Cara Mengatasi Kulit Kendur Setelah Diet

Kulit Kendur Setelah Diet Ekstrim? Segera Atasi dengan Prosedur ini!

Kulit Kendur Setelah Diet – Setiap orang pasti ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal. Sebab, bentuk tubuh ideal memiliki pengaruh yang cukup besar, terutama untuk menunjang penampilan seseorang. Oleh sebab itu, tak sedikit orang yang rela melakukan diet secara ekstrim, agar bisa memperbaiki penampilan dan bentuk tubuhnya.

Diet ekstrim memang sangat efektif untuk menghilangkan massa lemak. Namun, orang yang melakukan diet ekstrim, biasanya tak menyadari  bahwa kulitnya juga membutuhkan perhatian lebih. Sebab biasanya, ketika seseorang kehilangan massa lemak dalam jumlah banyak, maka kulitnya tak bisa mengikuti. Alhasil, kulit kendur pun terjadi pada beberapa bagian tubuh.

Kendurnya kulit pada tubuh tentu akan sangat berpengaruh terhadap penampilan. Bahkan dalam kasus tertentu, orang yang memiliki kulit kendur setelah diet merasa minder dengan kondisi kulitnya. Oleh karena itu, dibutuhkan tindakan khusus agar kulit bisa normal, dan mengikuti bentuk tubuh setelah diet dilakukan.

Penyebab Kuit Kendur Setelah Melakukan Diet

Pada dasarnya, kulit manusia memiliki sifat yang elastis. Oleh karena itu, ketika tubuh mengalami kenaikan berat badan, maka kulit pun akan ikut meregang dan menyesuaikan. Namun jika peregangan terjadi terlalu parah, maka elastisitas kulit akan melemah.

Saat massa lemak berkurang secara drastis, kulit yang tadinya meregang biasanya akan sulit untuk menyesuaikan. Pasalnya, akibat peregangan yang terjadi, jaringan ikat yang ada di kulit pun ikut menjadi lemah. Hal inilah yang menimbulkan kulit menjadi kendur dan bergelambir.

Jadi apabila kamu ingin melakukan diet, sebaiknya cek terlebih dulu tingkat elastisitas dari kulitmu. Hal ini menjadi opsi yang lebih aman, agar nantinya kamu tak merasakan kulit kendur setelah diet. Tingkat elastisitas kulit sendiri dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:

  • Faktor usia
  • Kebiasaan merokok
  • Genetik atau keturunan
  • Paparan sinar matahari
  • Jumlah massa lemak yang hilang pasca diet

Apabila kamu memiliki tingkat elastisitas kulit yang tidak cukup baik, sebaiknya lakukan diet secara bertahap dan perlahan. Hal ini berguna agar kulit bisa menyesuaikan massa lemak yang ada di dalam tubuh, sehingga tidak akan muncul masalah kulit kendur.

Baca juga:

4 Cara Mengencangkan Kulit Kendur Setelah Diet

Kulit Kendur Setelah Diet Ekstrim

Jika setelah diet kulitmu menjadi kendur, kamu sebenarnya tak perlu panik. Sebab selagi tingkat elastisitas kulitmu masih baik, maka kulit akan menyesuaikan dengan bentuk tubuhmu. Apalagi jika kulit kendur yang kamu alami tidaklah terlalu parah.

Agar kulitmu bisa kencang dan menyesuaikan bentuk tubuhmu, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Nah, jika kamu mengalami hal yang serupa, berikut ini telah kami rangkum beberapa cara untuk mengencangkan kulit yang kendur. Simak penjelasan berikut ini:

1. Olahraga untuk Meningkatkan Massa Otot

Agar kulit tak terlalu terlihat kendur pasca melakukan diet, kamu bisa mencoba olahraga yang berguna untuk meningkatkan massa otot. Dengan begitu, kulit kendur akan terisi dengan otot-otot yang terbentuk, dan membut tampilan tubuh menjadi lebih ideal. Contoh olahraga yang bisa dilakukan adalah angkat beban, sit up, squat, dll. Jadi apabila kamu ingin mengencangkan kulit kendur setelah diet, cara ini patut untuk kamu perhitaungkan.

2. Cukupi Asupan Zat Gizi Penting

Perlu kalian ketahui, lapisan kulit terdalam yang dimiliki oleh manusia, terdiri dari protein, elastin, dan kolagen. Nah, agar kulitmu memiliki elastisitas yang baik, sebaiknya penuhi asupan gizi agar zat-zat tersebut bisa bekerja dengan optimal. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mencukupi asupan Vitamin C, asam lemak omega-3, dan air  putih.

3. Senam atau Yoga

Gerakan-gerakan yang ada di senam atau yoga, bisa menjadi salah satu opsi untuk mengencangkan kulit kendur setelah diet. Pasalnya, beberapa gerakan yang ada di senam dan yoga, mampu meningkatkan elastisitas kulit, agar bisa menyesuaikan dengan bentuk dan ukuran tubuh.

4. Memanfaatkan Bahan-bahan Alami

Upaya untuk mengencangkan kulit kendur, bisa juga dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Contoh bahan alami yang dapat digunakan adalah minyak kelapa dan minyak almond.  Selain mengencangkan, kedua bahan alami tersebut bahkan bisa berguna untuk menyamarkan stretchmark yang ada pada kulit. Cara penggunaannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskannya saja ke permukaan kulit yang mengalami kekenduran.

Baca juga:

Menghilangkan Kulit Kendur yang Muncul Setelah Diet

Apabila kulit kendur yang dialami sudah terlalu parah, maka cara-cara biasa tidak akan efektif untuk mengembalikan elastisitas kulit. Oleh karena itu, dibutuhkan prosedur medis agar kulit kendur setelah diet bisa dikembalikan secara normal.

Dalam hal ini, ada beberapa prosedur medis yang disarankan, yaitu:

Brachioplasty

Apabila kamu memiliki kulit kendur dan bergelambir di bagian lengan atas, maka Brachioplasty adalah prosedur yang paling tepat. Brachioplasty sendiri adalah prosedur bedah plastik yang berguna untuk mengencangkan kulit di lengan atas.

Prosedur ini dilakukan dengan cara membuang jaringan berlebih yang ada di lengan atas, seperti lemak dan kulit. Setelah jaringan berlebih tersebut dibuang, maka dokter akan mengencangkan kembali area tersebut dengan teknik penjahitan.

Tummy Tuck

Tummy Tuck adalah prosedur bedah plastik yang berguna untuk mengencangkan perut. Kita semua tahu bahwa perut adalah bagian tubuh yang paling rentan mengalami kulit kendur setelah diet.  Maka dari itu, prosedur medis yang paling tepat adalah dengan menggunakan tummy tuck.

Cara kerja dari prosedur Tummy Tuck sebenarnya mirip dengan Brachioplasty. Hanya saja area yang dilakukan tindakan berbeda. Dalam tindakan prosedurnya, Tummy Tuck juga dilakukan dengan membuang jaringan berlebih, seperti lemak dan kulit yang ada di bagian perut.

Thigh Lift

Jika kamu mengalami masalah kulit kendur di bagian paha, Thigh Lift merupakan prosedur yang paling tepat untuk dilakukan. Dengan prosedur ini, jaringan kulit yang bergelambir dapat direkonstruksi sedemikian rupa, agar bisa tampak lebih ideal.

Bagi kamu yang punya masalah terhadap kulit kendur setelah diet, segeralah konsultasi ke dokter terkait. Salah satu tempat terbaik yang dapat kamu kunjungi adalah Beautylogica Clinic. Untuk konsultasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.