Kenapa Payudara Kendur? Jangan-jangan Kamu Sedang Mengalami ini

Kenapa Payudara Kendur Jangan-jangan Anda Mengalami ini

Kenapa Payudara Kendur?Bagi seorang wanita muda, payudara yang kendur adalah sebuah momok yang sangat menakutkan. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar, mengingat payudara adalah organ yang penting bagi wanita.

Selain fungsi utamanya yang untuk menyusui, payudara juga sangat berperan penting bagi penampilan wanita. Oleh sebab itu, kesehatan payudara sangatlah penting untuk dijaga.

Dengan payudara yang sehat dan kencang, tentu seorang wanita dapat tampil dengan lebih percaya diri. Begitu pun sebaliknya, ketika payudara yang dimiliki oleh wanita kendur, maka bisa jadi orang tersebut akan merasa minder.

Pertanyaan-pertanyaan seputart payudara yang kendur sangat sering dilontarkan oleh para wanita. Sebagai salah satu klinik kecantikan terbaik di Jakarta, kami pun sering menghadapi keluhan seperti ini.

Untuk menjawab hal tersebut, kami akan berikan penjelasan medis secara lengkap, hingga bagaimana cara mengatasinya. Simak selengkapnya di bagian bawah ini!

Kenapa Payudara Kendur? Ternyata ini Penyebabnya

Kendurnya payudara bukanlah suatu hal yang dapat muncul secara tiba-tiba. Oleh sebab itu, jangan heran apabila kamu mengalami payudara kendur. Pasti selalu ada beberapa hal yang kamu lakukan, dan membuat payudara yang kamu miliki menjadi kendur.

Kenapa Payudara Kendur Jangan-janganKendurnya payudara sebenarnya dapat terjadi karena beberapa hal, seperti:

  1. Merokok

Merokok adalah sebuah kebiasaan buruk yang sebisa mungkin harus dihidari. Dalam kaitannya dengan masalah payudara yang satu ini, rokok dapat membuat kadar antioksidan di dalam tubuh menjadi berkurang. Hal ini membuat radikal bebas dapat menumpuk, serta sulit untuk dinetralkan oleh tubuh.

Hal tersebut tentunya akan membuat sel-sel di dalam tubuh menjadi rusak. Salah satu yang paling mendapat dampak buruk dari kondisi ini adalah kesehatan kulit. Bagi orang yang aktif merokok, tentu elastisitas kulitnya akan berkurang. Hal inilah yang membuat payudara tidak dapat tertopang dengan baik.

Apabila kamu adalah salah satu orang yang aktif merokok, maka jangan heran ketika kamu mengalami payudara kendur lebih cepat. Selain itu, merokok juga dapat menjadi salah satu penyebab penuaan dini pada wajah, contohnya seperti garis halus, maupun kerutan.

Baca juga: Cara Menaikkan Payudara dengan Tindakan Medis

  1. Intensitas Olahraga yang Tidak Proporsional

Olahraga adalah aktivitas yang sangat penting dilakukan demi menjaga kesehatan tubuh. Selain dapat membuat tubuh menjadi lebih segar dan bugar, olahraga juga dapat mempengaruhi kesehatan serta penampilan payudara, lho!

Pasalnya, porsi olahraga yang tidak proporional, dapat menjadi salah satu penyebab kenapa payudara kendur. Contohnya, ketika kamu jarang melakukan olahraga, tentu otot yang ada pada area payudara pasti akan melemah. Hal ini disebabkan oleh massa otot yang tak pernah dilatih. Kondisi semacam inilah yang membuat payudara menjadi mudah kendur.

Sebaliknya, intensitas olahraga yang terlalu sering atau terlalu berat juga menjadi salah satu penyeabab payudara menjadi kendur. Hal ini dapat terjadi akibat goncangan-goncangan pada area payudara saat aktivitas olahraga berlangsung.

Ketika payudara sering mengalami goncangan, kolagen yang terdapat di dalam tubuh akan menjadi rentan mengalami kerusakan. Hal inilah yang membuat payudara menjadi sangat rentan mengalami kekenduran. Oleh sebab itu, ketika kamu ingin berolahraga pastikan untuk memakai sport bra, yaa!

  1. Minuman Beralkohol

Bagi kamu yang gemar minum minuman beralkohol, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut sesegera mungkin. Pasalnya, minuman beralkohol juga menjadi salah satu penyebab kenapa payudara kendur. Secara medis, minuman beralkohol memang tidak disarankan untuk dikonsumsi.

Hal ini tentu berkaitan tentang kesehatan organ dalam tubuh. Oleh sebab itu, setidaknya ada batasan usia bagi orang yang ingin mengonsumsi minuman beralkohol. Dalam kaitannya dengan payudara yang mulai mengendur, minuman beralkohol dinilai dapat mempercepat penuaan dini pada tubuh.

Dampak buruk yang paling umum terjadi akibat minuman beralkohol adalah kerusakan kolagen di dalam kulit.  Selain dapat membuat kulit menjadi kusam dan cepat mengalami penuaan, ternyata hal ini juga dapat membuat payudara menjadi mudah kendur.  Oleh sebab itu, sebaiknya hindari kebiasaan buruk yang satu ini agar tubuh dan payudaramu tetap sehat.

  1. Diet

Bagi seorang wanita, bentuk tubuh adalah suatu hal yang sangat penting untuk dijaga. Oleh sebab itu, banyak dari mereka yang melakukan diet demi menjaga bentuk tubuhnya agar tetap ideal. Hal ini pun sangat lumrah ditemui, khususnya bagi mereka yang masih berusia muda.

Namun kamu harus tahu, diet tidaklah bisa dilakukan dengan sembarangan. Pasalnya, diet yang dilakukan dengan cara yang salah, dapat mengancam kesehatan tubuhmu, termasuk payudara. Selain itu, apabila kamu melakukan diet, kekencangan payudara yang kamu miliki pun dapat terancam.

Menurut Dr. Michael Edwards, presiden American Society for Aesthetic Plastic Surgery, setiap penurunan berat badan yang terjadi akibat diet, dapat membuat jaringan payudara menjadi kendur. Ketika jaringan payudara mulai mengendur, otomatis payudara yang kamu miliki pun akan rentang menjadi kendur. Maka jangan heran ketika kamu melakukan diet, kenapa payudara kendur pasti akan terjadi.

Baca juga: Perbandingan Harga Operasi Payudara di Indonesia vs Korea Selatan

Payudara Kendur Pertanda Apa?

Kenapa Payudara Kendur Jangan-jangan Anda MengalamiKendurnya payudara memang sebuah kondisi yang sangat meresahkan. Apabila tejadi pada wanita yang masih berusia muda, tentu hal ini akan berdampak kemana-mana. Namun tahukah kamu payudara yang kendur itu pertanda apa? Simak penjelasannya berikut ini:

  1. Body Mass Index (BMI)

Body Mass Index adalah sebuah tolak ukur yang menentukan tubuhmu memiliki berat yang ideal atau tidak. Di Indonesia, istilah ini dikenal dengan nama Index Massa Tubuh (IMT). Jadi, ketika IMT menunjukkan angka yang lebih besar, menandakan bahwa kamu kelebihan berat badan.

Hal ini juga menjadi salah satu penyebab dari payudara menjadi kendur. Pasalnya, ketika berat badan yang kamu miliki naik, payudara pun akan ikut membesar. Namun, ketika nanti berat badanmu kembali turun, maka payudara yang kamu miliki pun akan kendur.

Hal ini dapat terjadi akibat kondisi yang dialami oleh kulit. Pasalnya, ketika berat badan naik, kulit akan meregang. Namun ketika berat badan turun kembali, kulit akan sulit untuk mengembalikan dirinya seperti semula. Oleh sebab itu, sangat penting bagi kalian untuk menjaga berat badan agar tetap stabil. Hal ini untuk mencegah kenapa payudara kendur terjadi.

  1. Menopause

Menopause adalah sebuah kondisi dimana siklus menstruasi telah berhenti secara alami. Hal ini, biasanya terjadi pada wanita yang telah berusia 45 – 55 tahun. Seorang wanita telah dikatakan mengalami menopause ketika dirinya telah berhenti mengalami menstruasi minimal selama 12 bulan.

Ketika seorang mengalami masa ini, artinya wanita tersebut sudah tidak bisa hamil lagi. Kondisi semacam ini terjadi setelah mengalami beberapa gejala. Contohnya seperti kerontokan rambut, kulit kering, berat badan bertambah, serta payudara yang mulai mengendur.

Jadi apabila kamu mengalami payudara mengendur, bisa jadi ini adalah pertanda kamu memasuki masa menopause. Untuk mengetahui lebih jelas, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter di rumah sakit, ataupun di klinik kecantikan.

Nah, setelah mengetahui beberapa informasi seputar kenapa payudara kendur, sebaiknya lakukan upaya apapun untuk mencegah hal tersebut agar tidak terjadi. Kamu bisa mengkonsultasikan hal tersebut dengan menghubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *