Cara Mengatasi Kulit Kering Bersisik dan Keriput

Kulit kering bersisik dan keriput sering kali membuat tidak percaya diri. Wajar saja, sebab kondisi ini mampu membuat penampilan seseorang menjadi kurang menarik. Apa lagi jika kita sedang berada di keramaian. Dengan kulit yang kering, bersisik, dan keriput, kita pasti akan jauh merasa lebih minder.

Untuk terhindar dari permasalahan kulit tersebut, kamu harus melakukan konsultasi secara mendalam dengan dokter kulit. Pasalnya, dibutuhkan orang yang benar-benar ahli, untuk mendiagnosis dan merekomendasikan perawatan yang tepat.

Pada artikel kali ini, Beautylogica Clinic akan berbagi informasi seputar permasalahan tersebut secara lebih lengkap. Mulai dari penyebab, ciri-ciri, hingga bagaimana cara untuk mengatasinya. Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Penyebab Kulit Kering Bersisik dan Keriput

Kulit kering dan keriput sebenarnya adalah dua masalah kulit yang saling berkaitan. Sebab, ketika kulit kita kering dan tidak ditangani dengan benar, hal ini dapat memicu terjadinya keriput pada kulit. Gejala kulit kering dan bersisik, biasanya ditandai dengan rasa gatal, kemerahan, kasar, dan mudah terkelupas.

Kondisi kulit semacam ini, sangat rentan mengalami luka. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari garukan pada area kulit yang sedang kering. Jika hal ini tidak diperhatikan, maka bukan tidak mungkin kulit akan mengalami luka, dan menimbulkan infeksi pada kulit.

Ada beberapa hal  yan dapat memicu terjadinya kulit kering bersisik, yaitu:

  • Kulit mengalami iritasi.
  • Kebiasaan menggaruk atau menggosok kulit.
  • Terlalu sering mandi dengan air panas.
  • Efek samping dari konsumsi obat.
  • Perubahan cuaca.
  • Kondisi medis tertentu, seperti dermatitis atopik, psoriasis, dan eksim.

Beberapa hal tersebut dapat memicu terjadinya kulit kering bersisik dan keriput. Apabila kamu mengalami beberapa hal tersebut, sebaiknya segera beri perawatan ekstra pada kulit. Dengan begitu, kamu dapat terhindar dari masalah kulit kering, bersisik, dan keriput.

Baca juga:

Bagaimana Cara Mengatasi Kuring Kering Bersisik dan Keriput?

Kulit Kering Bersisik dan Keriput

Masalah kulit kering, bersisik, dan keriput dapat diatasi dengan berbagai macam cara. Jadi sebenarnya, kamu tak perlu merasa terlalu khawatir. Cara untuk mengatasi kulit kering dan keriput, bisa kamu lakukan dengan perawatan secara alami, maupun perawatan di klinik kecantikan.

Namun perlu kamu perhatikan, perawatan kulit harus selalu dilakukan dengan hati-hati. Sebab jika dilakukan dengan sembarangan, bukan tidak mungkin kulit akan mengalami permasalahan lain. Apa lagi jika kamu memiliki jenis kulit yang sensitif. Jadi sebelum perawatan dilakukan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter kulit ataupun dokter estetika.

Cara Alami Mencegah Kulit Kering Bersisik dan Keriput

Sebelum mengetahui cara untuk mengatasinya, penting juga bagi  kamu untuk mengetahui cara pencegahannya. Hal ini menjadi penting, karena dengan mengetahui langkah pencegahan, kamu bisa terhindar dari permasalahan kulit yang satu ini. Selain itu, ketika nanti telah melakukan pengobatan, masalah serupa pun tak akan terulang kembali. Berikut adalah beberapa tips pencegahan kulit kering bersisik, dan keriput:

Hindari Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari menjadi salah satu penyebab dari berbagai permasalahan kulit. Pasalnya, sinar matahari dapat menghantarkan radiasi akibat UVA dan UVB. Saat kulit terlalu sering terpapar panas matahari, maka kulit akan sangat rentan mengalami kekusaman, dan akhirnya menjadi kering.

Hindari Terlalu Sering Mandi dengan Air Panas

Jika kamu terlalu sering menggunakan air panas untuk mandi, sebaiknya hentikan aktivitas tersebut. Sebab, air panas dapat membuat kulit rentan menjadi kering. Jika pun terpaksa menggunakan air panas, sebaiknya lakukanlah dalam waktu 5 – 10 menit saja.

Gunakan Sabun yang Memiliki Kandungan Pelembap

Menggunakan sabun yang memiliki kandungan pelembap, juga menjadi salah satu cara mencegah kulit kering bersisik dan keriput. Jika ingin lebih maksimal, setelah mandi kamu juga bisa menggunakan krim pelemba pada kulit.

Cukupi Asupan Cairan untuk Tubuh

Bukan hanya tubuh, namun kulit juga butuh cairan untuk menjaga kelembapannya. Jadi agar terhindar dari masalah kulit kering, kamu wajib minum setidaknya dua liter air putih setiap hari. Hal ini berguna agar kulit terhindar dari dehidrasi, sekaligus menjaga kelembapannya agar tetap stabil.

Gunakan Tabir Surya

Tabir surya memiliki peranan yang begitu besar bagi kesehatan kulit. Selain untuk mencegah kulit agar tidak kusam, tabir surya juga berguna untuk menjaga kelembapan kulit. Agar terhindar dari masalah kulit kering, sebaiknya rutinlah menggunakan tabir surya. Apa lagi jika kamu ingin melakukan aktivitas luar ruangan.

Baca juga:

Cara Mengatasi Kulit Kering Bersisik dan Keriput

Cara terbaik untuk melakukan perawatan kulit adalah dengan pergi ke klinik kecantikan. Sebab, klinik kecantikan menyediakan beragam jenis perawatan, serta didukung peralatan medis yang canggih. Selain itu, klinik kecantikan juga memiliki dokter-dokter yang telah berpengalaman dalam menangani berbagai jenis permasalahan kulit.

Lalu apa saja jenis perawatan yang direkomendasikan? Simak daftarnya berikut ini!

Skin Booster Injection

Skin Booster Injection adalah perawatan kulit yang bertujuan untuk meremajakan, mencerahkan, serta menutrisi kulit. Perawatan ini sangat cocok bagi kamu yang ingin memiliki kulit sehat, cerah bersinar, dan mengatasi kulit kering. Selain beberapa manfaat tersebut, skin booster juga dapat berperan sebagai anti-aging bagi kulit.  Dengan manfaat tersebut, tentu kulit wajahmu akan tampak kencang dan terlihat awet muda. Dalam tindakan prosedurnya, perawatan ini dilakukan dengan teknik injeksi (suntik).

Oxy Infusion

Oxy Infusion merupakan perawatan wajah yang dilakukan dengan perpaduan serum, serta alat oksigen bertekanan tinggi. Perpaduan keduanya, dapat memberikan begitu banyak manfaat bagi kulit. Selain dapat menghidrasi kulit agar terhindar dari kulit kering, perawatan ini juga bisa berguna untuk mencerahkan, menghaluskan, serta menutrisi kulit.

Facial

Facial adalah perawatan yang memiliki cukup banyak manfaat bagi wajah. Beberapa manfaat dari perawatan ini adalah untuk mengangkat sel kulit mati, mencerahkan, serta menyehatkan. Dengan prosedur facial, kulit kering bersisik dan keriput juga dapat dicegah dengan lebih baik. Dalam tindakan prosedurnya, facial memiliki beberapa tahapan, yaitu pembersihan, pemijatan, ekstraksi komedo dan pemasangan masker pada wajah.

Silk Peel

Perawatan selanjutnya yang dapat digunakan untuk mengatasi kulit kering adalah Silk Peel. Perawatan ini termasuk pada jenis prosedur eksfoliasi. Dengan menggunakan alat kristal micro dan serum khusus, sel kulit mati pada wajah dapat dibersihkan dengan lebih efektif. Selain itu, Silk Peel juga mampu menutrisi kulit agar terhindar dari dehidrasi penyebab kulit keriput.

Beberapa tips dan perawatan di atas, dapat kamu temukan dengan mengunjungi klinik kecantikan. Namun sebelum melakukannya, pastikan untuk selalu berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter yang terkait. Bagi kamu yang ingin berkonsultasi, silahkan hubungi Beautylogica Clinic di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *