarang terjadi, sebaiknya lakukan konsultasi gratis dokter kecantikan untuk mendapatkan perawatan laser tahi lalat.

  1. Tahi lalat atipikal

Tahi lalat jenis atipikal, juga dapat muncul di mana saja pada area kulit manusia. Namun pada umumnya,  tahi lalat atipikal lebih sering muncul di daerah batang tubuh. Tahi lalat dengan jenis ini juga sangat jarang timbul di wajah. Potensi untuk terjadinya kanker kulit, juga dapat terjadi apabila kamu memiliki jenis tahi lalat ini. Namun, kasus terjadinya kanker akibat tahi lalat atipikal masih tergolong jarang. Kira-kira, perbandingan tahi lalat atipikal yang dapat menjadi kanker adalah satu banding seribu. Berikut adalah ciri-ciri dari tahi lalat atipikal:

  • Memiliki tekstur yang kasar.
  • Memiliki ukuran yang lebih besar dibanding tahi lalat biasa
  • Lebih sering muncul pada kulit yang cerah
  • Lebih sering muncul pada kulit yang sering terkena paparan sinar matahari
  • Bentuknya tak beraturan.
  • Memiliki tepi yang tidak rata.
  • Warnanya bercampur-campur, antara coklat merah dan merah muda.

Karena jenis tahi lalat ini hanya merupakan kumpulan melanosit, maka keberadaannya dapat berubah dan menghilang sendiri seiring berjalannya waktu. Namun prosesnya mungkin akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Walaupun penyebab hilangnya tahi lalat jenis ini masih belum jelas, namun para pakar menduga bahwa proses ini berkaitan dengan perubahan hormon. Jadi apabila kamu ingin menghilangkannya, sebaiknya lakukanlah laser tahi lalat.

  1. Tahi lalat kongenital

Tahi lalat kongenital juga sering disebut dengan tanda lahir. Kira-kira terdapat sekitar dua persen bayi yang lahir dengan tahi lalat kongenital ini.Ukuran, bentuk, dan warna tahi lalat bawaan lahir ini sangat bervariasi.

Bila ukurannya besar dan berwarna gelap, orang-orang terkadang menyebutnya sebagai tompel. Apabila dianggap merusak nilai estetika pada tubuh, jenis tahi lalat ini dapat dihilangkan dengan tindakan prosedur medis. Prosedur ini biasanya dilakukan setelah anak berusia antara 10-12 tahun.

Cara menghilangkan tahi lalat bawaan lahir bisa dengan operasi kecil, dermabrasi, pengelupasan kimia, atau dengan metode laser. Jika kamu ingin melakukan laser tahi lalat yang aman, pilihlah klinik kecantikan terbaik agar hasil perawatannya bisa lebih maksimal.

Adakah Gejala Tahi Lalat?

Karena bukan sebuah penyakit, tahi lalat sebenarnya tidak memiliki gejala khusus. Meski demikian, tahi lalat memiliki karakteristik yang khas, yakni dari warna, tekstur, bentuk, dan ukuran.

  • Kebanyakan tahi lalat yang tumbuh berwarna cokelat dan hitam.
  • Bentuk tahi lalat normalnya adalah bulat atau oval.
  • Tahi lalat memiliki beberapa tekstur, seperti halus, rata, kasar, atau menonjol.
  • Diameter normal tahi lalat tidak lebih dari 6 mm.
  • Tersebar di seluruh permukaan kulit tubuh manusia.

Bagaimana Cara Mencegah Kemunculan Tahi Lalat?

laser tahi lalat jakartaKarena tahi lalat merupakan sebuah hal yang tidak berbahaya, sebenarnya kamu tidak perlu melakukan langkah pencegahan. Namun, upaya pencegahan biasanya dilakukan untuk mencegah munculnya tahi lalat yang bersifat ganas atau kanker kulit melanoma. Jika tahi lalat seperti ini sudah terjadi, sebaiknya segera lakukan laser tahi lalat. Berikut adalah beberapa hal yang kamu lakukan untuk mencegah kemunculan tahi lalat, yaitu:

  • Hindari paparan sinar matahari
  • Jauhi sinar matahari di atas jam 11
  • Berikan perlindungan lebih bagi kulit dengan tabir surya

Jika merasa khawatir dengan kemunculan tahi lalat atau melihat adanya perubahan pada kondisi tahi lalat, sebaiknya segera melakukan konsultasi dengan dokter terkait. Hal ini sangat penting guna menghindari masalah-masalah yang mungkin saja akan muncul di kemudian hari.

Jenis Laser Tahi Lalat di Klinik Kecantikan

Seperti yang sudah beberapa kali disinggung sebelumnya, tahi lalat sebenarnya dapat dihilangkan dengan menggunakan metode laser. Pada umumnya, orang melakukan atau menghilangkan tahi lalat karena alasan estetika. Dengan kata lain, demi alasan penampilan.

Di Beautylogica Clinic sendiri, ada dua jenis perawatan laser yang dapat digunakan untuk menghilangkan tahi lalat. Kedua jenis perawatan ini sangat cocok bagi kamu yang merasa terganggu dengan tahi lalat dan ingin menghilangkannya. Berikut adalah penjelasannya:

Electrocauter

Jenis laser tahi lalat ini tergolong pada tindakan bedah minor. Dalam prosedur tindakannya, Electrocauter juga dilakukan dengan memanfaatkan efek energi panas dari gelombang listrik. Selain untuk menghilangkan tahi lalat, perawatan ini juga efektif untuk mengatasi permasalahan kutil, dan lesi kulit.

Jenis perawatan ini sangat aman untuk dilakukan. Terelebih lagi setelah prosedur selesai dilakukan, tidak ada efek samping yang akan muncul. Jadi kamu bisa langsung melanjutkan aktivitas seperti biasa.

Electrocauter sangat efektif dilakukan sebagai cara menghilangkan tahi lalat. Namun untuk hasil yang maksimal, tindakan ini harus dilakukan dengan prosedur yang benar. Selain itu, pasien juga perlu melakukan beberapa sesi perawatan ulang. Hal ini tentu tergantung dari kondisi tahi lalat yang ingin dihilangkan.

Black Mask Laser                                                                     

Perawatan laser tahi lalat selanjutnya adalah Black Mask Laser. Jenis perawatan ini, menggunakan Laser Q-Switched Nd Yag yang nantinya akan memberikan efek panas pada sel-sel tubuh. Selain untuk mengatasi dan menyamarkan tahi lalat, sebenarnya Black Mask Laser juga dapat mengatasi beberapa masalah lain, seperti:

  • Mengatasi jerawat
  • Menyamarkan tato
  • Mengontrol minyak berlebih
  • Menyamarkan bekas jerawat

Dalam prosedur tindakannya, perawatan ini sangat aman dilakukan. Sebab, pemilihan sinar laser yang digunakan akan disesuaikan dengan jenis permasalahan kulit yang sedang dialami pasien. Jadi, perawatan akan lebih terfokus dan efektif dalam mengatasi permasalahan. Jenis laser tahi lalat ini juga banyak digemari karena prosedur tindakannya sangat nyaman.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *