Laser Q- Switched Nd YAG Untuk Mengatasi Masalah Kulit

Laser Nd YAG merupakan salah satu jenis teknologi laser canggih yang saat ini umum digunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit, Nd YAG merupakan singkatan dari neodymium-doped yttrium aluminum garnet. Jenis laser ini dipasarkan dengan berbagai nama, termasuk Cutera, RevLite Q-Switched, dan Fotona. Setiap mesin dirancang khusus untuk mengobati masalah-masalah yang berbeda.
Amplifikasi sinar untuk merangsang emisi radiasi atau laser, seringkali dimanfaatkan dalam teknologi kedokteran yang menggunakan gelombang sinar panjang bertenaga tinggi untuk menembus lapisan kulit yang lebih dalam tanpa merusak permukaan kulit, menghancurkan sel-sel yang membawa penyakit dengan cara dipanaskan.
Terapi Laser NdYAG dapat direkomendasi pada pasien yang membutuhkan: Perawatan untuk kelainan kulit, Pengobatan untuk kelainan mata, Pengangkatan rambut permanen, dan Penghapusan Tattoo.
Pengobatan Nd YAG seringkali digunakan dalam bidang dermatologi untuk menangani permasalahan kulit berbagai kondisi kulit, termasuk: Varises (spider veins, varicose veins, dan thread veins) pada wajah dan kaki, Malformasi tanda lahir atau kapilari vascular, Hemangioma atau tumor vaskular di wajah dan sekitar mulut, Bercak coklat akibat penuaan, Bercak wajah dan Bercak Mongol

Selain menghilangkan bercak-bercak dan kelainan vaskular, laser Nd:YAG juga dapat memperbaiki keseluruhan rupa kulit dengan mengurangi kerutan dan mengobati penyakit radang kulit, seperti hidradentis suppurativa.

Teknologi laser Nd YAG sangat efektif sebagai solusi penghilangan rambut permanen, yang aman digunakan pada wajah, leher, punggung, dada, kaki, ketiak, dan area bikini. Laser bekerja lebih baik pada pasien yang memiliki rambut berwarna coklat tua atau hitam dengan kulit yang terang, dibanding pada pasien dengan rambut berwarna terang atau pirang dengan kulit kecoklatan atau gelap.

Kelebihan dari sistem laser Nd YAG khusus, bernama sistem Q-switched, dapat menghilangkan tato tertentu, contohnya tato dengan tinta berwarna biru, hitam, dan abu-abu. Umumnya, hasil penghapusan berbeda-beda dan tergantung pada kedalaman pigmen tato.

Cara Kerja Laser Nd YAG

Pengobatan laser Nd YAG memerlukan penggunaan pelindung mata atau kacamata buram untuk melindungi mata pasien selama prosedur berlangsung, kecuali pada prosedur untuk mengobati penyakit mata. Kemudian, sebuah alat genggam khusus ditekan pada kulit area target dan diaktifkan untuk memancarkan gelombang cahaya.

Beberapa pasien dapat menahan kondisi ini, namun ada pasien yang memerlukan bius lokal. Tingkat gelombang cahaya yang dilepaskan oleh mesin Nd YAG diatur berdasarkan jenis pengobatan yang dilakukan.

•Untuk pengobatan kelainan kulit vaskular atau perubahan warna, prosedur secara khusus ditargetkan pada hemoglobin, atau pigmen merah di dalam sel, serta melanin.

•Untuk mengobati kondisi vaskular yang menyerang area sensitif, seperti wajah, gelombang cahaya idealnya diberikan dalam durasi 50-milidetik, dengan output daya 150-250 J/cm2. Pasien membutuhkan 1-3 sesi untuk pembuluh darah merah yang kecil, namun bisa melebihi 3 sesi bila area pengobatan lebih luas.

•Saat digunakan untuk penghilangan rambut, gelombang cahaya laser yang merusak folikel akan membuat rambut berjatuhan dan mencegah rambut agar tidak tumbuh kembali. Dengan tujuan ini, gelombang panjang sistem laser Nd:YAG, seperti sistem 1064-nm, dianggap lebih aman dan lebih efektif dibanding sistem nano-second atau Q-Switched.

Biasanya, digunakan gelombang cahaya 2-20 millisecond dengan output daya mencapai 10-40 J/cm2. Karena prosedur ini membutuhkan permukaan kulit yang dingin, hampir seluruh sistem laser penghilang rambut memiliki fitur alat pendingin.
Pasien yang memiliki kulit cerah biasanya hanya membutuhkan 2-6 sesi perawatan dengan jarak 4-6 minggu, sedangkan pasien dengan kulit yang lebih gelap membutuhkan sesi perawatan yang banyak lebih untuk memperoleh hasil yang diinginkan.

•Untuk prosedur penghapusan tatto, gelombang cahaya laser bekerja menghancurkan molekul tinta, kemudian diserap oleh makrofaga sebelum dihapus dari tubuh. Untuk memenuhi tujuan ini, perawatan ini biasanya menggunakan durasi gelombang cahaya 10-nanosecond dengan output daya 300-500 Mj. Pasien memerlukan sesi perawatan sebanyak 5-20 kali dengan jarak sekurang-kurangnya 7 minggu, namun tergantung pada warna dan kedalaman tato

Setelah menjalani terapi laser Nd YAG, area perawatan akan didinginkan dengan kompres es. Untuk mencegah luka goresan, diperlukan perban atau tambalan, khususnya jika pengobatan dilakukan pada area sensitif.

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *